Tarif Layanan bus DAMRI ke Bromo sebesar Rp30.000 (sumber gambar: DAMRI)

Kuy Beragkat, ke Bromo Sekarang Bisa Naik DAMRI

30 May 2022   |   15:07 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Wisata outdoor bisa menjadi pilihan bagi kalian yang hendak traveling. Nah, salah satu destinasi wisata outdoor, yang patut kalian kunjungi adalah Gunung Bromo, Jawa Timur. Menariknya,sekarang kalian tak perlu khawatir karena telah tersedia angkutan umum menuju ke sana. Dalam hal ini menggunakan DAMRI. 

Siti Inda Suri, Plt. Corporate Secretary DAMRI, menuturkan rute DAMRI ke Gunung Bromo adalah sebagai bagian dari layanan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang dihadirkan oleh perusahaan dan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub.

“Seperti diketahui, Gunung Bromo menjadi salah satu destinasi wisata yang masuk ke dalam KSPN Prioritas di Indonesia,” katanya.

Baca juga: Mau Trip ke Gunung Bromo? Siapkan Persyaratan Ini Ya!
 

Bagaimana dengan rute dan tarif Damri Gunung Bromo? 

Dia menuturkan pelancong yang ingin ke Gunung Bromo bisa menggunakan layanan bus DAMRI dengan rute Stasiun Malang – Tosari – Wonokitri (Gunung Bromo). Untuk menggunakan layanan ini, pelancong dikenakan tarif sebesar Rp30.000.

Kemudian, lanjutnya, keberangkatan awal dari Stasiun Malang adalah pada pukul 07.30 WIB dan keberangkatan akhir dari Wonokitri pada pukul 13.30 WIB.

Adapun untuk rute sebalinya, yakni dari Wonokitri, Tosari, sampai Stasiun Malang dengan tarif sebesar Rp30.000. Keberangkatan awal pada rute ini dari Wonokitri adalah pukul 07.00 WIB dan keberangkatan akhir melalui pool DAMRI Malang pada pukul 16.20 WIB.
 

Tak perlu khawatir ada destinasi lain juga

Selain rute tujuan Gunung Bromo, ujarnya, para pelancong juga bisa menuju destinasi lainnya di kota Malang. Rute ini merupakan bentuk pengembangan program Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) di beberapa wilayah di Malang lainnya.

Rute-rute tersebut, yakni rute Terminal Kota Batu – Terminal Pasreapan – Wonokitri – Tosari dengan tarif sebesar Rp40.000 dengan keberangkatan awal dari Terminal Batu pada pukul 08.00 WIB dan keberangkatan akhir dari Wonokitri pada pukul 14.30 WIB.

Pada rute sebaliknya dari Tosari, Wonokitri, Terminal Pasrepan, sampai Terminal Kota Batu, layanan DAMRI melewati Wonokitri, Terminal Pasrepan, dengan tarif sebesar Rp40.000. keberangkatan awal pada rute ini dari Tosari pukul 08.00 WIB dan keberangkatan akhir melalui Terminal Batu pada pukul 16.00 WIB.

Rute lainnya adalah Pool DAMRI – Pantai Balekembang (Via Turen). Rute ini beroperasi melewati terminal Arjosari, Terminal Hamid Rusdi, dan Pantai Sendang Biru. Tarif yang dikenakan oleh DAMRI ke pelancong di rute ini sebesar Rp25.000.

“Dengan keberangkatan awal dari Pool DAMRI pukul 07.00 WIB dan keberangkatan akhir melalui Sendang Biru pukul 16.00 WIB,” katanya.

Adapun untuk rute sebaliknya adalah dari Pantai Sendang Biru menuju Pool DAMRI (Via Bantur). Di rute ini, bus DAMRI beroperasi melewati Pantai Balekambang, Terminal Hamid Rusdi, dan Terminal Arjosari.

Pelancong perlu membayar tarif tiket sebesar Rp25.000 di rute ini dengan keberangkatan awal dari Sendang Biru pukul 07.00 WIB dan keberangkatan akhir melalui Terminal Arjosari pukul 15.30 WIB.

Rute terakhir adalah rute Stasiun Pasarturi - Sukapura (Via tol Probolinggo). Di rute ini, layanan bus DAMRI beroperasi melewati Stasiun Gubeng dan Terminal Bungur Asih dengan tarif sebesar Rp50.000,00. Keberangkatan awal dari Stasiun Pasarturi adalah pukul 05.30 WIB dan keberangkatan akhir dari Sukapura pukul 13.00 WIB.

“Untuk rute sebaliknya dari Sukapura - Stasiun Pasarturi (Via tol Probolinggo). Rute beroperasi melewati Terminal Bungur Asih, Stasiun Gubeng. Tarif sebesar Rp50.000,00, dengan keberangkatan awal dari Sukapura pukul 07.00 dan keberangkatan akhir daro Terminal Bungur Asih pukul 19.30 WIB,” katanya.

Baca juga: Mencekam! Stranger Things 4 Hadirkan Upside Down Experience di Jakarta

Dia menambahkan seluruh tiket layanan KSPN Malang dapat dipesan melalui aplikasi DAMRI Apps atau portal damri.co.id. Tidak hanya itu, pelancong juga dapat melakukan pembayaran melalui sejumlah platform digital.
 

SEBELUMNYA

Inspirasi Aplikasi Seni Kontemporer dalam Desain Interior

BERIKUTNYA

Wow, Siniar BTS Radio: Past & Present Pecahkan Rekor di Apple Music

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: