CCTV outdoor yang memiliki fitur komunikasi dua arah. (Sumber gambar : Erajaya)

Rekomendasi CCTV Outdoor & Indoor yang Punya Fitur Canggih

30 April 2024   |   10:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Keberadaan Closed Circuit Television (CCTV) alias kamera pengawas sangat penting. Selain untuk antisipasi pencurian, perangkat ini juga berfungsi sebagai barang bukti dari tindak pidana lainnya yang terekam hingga bisa menjadi alat komunikasi ketika ada tamu yang datang.

Ya, teknologi dan fitur perangkat ini pun semakin berkembang seperti kualitas gambar yang jelas hingga dimungkinkannya komunikasi dua arah. Seperti PTZ Camera C04, CCTV buatan Immersive Tech (IT).

Baca juga: 4 Macam Kegunaan Kamera Keamanan CCTV, Salah Satunya Ungkap Kejahatan

Djunadi Satrio, Head of Corporate Communications Erajaya Group mengatakan CCTV ini mampu merekam gambar secara tajam dan jernih walau dalam malam yang gelap. Kemampuan ini berkat adanya sensor 3MP yang dilengkapi infrared dan lampu Light Emitting Diode (LED).

“Kamera ini mampu memberikan perlindungan maksimal hingga ke seluruh sudut ruangan berkat fitur pan dan tilt,” ujarnya kepada Hypeabis.id beberapa waktu lalu.

Adapun fitur pan tilt zoom (PTZ) memungkinkan kamera CCTV dapat diputar dari kiri ke kanan, dimiringkan ke atas dan ke bawah, serta memperbesar dan memperkecil pandangan. Biasanya kamera ini digunakan untuk memantau area outdoor yang memerlukan pandang 180 hingga 360 derajat. 

Nah, untuk IT PTZ Camera C04, produk ini dapat memutar 350 derajat secara horizontal dan 90 derajat pada posisi vertikal. CCTV ini juga mampu merekam lebih banyak di segala kondisi dan cuaca berkat kompresi L H.264/H.265 video encoding, serta mendukung dual stream. 

Adapun resolusi CCTV Camera PTZ C04 sebesar 2304 x 1296 dengan perekaman hingga 15 FPS. Baik malam atau siang, gambar yang tampil bisa dalam mode warna atau black and white. Sementara kapasitas penyimpanan video bisa melalui microSD maksimal 128 GB, cloud storage, dan NVR. 

Sebagai jaminan keamanan tinggi, CCTV ini sudah dilengkapi alarm. Djunadi menyampaikan IT Camera PTZ C04 pun sudah disematkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk mengurangi false alarm dalam mendeteksi gerakan. Penggunaan teknologi sensor untuk mendeteksi gerakan memang telah banyak digunakan produk CCTV dewasa ini.

Keunggulan lain dari IT Camera PTZ C04 yakni dapat dikendalikan melalui aplikasi IT Smart App setelah dihubungkan. Pengguna bisa mengoperasikan kamera, melakukan pengaturan, serta penjadwalan dari jarak jauh walaupun sedang di dalam perjalanan maupun berada di kampung halaman. Semua berkat adanya koneksi internet, 2.4G WIF.

Djunadi menyebut pengguna bahkan bisa berbicara langsung terhadap orang yang terpantau CCTV, melalui IT Smart App. Kini, hampir semua produk kamera pemantau sudah dilengkapi dengan mic dan speaker.

Bicara durabilitas, kamera CCTV dari IT ini memiliki sertifikasi IP65 yang tahan dipakai pada semua cuaca, baik hujan maupun terik. Produk ini juga mendapatkan jaminan servis hingga 1 tahun oleh service center TAM. 

Kendati memiliki durabilitas tinggi, Djunadi menyarankan agar penempatan kamera CCTV sebaiknya terhindar dari sinar matahari secara langsung. “Agar lebih awet dibandingkan kamera yang terkena sinar matahari secara langsung,” imbuhnya. 

Selain luar ruang, CCTV indoor juga penting dalam menjaga keamanan. Salah satu produk untuk kebutuhan ini yaitu Pan & Tilt Smart Home Camera H6c Pro 2K+. 

Kamera pengawas di dalam ruangan ini telah dilengkapi AI untuk fitur keamanan yang lebih mumpuni. Country Manager EZVIZ Indonesia George Wu menerangkan dengan dukungan AI, CCTV ini memiliki fitur Auto Zoom Tracking yang membuat perangkat secara otomatis mengikuti dan memperbesar objek yang bergerak hingga empat kali lipat. Ada pula fitur Loud Noise Detection yang dapat mendeteksi suara bising. 

“EZVIZ H6c Pro 2K+ merupakan salah satu smart CCTV EZVIZ yang sudah dilengkapi fungsi cerdas AI,” ujar George Wu.

Uniknya, produk CCTV ini memiliki fitur untuk panggilan video ke aplikasi EZVIZ dengan menerakan touch call button. Panggilan bisa berlangsung secara dua arah. H6c Pro cukup pintar untuk mengidentifikasi aktivitas manusia secara khusus.

Selain itu, ada fitur terbaru yakni fitur Patrol Mode. Dengan mode ini, kamera akan secara otomatis berputar mengikuti 4 titik yang sudah diatur pengguna, sehingga setiap sudut rumah bisa terpantau. Adapun kamera ini memiliki sudut pandang hingga 360 derajat.

H6c Pro memiliki resolusi 2K+ untuk kualitas gambar yang lebih jelas dan akurat, bahkan pada saat malam hari berkat fitur smart color night vision. Untuk penyimpanan, karena CCTV ini sudah mendukung penerapan codec H.265 yang bisa menghemat ukuran file penyimpanan hingga 50 persen. Adapun kapasitas penyimpanan microSD mencapai 512GB. Pengguna juga bisa memanfaatkan EZVIZ CloudPlay Storage.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Hasil Timnas Indonesia vs Uzbekistan 0-2, Drama VAR Anulir Gol & Kartu Merah

BERIKUTNYA

5 Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerja Besar Tapi Jarang Dilirik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: