Bagian dalam kereta ekonomi new generation versi modifikasi (Sumber gambar: PT KAI)

Cek Sejumlah Perubahan Dalam Kereta Ekonomi New Generation Versi Modifikasi

01 September 2024   |   11:38 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Mulai Minggu, 1 September 2024, kereta ekonomi new generation versi modifikasi akan beroperasi dalam rangkaian kereta api KA Menoreh rute Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng-Stasiun Pasarsenen pp. Moda transportasi berbasis rel itu memiliki beragam modifikasi yang akan memberikan kenyamanan kepada traveller.  

VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia Anne Purba mengungkapkan bahwa kereta ekonomi new generation versi modifikasi memiliki sejumlah perubahan. Pertama adalah moda transportasi tersebut memiliki kapasitas 72 tempat duduk berjenis captain seat.

Dia mengeklaim bahwa penggunaan jenis tempat duduk tersebut juga akan meningkatkan kenyamanan Genhype yang menempuh perjalanan panjang. “Karena memiliki desain kursi yang ergonomis dilengkapi fitur pengatur kemiringan [Reclining] dan bisa disesuaikan searah laju KA ataupun berhadapan [Revolving],” ujarnya.

Baca juga:  Ada Perubahan Perjalanan Kereta Api per 1 September 2024, Cek Info Lengkapnya

Kedua, kereta ekonomi new generation versi modifikasi ini juga memiliki pembaruan di interior kereta. Genhype yang menaiki kereta teresebut akan menemukan public information display system (PIDS) yang dapat menampilkan waktu dan suhu dalam kabin kereta.

Tidak hanya itu, interior moda transportasi berbasis rel itu juga mengalami modifikasi sehingga terlihat sama dengan kereta eksekutif. Genhype akan mendapati bagian dalam kereta dengan warnya yang lebih cerah dan sentuhan aksen kayu di bagian jendela untuk memberikan kesan klasik dan elegan.

Ketiga, kereta new generation modifikasi juga memiliki perubahan di bagian toilet. Penumpang akan mendapati toilet duduk dilengkapi wastafel dan hand dryer. Selain itu, manajemen juga menyediakan tempat ibadah di kereta restorasi.

Dia menambahkan, kereta Menoreh new generation itu merupakan hasil inovasi sarana yang dilakukam oleh Balai Yasa Manggarai, yakni tempat perawatan sarana perkeretaapian milik KAI di Manggarai, Jakarta.

Untuk diketahui, sebelumnya, manajemen telah meluncurkan kereta ekonomi new generation versi modifikasi di rangkaian KA Jaka Tingkir relasi Purwosari–Pasar Senen pp, KA Jayabaya relasi Pasarsenen–Malang pp, KA Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasarsenen–Surabaya Gubeng pp.

Kemudian, rangkaian kereta lain yang memiliki kereta new generation versi modifikasi adalah KA Blambangan Ekspres relasi Semarang Tawang Bank Jateng–Ketapang pp, KA Banyubiru relasi Semarang Tawang Bank Jateng–Solo Balapan pp, KA Majapahit relasi Pasarsenen-Malang pp, dan KA Lodaya relasi Solo Balapan-Bandung pp.

Manajemen menargetkan akan melakukan perubahan sebanyak 60 kereta ekonomi kursi tegak berhadapan menjadi kereta ekonomi new generation versi modifikasi pada 2024. Menurutnya, ada 42 kereta yang telah dimodifikasi hingga 30 Agustus 2024. Selanjutnya, sebanyak 52 kereta lainnya akan mengalami modifikasi serupa pada 2025.

Manajemen berharap bahwa perubahan tersebut dapat membuat minat masyarakat semakin besar dalam menggunakan transportasi massal kereta api. 

Baca juga: Hypereport: Wisata Nyeleneh Ala Komunitas Kereta Api dan Bus

Editor: Puput Ady Sukarno
 

SEBELUMNYA

Cara Mengisi SATUSEHAT Health Pass, Wajib Bagi Pelaku Perjalanan dari Luar Negeri

BERIKUTNYA

Serunya Jelajah Terasering Kebun Teh Gunung Mas Puncak Bogor

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: