Ilustrasi sepak bola (Sumber gambar: Freepik)

Melihat Peluang 6 Wakil Asia di Piala Dunia, Mampukah Lolos 16 Besar?

23 November 2022   |   12:18 WIB
Image
Chelsea Venda Hypeabis.id

Kemenangan Arab Saudi saat melawan Argentina dengan skor 2-1 membawa harapan baru di Piala Dunia 2022. Arab membuktikan bahwa wakil-wakil negara dari Asia bukan hanya sekadar penggembira saja dalam event 4 tahunan ini. Mereka menunjukkan wakil Asia bisa bersaing secara kompetitif.

Gelaran Piala Dunia tahun ini terbilang cukup unik.Sebab, Asia mengirimkan 6 perwakilannya dalam pesta sepak bola terbesar di planet ini. Sebelumnya, benua Asia hanya menyumbang maksimal 5 negara untuk tampil di Piala Dunia.

Enam wakil Asia yang kini berlaga di Piala Dunia lolos dengan tahapan kualifikasi yang berbeda-beda. Qatar sebagai tuan rumah tahun ini berhasil masuk ke Piala Dunia tanpa melalui proses kualifikasi. Sebanyak empat negara lain, yakni Jepang, Iran, Korea Selatan, dan Arab Saudi lolos setelah melalui proses kualifikasi zona Asia yang panjang.

Baca juga: Kejutan! Arab Saudi Sukses Taklukan Argentina di Laga Grup C Piala Dunia 2022

Adapun Australia juga ikut menyusul 5 wakil Asia lain setelah berhasil menang melawan Peru dalam playoff interkonfederasi. Sejak beberapa tahun lalu, Australia memang sudah masuk Asian Football Confederation (AFC).

Dengan jumlah yang bertambah ini, mampukah para wakil Asia berbicara banyak di Piala Dunia 2022? Atau justru wakil Asia hanya akan jadi lumbung gol bagi para lawan-lawannya?

 
 


Peluang Wakil Asia di Piala Dunia 2022

Pengamat sepak bola Ronny Pangemanan mengatakan peluang wakil Asia lolos ke babak 16 cukup berat. Bung Ropan mengatakan dari 4 wakil Asia yang sudah melakoni pertandingan pertamanya, 3 diantaranya menderita kekalahan.

Qatar yang melakoni pertandingan pada hari pertama harus mengakui keunggulan Ekuador dengan skor 2-0. Selanjutnya, Iran juga tak bisa berbicara banyak saat harus kalah dari Inggris dengan skor 6-2. Setelah itu, Australia juga harus mengakui kehebatan Prancis dengan skor telak 4-1.

Praktis, hanya Arab Saudi saja yang berhasil memeroleh kemenangan. Pasukan Si Elang Hijau itu bisa mengalahkan Argentinya yang sebelumnya digadang-gadang jadi tim unggulan juara.

Bung Ropan mengatakan dirinya masih berharap ada kejutan lain yang ditampilkan wakil Asia. Menurutnya, Jepang dan Korea Selatan yang sudah cukup berpengalaman di Piala Dunia bisa membawa hasil yang lebih baik bagi wakil Asia.

Pengamat sepak bola itu melihat Jepang punya kans besar lolos. Meski di Group E ada Jerman, pasukan Der Panzer dinilai sedang dalam keadaan yang tidak stabil. Namun, Jerman adalah salah satu tim yang memiliki mental baja. Jadi, tetap tidak mudah bagi Jepang meraih poin pada laga pertama mereka.

Meskipun demikian, langkah Jepang melaju ke babak 16 besar tidak akan berjalan begitu mudah. Di grup tersebut, masih ada Spanyol yang juga tim kuat dari Eropa.

“Berbicara tim Asia cukup sulit di Piala Dunia ini. Mereka rata-rata berada di grup-grup berat. Perlu ada keajaiban untuk lolos,” ujar Bung Ropan.

Tak jauh berbeda, Korea Selatan yang berada di Grup H juga harus menghadapi tim-tim tangguh. Grup H adalah grup neraka. Sebab, berisi tim-tim tangguh, seperti Portugal, Uruguai, dan Ghana.

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Siap Harumkan Indonesia, Intip Persiapan RRQ Kazu & SES Alfaink Jelang FFWS 2022 Bangkok

BERIKUTNYA

Yuk Lihat Strategi Arab Saudi yang Sukses Kalahkan Argentina

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: