Sejumlah kereta api menjadi kereta favorit pada libur panjang akhir pekan ini (sumber gambar: PT KAI)

Jumlah Pelancong dengan KA Capai Lebih 200.000 Orang

15 April 2022   |   17:58 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Bertepatan dengan libur panjang 14-17 April 2022, masyarakat yang melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api jarak jauh diperkirakan bakal mencapai 209.370 penumpang.. Menurut VP Public Relations KAI Joni Martinus, ini artinya rata-rata pengguna kereta api jarak jauh mencapai 52.343 orang per hari. 

"Adapun okupansi KA Jarak Jauh pada periode tersebut yaitu 51 persen dari total tempat duduk yang disediakan," ujarnya. 

Dia menuturkan kereta api yang menjadi pilihan favorit para wisatawan untuk bepergian pada libur panjang akhir pekan ini.

Perjalanan dengan KA Airlangga relasi Pasar Senen - Surabaya Pasarturi PP, KA Bengawan relasi Pasar Senen - Purwosari PP, KA Jayabaya relasi Pasar Senen - Malang PP, KA Sri Tanjung relasi Lempuyangan - Ketapang PP, dan lainnya banyak diminati.

Selama masa libur panjang Joni juga mengingatkan para pelancong untuk segera melalukan vaksinasi ketiga atau booster agar perjalanan dengan kereta api tetap sehat dan nyaman. 

Berdasarkan peraturan perjalanan darat terbaru, penumpang kereta api jarak jauh yang telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga tidak perlu menunjukkan hasil screening Covid-19 pada saat boarding.

Sementara bagi yang sudah mendapatkan vaksin dosis kedua wajib melampirkan hasil negatif rapid test antigen dengan masa berlaku 1×24 jam atau RT-PCR dengan masa berlaku 3×24 jam. Aturan ini juga berlaku untuk penumpang usia 6-18 tahun.

Adapun, penumpang yang baru mendapatkan vaksin dosis pertama, pelancong wajib melampirkan hasil negatif RT-PCR dengan masa berlaku 3×24 jam.
 
Di sisi lain, bagi penumpang yang belum atau tidak dapat divaksin karena kondisi medis atau komorbid, maka wajib melampirkan surat keterangan dari RS Pemerintah dan hasil negatif RT-PCR dengan masa berlaku 3×24 jam.

Sedangkan untuk pelancong usia di bawah 6 tahun tidak harus menunjukkan bukti vaksin atau screening Covid-19. Namun, pelancong itu harus didampingi oleh orang dewasa pada saat perjalanan.
 
Pihak KAI juga masih menyediakan layanan vaksinasi gratis bagi wisatawan dengan kereta api jarak jauh pada klinik Mediska milik KAI di berbagai daerah serta pelayanan tes cepat antigen di 75 stasiun.

Stasiun- stasiun tersebut antara lain Stasiun Pasar Senen, Stasiun Gambir, Stasiun Bekasi, Stasiun Cikampek, Stasiun Cikarang, Stasiun Karawang, Stasij. Bandung, Stasiun Kiaracondong, Stasiun Tasikmalaya, Stasiun Banjar, Stasiun Ciamis, Stasiun Garut, Stasiun Purwakarta, Stasiun Cimahi.

Kemudian, Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Jatibarang, Stasiun Brebes, Stasiun Haurgeulis, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Cepu, Stasiun Weleri, Stasiun Ngrombo, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Kebumen, dan sebagainya. 

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Jelang Berbuka, Yuk Cek 3 Kreasi Resep Kolak Biji Salak Ini

BERIKUTNYA

Wow! Cek Fitur Keren Realme 9 Pro Free Fire Edisi Terbatas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: