Film The Two Popes (Sumber gambar: Netflix)

Daftar Film Tentang Paus & Vatikan, Habemus Papam sampai The Two Popes

04 September 2024   |   13:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Paus Fransiskus tengah melakukan kunjungan ke Indonesia, dan kedatangannya disambut antusias oleh masyarakat di dalam negeri. Di tengah kemeriahan kedatangan pemimpin gereja Katolik itu, Genhype bisa menonton sejumlah film tentang Paus dan Vatikan. 

Ada banyak sineas yang telah membuat tentang Paus atau Vatikan. Karya-karya itu dibuat dengan berbagai macam perspektif dan genre, termasuk drama, misteri, sampai dokumenter. Tidak hanya itu, beberapa di antaranya tercatat telah masuk dalam nominasi Oscar.  

Baca juga: Simak Profil dan Perjalanan Spiritual Paus Fransiskus dari Buenos Aires ke Tahta Suci Vatikan

Salah satunya adalah The Two Popes yang rilis pada 2019. Film yang mendapatkan arahan dari sutradara Fernando Meirelles itu adalah karya fiksi. Film ini berhasil masuk dalam nominasi Oscar, ajang penghargaan film bergengsi dunia. 

Lewat film itu, Jonathan Pryce masuk dalam nominasi Oscar pada 2020 untuk kategori Best Performance by an Actor in a Leading Role. Sementara Anthony Hopkins menjadi nominasi kategori Best Performance by an Actor in a Supporting Role. Adapun, Anthony McCarten masuk nominasi Oscar 2020 dalam kategori Best Adapted Screenplay

Bagi Genhype yang tertarik menyaksikan film-film tentang Paus dan Vatikan, berikut daftar tontonannya. 
 

1. The Two Popes (2019) 


Dengan masuk nominasi Oscar 2020 untuk tiga kategori, The Two Popes menjadi salah satu film tentang Paus yang dapat menjadi pilihan untuk ditonton. Karya dari sutradara Fernando Meirelles ini diperankan oleh aktor Anthony Hopkins dan Jonathan Pryce.

Film tersebut memperlihatkan pertemuan Paus Benediktus XVI dengan pandangan konservatifnya dan Paus Fransiskus yang disebut lebih 'liberal'. 
 

2. Habemus Papam / We Have A Pope (2011) 

Film lain yang dapat menjadi pilihan bagi Genhype untuk menonton karya tentang Paus Vatikan adalah Habemus Papam atau We Have A Pope. Karya yang mendapatkan arahan dari sutradara Nanni Moretti itu bergenre komedi, satir, dan drama.

We Have A Pope bercerita tentang hubungan antara Paus yang baru saja terpilih dengan terapisnya. Selain sebagai sutradara, Moretti juga menjadi bintang dalam film ini bersama dengan Michel Piccoli dan Jerzy Stuhr. 
 

3. Pope Francis: A Man of His Word (2018) 


Pope Francis: A Man of His Word merupakan film dokumenter dari sutradara Wim Wenders berdurasi 1 jam 36 menit. Selain menampilkan sosok Paus Fransiskus, karya ini juga melibatkan tokoh lainnya seperti Joe Biden, mantan presiden Bolivia Evo Morales, dan sebagainya. 
 

4. Angels & Demons (2009) 

Angels & Demons yang rilis pada 2009 merupakan film lain yang tidak boleh dilewatkan oleh Genhype. Dengan arahan dari sutradara Ron Howard, karya ini menyajikan cerita yang cukup menegangkan.

Dalam ceritanya, ahli simbol dari Universitas Harvard bernama Robert Langdon berusaha memecahkan kasus pembunuhan dan mencegah tindakan yang mengancam vatikan. Dalam beraksi, Langdon bekerja sama dengan fisikawan nuklir. Alur cerita ini melibatkan latar Vatikan yang cukup kental. 

Baca juga: Pos Indonesia Rilis Prangko Edisi Khusus Memperingati Kunjungan Paus Fransiskus

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Rundown Konser eaJ di Bengkel Space, Penukaran Tiket sampai Pertunjukan

BERIKUTNYA

Sinopsis Film Beranak Dalam Kubur, Arwah Balas Dendam yang Meninggal saat Hamil

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: