Ilustrasi kamera pengintai (Sumber gambar: Unsplash/JYE-B)

Hati-Hati, Begini 5 Cara Menemukan Kamera Tersembunyi di Tempat Umum

09 April 2023   |   16:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Kemajuan teknologi kamera terus memberikan kemudahan bagi masyarakat pada era digital saat ini. Selain untuk mengabadikan berbagai momen-momen spesial, perangkat ini memang memiliki banyak fungsi termasuk untuk merekam berbagai kegiatan dalam bentuk video.

Namun, ibarat pedang bermata dua, adakalanya teknologi tersebut juga dimanfaatkan untuk perbuatan jahat. Salah satunya menguntit atau memata-matai orang demi mengambil keuntungan pribadi tanpa menghargai privasi orang lain. Biasanya ini dilakukan dengan memanfaatkan kamera tersembunyi. 

Berbeda dengan kamera CCTV yang memang ditujukan untuk keamanan, kamera tersebut memang sengaja disembunyikan. Biasanya, kamera ini ditempatkan di kamar mandi, ruang ganti, atau kamar hotel yang sering membuat beberapa orang was-was mengenai keberadaan kamera tersebut.

Selain merugikan orang yang diintai, perbuatan tersebut sudah tentu melanggar hukum. Agar kejadian tersebut tidak terjadi pada Genhype, berikut cara menemukan kamera yang sengaja disembunyikan untuk memata-matai kalian dihimpun dari berbagai sumber.

Baca juga: Minat Jadi Vlogger? Cek 6 Kamera 360 Derajat Ini!


1. Lakukan Inspeksi Visual

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat mengunjungi tempat baru adalah melakukan observasi di sekitar tempat kalian berada. Untuk menemukan kamera tersembunyi, kamu bisa menginspeksi secara visual benda-benda di ruangan tersebut yang tampak terlihat tidak sesuai tempatnya atau terlihat aneh.

Misalnya, stop kontak di posisi yang janggal, benjolan mengkilap di vas bunga atau sensor berwarna di pintu kamar. Jika kamu menginap di hotel, pastikan juga untuk menginap di kamar yang sesuai dengan yang dipesan. Cek juga cermin di kamar tersebut dan pastikan bukan cermin dua arah dengan melakukan tes refleksi.
 

2. Gunakan Detektor Frekuensi Radio

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan detektor frekuensi radio atau RF Detector yang saat ini bisa ditemukan di Play Store atau App Store. Sesuai namanya, alat ini berfungsi untuk mendeteksi barang-barang yang tidak bisa kamu lihat dengan mata telanjang.

Dengan gelombang radio di perangkat ini kamu pun bisa mendeteksi berbagai perangkat yang sering digunakan mata-mata untuk mengintai kalian. Namun sebelum menggunakannya pastikan untuk mematikan perangkat yang dapat memicu detektor frekuensi radio. Termasuk laptop, ponsel, dan apa pun yang menggunakan Bluetooth. 
 

3. Manfaatkan Pencitraan Termal

Meski sebagian besar kamera tersembunyi mengirimkan gelombang tertentu, tapi ada juga yang tidak dapat terdeteksi detektor frekuensi radio karena kecanggihannya. Namun, bukan berarti alat-alat ini tidak bisa terdeteksi oleh kalian.

Salah satunya adalah dengan mendeteksi energi panas yang ditimbulkan dengan pencitraan termal khusus. Pasalnya hampir semua alat elektronik mengeluarkan panas saat digunakan. Dari sinilah kamu bisa memanfaatkan pencitraan kamera termal untuk mendeteksi perangkat tersebut di tempat-tempat yang dianggap mencurigakan. 
 

4. Deteksi dengan Smartphone

Smartphone yang kamu miliki juga bisa dijadikan sebagai alat yang ampuh untuk mendeteksi kamera tersembunyi lo Genhype. Beberapa di antaranya adalah dengan menginstal aplikasi khusus seperti Hidden Camera Detector atau Glint Finder. 

Tak hanya itu, kamu pun bisa menggunakan kamera smartphone untuk mendeteksi kamera tersembunyi. Caranya, adalah mematikan semua lampu dan gunakan kamera infrared untuk melihat sekeliling ruangan. Jika kamu melihat bintik cahaya yang tidak terdeteksi mata, maka ada kemungkinan itu kamera pengintai. 
 

5. Gunakan Detektor Lensa Kamera

Seperti namanya, detektor lensa kamera merupakan alat yang bisa mendeteksi perangkat lensa kamera yang ada di sekeliling kalian. Salah satu caranya adalah dengan mencari karakteristik pantulan cahaya dari lensa kamera perekam yang disembunyikan.

Jika saat alat ini dioperasikan dan sensornya berbunyi, ada baiknya kamu segera memeriksa arda mencurigakan yang kemungkinan  dipasangi kamera pengintai. Setelahnya kamu bisa mencopot kamera tersebut atau melaporkan pada pihak berwenang.

Nah, itulah beberapa kiat untuk mencari tahu kamera tersembunyi di tempat umum Genhype. Jadi, apakah masih insecure saat berada di tempat umum setelah mengetahui berbagai tip tersebut? 

Baca juga: 5 Tips Fotografi Menggunakan Ponsel, Jangan Tergiur dengan Resolusi Kamera

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

7 Wisata Religi di Aceh Ini Cocok untuk Dijadikan Destinasi Libur Lebaran

BERIKUTNYA

Coldplay Bakal Tur Konser ke Indonesia? Segini Perkiraan Harga Tiketnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: