Bromo (sumber gambar: Unsplash/ Mario La Pergola)

Destinasi Wisata Seru di Sekitar Bromo

01 September 2024   |   14:48 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Kawasan wisata Bromo sudah dikenal keindahannya tidak hanya di dalam negeri saja, tetapi sampai ke luar negeri. Di kawasan wisata ini, pengunjung akan mendapatkan lanskap pemandangan gunung yang berpadu dengan budaya dan kearifan lokal yang masih terjaga.

Wisata di Bromo ini masuk ke dalam area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Ada banyak wisata yang menarik di dalam kawasan ini. Tak hanya itu, di sekeliling Bromo juga terdapat banyak wisata yang tak kalah memesona.

Baca juga: 4 Spot Sunrise Paling Instagrammable di Gunung Bromo

Berikut adalah rekomendasi wisata seru di kawasan Bromo dan Jawa Timur.


1. Desa Wisata Ranupani


Desa wisata Ranupani terletak di kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Desa wisata ini sempat masuk dalam 50 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Di desa ini, ada banyak wisata yang menawarkan pengalaman menarik.

Sebagai titik terakhir pendakian menuju Gunung Semeru, Ranupani menawarkan banyak potensi wisata seru. Wisatawan dapat bersantai dan menikmati pemandangan danau Ranupani yang masih asri. Jika memiliki waktu, wisatawan juga bisa mendirikan tenda dan camping di dekat danaunya. Selain itu, wisatawan juga bisa mengitari desa dengan berkuda, mempelajari adat suku Tengger, hingga menjajal aneka kuliner lezat, seperti oseng-oseng tumewu, sambal tropong, selai terong tengger, dan masih banyak lagi.
 


2. Seruni Point Bromo


Kalau ingin menikmati pemandangan kawasan Bromo yang menakjubkan, Genhype mesti berkunjung ke Seruni Point Bromo. Jalan menuju tempat ini memang tidak mudah, ada banyak anak tangga yang perlu dilewati. Namun, pemandangan alam yang akan dilihat akan membayar semua kelelahan saat perjalanan.

Seruni Point Bromo berada di ketinggian 2.400 mdpl. Panorama indah di kawasan ini membuat Genhype dapat melihat lanskap Bromo yang lebih luas. Waktu terbaik mengunjungi Seruni Point adalah saat sunrise. Wisatawan dapat melihat matahari terbit di balik keindahan pegunungan Bromo.


3. Air Terjun Madakaripura


Air Terjun Madakaripura juga menjadi salah satu destinasi yang tak boleh dilewatkan begitu saja di Bromo. Air terjun ini termasuk yang tertinggi di Jawa dan peringkat kedua tertinggi di Indonesia. Diketahui, tinggi air tejun ini mencapai 200 meter.

Air terjun yang berada di Sapih, Lumbang, probolinggo ini sangat indah dilihat dari berbagai sudut. Aliran air terjun yang sangat deras terkadang membuat pengunjung bisa merasakan cipratan, seakan sedang gerimis. Air terjun yang berada di cerukan tebing ini juga membuatnya tampak lebih estetik untuk dijadikan latar foto.


4. Kawah Gunung Bromo


Destinasi wisata legendaris di kawasan ini tentu saja adalah kawah gunung Bromo. Tak hanya cantik ketika dilihat dari jauh, kawah gunung Bromo juga menawarkan keindahan lain yang tak kalah memesona. Untuk mencapai bagian bibir kawah, Genhype perlu berjalan kaki sekitar 2 km dari area parkit.

Namun, kalau malas berjalan kaki, Genhype bisa menyewa kuda. Setelahnya, Genhype hanya tinggal menaiki anak tangga untuk mencapai puncak kawah. Kawah gunung Bromo ini tergolong masih aktif.
 
 

5. Museum Angkut


Museum Angkut terletak di Batu, Jawa Timur. Museum yang terletak di kawasan seluas 3,6 hektare ini memiliki lebih dari 300 koleksi jenis angkutan, dari tradisional hingga modern. Di sini, Genhype dapat menikmati berbagai koleksi kendaraan yang unik, dari sepeda motor, mobil, hingga helikopter. Pengunjung pun bisa menjajal simulator permainan dari berbagai koleksi tersebut.
 

6. Bukit Teletubbies Bromo


Bukit Telebubbies Bromo jadi salah satu tempat yang favorit di kawasan ini. Bukit Teletubbies dipenuhi dengan rerumputan hijau yang cantik, mirip lokasi yang ada di kartun aslinya. Padang savana ini sangat luas, sekitar 382 hektare. Oleh karena itu, wisatawan dapat memilih spot foto yang lebih bebas sesuai kesukaan. Namun, pastikan selalu jaga kebersihan di lokasi wisata ya Genhype.

Baca juga: Berlari Sambil Menikmati Bentang Alam Indah di Bromo Marathon 2024

Editor: Puput Ady Sukarno

 

SEBELUMNYA

Tak Lagi Sasar Kelas Menengah, Begini Strategi Founder Ayam Goreng Nelongso Hadapi Persaingan Bisnis

BERIKUTNYA

Merayakan 75 Tahun Hubungan Diplomatik Filipina-Indonesia dengan Membatik Bersama

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: