SEVENTEEN. (Sumber gambar: SEVENTEEN/X)

SEVENTEEN Umumkan Agenda Comeback pada Paruh Kedua 2024, Rilis Album hingga Tur Dunia

05 August 2024   |   20:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

SEVENTEEN akan comeback dengan merilis karya baru pada musim gugur ini. Boy group K-Pop itu telah mengumumkan agenda aktivitas grup mereka selama paruh kedua tahun 2024. Agendanya terdiri dari perilisan album mini ke-12, album single Jepang, serta rangkaian tur konser dunia. 

Melalui penyataan resmi yang diunggah di Weverse, Pledis Entertainment mengumumkan rencana agenda yang bakal dilakoni oleh SEVENTEEN sepanjang paruh kedua 2024. Setelah sukses merampungkan aktivitas grup dan tur dengan album terbaik mereka musim semi lalu, kini SEVENTEEN bersiap dengan serangkaian agenda baru.

Baca juga: SEVENTEEN Umumkan Tur Dunia Bertajuk Right Here Mulai Oktober 2024

Agensi mengumumkan bahwa SEVENTEEN akan merilis album mini ke-12 mereka pada Okober 2024. Meski demikian, belum ada informasi lanjut mengenai detail album tersebut. Nantinya, lagu-lagu dalam album tersebut akan dibawakan oleh SEVENTEEN dalam rangkaian tur dunia mereka yang bertajuk Right Here.

"SEVENTEEN akan bertemu dengan CARAT [nama penggemar SEVENTEEN] dan membawakan lagu-lagu baru dari album mini ke-12 mereka dalam rangkaian tur baru bertajuk SEVENTEEN RIGHT HERE World Tour, yang akan digelar di Korea, Amerika Serikat, dan Asia," demikian tulis Pledis Entertainment dikutip dari situs Weverse.

Seperti diketahui, pada 24 Juli 2024, SEVENTEEN mengumumkan rencana tur dunia terbaru mereka bertajuk Right Here. Rangkaian turnya dijadwalkan digelar mulai Oktober 2024, yang akan dibuka di Korea Selatan. Dari kampung halaman, mereka akan bertandang ke Amerika Serikat, Jepang, dan negara-negara lain di Asia.
 


Selain itu, masih dalam pernyataan yang sama, Pledis Entertainment juga mengumumkan SEVENTEN akan menggelar tur dan merilis album solo di Jepang. Pihak agensi menerangkan rangkaian agenda ini dibuat untuk mendekatkan para member SEVENTEEN dengan CARAT di berbagai negara melalui musik dan konser mereka.

"Mohon kirimkan cinta dan dukungan kalian kepada SEVENTEEN, yang akan kembali dengan rilisan baru dan tur dunia setelah dua tahun. Kami akan memberikan informasi lebih lanjut tentang album dan rangkaian konser melalui pemberitahuan terpisah dalam waktu dekat," tulis agensi.

Rencana perilisan album mini ke-12 ini akan menjadi momen comeback SEVENTEEN meluncurkan karya setelah 10 bulan terakhir merilis album mini Seventeenth Heaven pada 23 Oktober 2023. Album yang diproduksi oleh Woozi dan Bumzu itu berisi delapan lagu yang sebagian besar menampilkan lagu-lagu berirama ceria, sebagai wujud perayaan karier grup tersebut.

Album Seventeenth Heaven pun menuai sukses di pasaran. Secara komersial, album ini menjadi rilisan yang paling banyak dipesan dalam sejarah Korea Selatan, dengan total 5,2 juta pemesanan selama masa pre-order. Capaian ini menggeser rekor sebelumnya yang diraih Stray Kids dengan album 5-Star, yang meraup 5,13 juta pemesanan selama pre-order. 

Sementara menurut Laporan Musik Global tahun 2023 dari Federasi Internasional Industri Fonografi (IFPI), Seventeenth Heaven adalah album keempat yang paling banyak dikonsumsi di semua format, sekaligus menjadi album terlaris kedelapan di seluruh dunia setelah terjual sebanyak 4,5 juta unit secara global.

Selain itu, rencana perilisan album solo Jepang oleh SEVENTEEN pada paruh kedua tahun ini juga menandai comeback mereka merilis album berbahasa Jepang selama dua tahun terakhir. Album Jepang terakhir yang mereka rilis yakni Dream, yang diluncurkan pada 9 November 2022.

Sementara itu, Right Here World Tour mendatang akan menjadi tur dunia SEVENTEEN setelah Be The Sun. Tur yang berlangsung pada 25 Juni-28 Desember 2022 itu digelar di 29 titik di seluruh Asia dan Amerika, termasuk Korea Selatan, Kanada, Amerika Serikat, Thailand, Indonesia, Filipina, dan Jepang. 

Tur tersebut berhasil mendatangkan sebanyak 500.000 lebih penonton secara global, dan mencatatkan pendapatan sebesar US$57 juta atau sekitar Rp922 miliar.

Adapun, tur konser terakhir yang dilakoni SEVENTEEN ialah Follow yang menjadi tur Asia ketiga grup tersebut. Tur Follow terdiri dari 28 pertunjukan yang digelar di sejumlah negara di Asia, yakni Korea Selatan, Jepang, Thailand, Filipina, dan China, yang berlangsung pada 21 Juli 2023 hingga 26 Mei 2024.

Dari tur ini, SEVENTEEN diperkirakan meraup pendapatan sebesar US$111 juta atau sekitar Rp1,7 triliun, dengan total penonton sebanyak 987.000 lebih penonton. Ini menjadikan Follow sebagai konser paling sukses dari SEVENTEEN sejak debut pada 2015.

Untuk mengajak penggemar menyaksikan kembali kemegahan tur konser Follow dari SEVENTEEN, dibuatlah film konsernya yang akan tayang di bioskop. Di Indonesia, film konser SEVENTEEN Tour 'Follow' Again To Cinemas akan tayang terbatas di bioskop mulai 21 Agustus 2024.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cek Formasi dan Jadwal Seleksi CPNS 2024, Dibuka Agustus

BERIKUTNYA

Film Deadpool & Wolverine Raup Rp1,5 Triliun pada Pekan Kedua Penayangannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: