STAYC. (Sumber gambar: STAYC/X)

STAYC Umumkan Comeback Oktober 2024

02 September 2024   |   17:52 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Girl group K-Pop STAYC akan comeback dan meramaikan industri musik dengan merilis karya baru. Grup besutan High Up Entertainment itu akan kembali meluncurkan karya musik baru pada Oktober 2024 mendatang. Hal itu diumumkan STAYC lewat sebuah klip yang dirilis pada hari ini, Senin (2/9/2024).

Klip itu menampilkan Sumin, Sieun, Isa, Seeun, Yoon, dan J yang tampak berada di sebuah ruangan yang dipenuhi dengan pernak-pernik lucu. Di sebuah meja makan, mereka duduk berkumpul sambil memegang peralatan film, seperti handycam, dan clapperboard

Baca juga: FIFTY FIFTY Comeback dengan Mini Album 2 dan Perilisan Misterius

Video yang diberi judul Stay Tuned itu berlanjut dengan menampilkan semua personel STAYC yang tampak meninggalkan ruangan itu. Lalu, dari sudut kanan muncul Isa yang duduk dan langsung mengambil clapperboard yang menuliskan tentang rencana comeback STAYC pada Oktober 2024. 
 


Comeback STAYC kali ini akan menjadi yang kedua di tahun 2024, dan terjadi sekitar tiga bulan setelah album studio pertama mereka, Metamorphic, yang dirilis pada 1 Juli 2024. Album tersebut berisikan 14 lagu termasuk single utama Cheeky Icy Thang.

Ditulis dan dikomposisi oleh duo produser Black Eyed Pilseung (BEP), Cheeky Icy Thang digambarkan sebagai lagu beraliran synth-pop dengan irama shuffle funky yang menampilkan pesona STAYC yang dingin seperti es, namun tetap 'panas' dan nakal.

Selain Cheeky Icy Thang, album Metamorphic juga memuat beberapa single dengan tema dan aransemen musik menarik lainnya seperti Twenty, 1 Thing, Give It 2 Me, Find, Let Me Know, Beauty Bomb, Gummy Bear dan Stay with Me.

Metamorphic pun menerima beragam ulasan kritis dari para kritikus musik. Gladys Yeo dari NME memuji album tersebut karena menunjukkan jangkauan musikal STAYC dan menuliskan bahwa, grup itu tampak menunjukkan kemampuan diri mereka secara maksimal, menjelajahi segudang soundscapes dan materi pelajaran baru.

Sementara Han Sung-hyun dalam ulasannya yang ditulis untuk IZM, menggambarkannya sebagai kumpulan upaya pasif dari STAYC yang tidak memiliki simbolisme album penuh pertama.

Selain merilis album Metamorphic, STAYC juga mengadakan acara tatap muka yang bertujuan untuk memperkenalkan album dan menghubungkan dengan basis penggemar mereka. Selain itu, untuk merayakan perilisan album tersebut, mereka membuka acara toko pop-up di Seoul, Korea Selatan, yang berlangsung dari tanggal 28 Juni hingga 21 Juli 2024.

 

STAYC. (Sumber gambar: STAYC/X)

STAYC. (Sumber gambar: STAYC/X)

Sementara itu, STAYC adalah girlgroup K-Pop besutan agensi High Up Entertainment yang digawangi enam personel yakni Sumin, Sieun, Isa, Seeun, Yoon, dan J. Mereka debut pada 12 November 2020, dengan merilis album singel perdana mereka Star to a Young Culture.

Baca juga: SEVENTEEN Umumkan Agenda Comeback pada Paruh Kedua 2024, Rilis Album hingga Tur Dunia

Nama grup tersebut, STAYC, merupakan akronim dari Star to a Young Culture, dan dimaksudkan untuk mencerminkan tujuan grup tersebut untuk mendominasi budaya pop. STAYC terkenal dengan sejumlah hit seperti So Bad, ASAP, Stereotype, dan Run2U.

Meski terbilang sebagai grup pendatang, STAYC langsung memikat penggemar dengan musik mereka. Video musik So Bad, single utama dari album Star to a Young Culture, telah ditonton lebih dari 2,6 juta penayangan selama 24 jam perilisannya di YouTube.

Begitupun dengan album mereka yang terjual lebih dari 4.300 kopi pada hari pertama peluncurannya, dan menjadikan mereka sebagai grup dengan penjualan debut terbanyak pada 2020. Tren positif pun berlanjut. Star to a Young Culture terjual lebih dari 10.000 kopi pada minggu pertama perilisannya, dan menjadi pencapaian album debut pertama yang dicetak oleh girl group pada 2020.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Cek Rekayasa Lalu Lintas saat Paus Fransiskus Datang ke Jakarta

BERIKUTNYA

7 Anime Dub Bahasa Indonesia Tayang di Crunchyroll September 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: