Prangko dan kartu pos edisi khusus Paus Fransiskus (Sumber foto:Pos Indonesia)

Pos Indonesia Rilis Prangko Edisi Khusus Memperingati Kunjungan Paus Fransiskus

03 September 2024   |   21:53 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Kementerian Komunikasi dan Informatika dan PT Pos Indonesia merilis prangko edisi khusus Paus Fransiskus dalam rangka kunjungan pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia itu ke Indonesia. Prangko ini memiliki desain khusus dengan beberapa potret Paus Fransiskus yang bisa Genhype dapatkan mulai September 2024.

Diketahui, Paus Fransiskus akan melangsungkan perjalanan apostoliknya di Jakarta pada 3-6 September 2024 sebelum bertolak ke Papua Nugini, Timor Leste dan Singapura. Selama di Jakarta, Paus Fransiskus akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka dan menjumpai para tokoh antar agama di Masjid Istiqlal. Adapun, kunjungannya di Jakarta ditutup dengan Misa Bersama umat Katolik di Gelora Bung Karno.

Baca juga: Paus Fransiskus Kenakan Jam Tangan Casio MQ24-7B2 Seharga Rp124.000

Mengutip situs resmi Kominfo, Direktur Pos Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Gunawan Hutagalung mengatakan bahwa enerbitan prangko ini menunjukkan perjalanan bersejarah Paus Fransiskus ke Indonesia.

"Sejarah ini kami abadikan dalam prangko," ujarnya.
 

Prangko edisi khusus Paus Fransiskus tersedia dalam jumlah terbatas dan diterbitkan dengan dua jenis:
  • Prangko Pecahan Rp 3.500: Setiap lembar berisi 18 prangko dengan harga Rp 63.000 per lembar. Prangko ini menampilkan momen penting dari kunjungan Paus sebagai kenang-kenangan.
  • Prangko Pecahan Rp 40.000: Seri ini akan didistribusikan luas kepada publik dan merayakan kunjungan Paus Fransiskus dengan desain yang mencerminkan semangat dan nilai-nilai keagamaan dari kunjungan tersebut.
Adapun, prangko ini tidak hanya digunakan untuk berkirim surat, tetapi juga sebagai simbol budaya dan sejarah Indonesia. Peluncuran prangko ini menunjukkan kepada dunia pesan tentang keragaman dan persatuan bangsa Indonesia.

Menurut Direktur Gunawan Hutagalung, Kementerian Kominfo telah memperbarui e-katalog Prangko Indonesia Tahun 2024 untuk menyertakan kunjungan Paus Fransiskus sebagai salah satu tema prangko tahun ini. Selain memuat potret sang Paus, prangko ini juga menyimpan makna dari tema Faith, Fraternity and Compassion yang memiliki arti Iman, Persaudaraan, dan Kasih Sayang, selaras dengan nilai-nilai kemanusiaan yang diamalkan Paus Fransiskus.

Sementara itu, Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo meyakini tema ini tidak hanya berlaku untuk Gereja Katolik Indonesia tetapi juga untuk seluruh masyarakat. Tema yang disajikan dalam prangko ini sesuai pada konteks dari kehidupan bangsa Indonesia, yang terdiri dari berbagai kelompok umat beragama yang saling menghormati.

Setelah prangko ini terbit, PT. Pos Indonesia akan mendistribusikannya ke seluruh dunia, sehingga prangko ini akan ditemukan di berbagai belahan dunia sebagai penanda bahwa Indonesia pernah menerima kunjungan Bapa Paus.

Genhype bisa mendapatkan prangko edisi khusus ini melalui website filateli.co.id atau pesan langsung di lokasi berikut ini:
  • Kantor Fiilateli Jakarta
  • KCU Bandung, KCU Yogyakarta
  • KCU Semarang, KCU Solo
  • KCU Surabaya, KCU Malang
  • KC Cimahi, KCU Pontianak

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Huawei Siap Rilis Smartphone Tri-Fold Pertama di Dunia, Segera Meluncur

BERIKUTNYA

Rundown Konser eaJ di Bengkel Space, Penukaran Tiket sampai Pertunjukan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: