Foto udara sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di kawasan Palembang-Betung, Sumatra Selatan, Jumat (29/4). Kemacetan panjang tersebut disebabkan oleh truk dan diperparah oleh kendaraan pemudik yang melintas di ruas jalan tersebut. (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Suselo Jati)

Genhype, Kalian Bisa Pantau Arus Mudik Lewat Situs & Aplikasi CCTV Ini

29 April 2022   |   20:00 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Hari Raya Idulfitri tinggal sebentar lagi. Dengan pelonggaran pembatasan, masyarakat kini berbondong-bondong mudik ke kampung halaman setelah dua tahun terakhir menunda aktivitas tersebut di tengah kekhawatiran penyebaran pandemi corona. 

Jasamarga Transjawa Tollroad (JTT) telah mencatat adanya peningkatan mobilisasi pemudik dan peningkatan volume lalu lintas yang meninggalkan sejumlah kota utama pada periode tiga hari sebelum Lebaran. 

Laporan lapangan dari Tim Jelajah Lebaran 2022 Bisnis Indonesia juga menemukan kemacetan terjadi di sejumlah ruas jalanan di pulau Sumatra. Misalnya Jalur Lintas Timur Sumatra, ruas Palembang Betung yang membuat antrean panjang kendaraan bermotor. 
 
Untuk menghindari kemacetan yang terjadi di beberapa wilayah arus mudik, masyarakat saat ini bisa melakukan pengecekan daring menggunakan kamera cctv, yang disediakan oleh sejumlah lembaga pemerintahan. 

Berikut ini adalah beberapa situs web atau link yang bisa diakses untuk memantau arus lalu lintas sejumlah titik : 
 

1. RTTMC Kemenhub 

Kementerian Perhubungan telah menyediakan situs web bernama Road Transport and Traffic Management Center (RTTMC) yang menyuguhkan tangkapan layar kamera cctv dari sejumlah ruas jalan utama yang dilalui para pemudik. 

Setidaknya, ada 40 titik cctv yang dipasang di area rawan kemacetan misalnya  Gadog Puncak, Nagrek, Pasar Malangbong, Karanganyar, Pintu Tol Cikampek, dan masih banyak lagi. Situs juga menyediakan menu kategori yang bisa memudahkan pengguna mencari titik tertentu.
 

2. ATCS Dishub 

Selain Kementerian Perhubungan di tingkat pusat, Dinas-Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota di sejumlah wilayah juga menyediakan akses cctv daring di beberapa titik jalan daerah masing-masing bernama Area Traffic Control System (ATCS). 

Layanan ini bisa diakses oleh masyarakat umum. Hanya saja, mereka harus mencari situs atau link streaming cctv karena tiap Kabupaten/Kota memiliki alamat situsnya sendiri. Kalian bisa coba mencarinya di mesin pencari dengan kata kunci  ‘ATCS Dishub (kota/kab)’. 


3. Travoy Jasa Marga 

Jasa Marga juga menyediakan akses layanan streaming cctv melalui aplikasi bernama Travoy yang bisa diunduh masyarakat melalui toko aplikasi, baik itu Google Play Store maupun Apple Store. Nantinya, aplikasi akan memeriksa lokasi dan menyiarkan akses cctv terdekat yang tersedia. 

Pengguna juga bisa mencari akses cctv daring untukas tertentu di sejumlah wilayah. Selain itu, aplikasi Travoy ini juga menyediakan berbagai layanan lain seperti tarif tol, struk digital, lokasi area peristirahatan (rest area), dan lain sebagainya. 

Editor : Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Jumlah Pelancong dengan Bus DAMRI Melonjak 100 Persen

BERIKUTNYA

5 Kiat Dekorasi Hangat Ruang Tamu Sambut Lebaran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: