Timnas Arab Saudi di Piala Dunia 2022. (Sumber gambar: FIFA)

Yuk Lihat Strategi Arab Saudi yang Sukses Kalahkan Argentina

23 November 2022   |   12:51 WIB
Image
Chelsea Venda Hypeabis.id

Tim Nasional Arab Saudi berhasil comeback dan menang pada pertandingan pertama Grup C Piala Dunia 2022. Wakil Asia tersebut berhasil menekuk salah satu unggulan juara, Argentina, dengan skor 2-1. Kemenangan tersebut membuat Arab Saudi kini memimpin klasemen sementara Grup C.

Lionel Messi dkk sebenarnya tampil apik sejak awal pertandingan. Mereka terus mendominasi permainan dan tak memberi kesempatan Arab Saudi mengembangkan permainannya.

Argentina mendominasi pertandingan dengan penguasaan bola sampai 63 persen, sedangkan Arab Saudi hanya 37 persen. Tim Tango bahkan berhasil unggul lebih dahulu lantaran wasit menunjuk titik putih saat Leandro Paredes dijatuhkan pemain Arab Saudi.

Baca juga: Melihat Peluang 6 Wakil Asia di Piala Dunia, Mampukah Lolos 16 Besar?

Messi yang menjadi penendang melakukan tugasnya dengan baik dan membuat Argentina unggul 1-0 atas Arab Saudi. Messi sempat akan menggandakan keunggulan sebelum wasit menganulir gol keduanya karena berada di posisi offside.

Namun, kedigdayaan Argentina berhenti pada babak kedua. Tiga menit sejak kick off babak kedua, gawang Argentina berhasil dibobol oleh Saleh Al-Shehri. Gol ini membuat kepercayaan diri para pemain Arab Saudi naik. Tak berselang lama, giliran Salem Al-Dawsari yang membobol gawang Argentina.
 

Apa Kunci Sukses Kemenangan Arab Saudi?

Pengamat sepak bola Ronny Pangemanan mengatakan kemenangan Arab Saudi cukup mengejutkan. Sebab, banyak yang memprediksi Arab Saudi akan menjadi lumbung gol bagi Argentina.

Sebelum pesta olahraga ini dibuka, Argentina sempat menang besar saat melawan Uni Emirat Arab pada laga uji coba mereka. Kualitas permainan Uni Emirat Arab tentu tak jauh berbeda dengan Arab Saudi. Namun, siapa sangka, rekor 36 kali pertandingan tak terkalahkan Argentina sejak 2019 justru harus diberhentikan oleh Arab Saudi.


 

Pria yang akrab disapa Bung Ropan ini mengatakan para pemain Arab Saudi sangat disiplin dalam menjaga pertahanan mereka. Mereka lebih banyak bermain di area bertahan dan hanya 3 kali melakukan penembakan. Namun, 2 di antaranya berbuah jadi gol. Jadi, permainan mereka sangat efektif.

Hal itu berbanding terbalik dengan Argentina. Tim Tango itu memiliki 15 kali kesempatan menembak ke gawang Arab Saudi. Namun, hanya 6 yang on target.

Bung Ropan mengatakan ada strategi menarik yang dimainkan Arab Saudi. Lantaran lebih banyak bertahan, mereka juga menerapkan perangkap offside. Hal itu kerap membuat Messi dkk frustasi dibuatnya.

Pengamat sepak bola ini juga mengamati peran krusial yang dimainkan gelandang bertahan mereka, Abdulelah Almalki. Dia bermain sangat baik dan tipe permainannya mirip dengan N’Golo Kante asal Prancis.

Bung Ropan mengatakan Abdulelah tampaknya sengaja dimainkan untuk menjaga dan mengawasi keberadaan Messi. Kemana pun Messi pergi, pasti Abdulelah akan mengikutinya.

“Dia sigap menjaga dan sangat rapat dengan Messi. Tackling yang dilakukannya pun sangat bersih. Ini kunci bagi Arab Saudi,” ujar Bung Ropan.

Pria berkacama ini mengatakan kemenangan Arab Saudi melawan Argentina memiliki peran penting. Sebab, mereka hanya butuh hasil imbang untuk lolos dari fase grup. Kesempatan ini bisa mengulang hasil baik pada Piala Dunia 1994 saat Arab Saudi berhasil masuk ke babak 16 besar.

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Melihat Peluang 6 Wakil Asia di Piala Dunia, Mampukah Lolos 16 Besar?

BERIKUTNYA

Dancing Colors Gondol Piala Citra Film Pendek Terbaik di FFI 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: