Taeil (Sumber gambar: Instagram/mo.on_air)

Sepak Terjang Moon Taeil, Anggota NCT 127 yang Terjerat Kasus Kejahatan Seksual

29 August 2024   |   19:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Karier bermusik anggota boy group NCT, Taeil, tengah di ambang kehancuran. SM Entertainment, agensi yang menaungi NCT, secara resmi telah mengeluarkan Taeil dari grup yang membesarkan namanya tersebut. Hal ini tak lepas dari kasus menghebohkan yang sedang menimpanya.

Dalam pengumuman resmi SM Entertainment, agensi populer dari Korea Selatan tersebut secara tegas mengonfirmasi Taeil tengah diduga terlibat dalam kasus pidana kejahatan seksual. Tak hanya itu, kasus ini, dipandang agensi, telah menjadi masalah yang begitu serius.

Saat ini, Taeil diketahui masih menghadapi serangkaian penyelidikan dari kepolisian. Agensi menjamin Taeil akan kooperatif selama proses investigasi berlangsung.

Baca Juga: Daftar Pemenang K-World Dream Awards 2024, NCT Bawa Banyak Piala

“Kami telah membahas masalah ini dengan Taeil dan telah diputuskan bahwa dia akan dikeluarkan dari grup,” tulis Agensi SM Entertainment.

Taeil sebenarnya adalah salah satu penyanyi yang punya banyak penggemar. Kariernya di dunia entertainment dibangun lewat rangkaian perjuangan panjang.

Sebelum bergabung ke NCT, pemilik nama lengkap Moon Taeil ini terlebih dahulu ikut ajang pencarian bakat Youth Singing Contest. Dia pun terpilih menjadi salah satu trainee SM Entertainment.

Kala itu, Taeil juga baru saja diterima di Music Department of Hanyang University. Namun, dia memilih menjalani karier bermusik di SM Entertainment dan meninggalkan bangku kuliahnya.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by TAEIL (@mo.on_air)


Pria kelahiran Dongdaemun-gu, Seoul, itu menjalani debut sebagai anggota NCT U pada April 2016. Grup ini sempat merilis lagu Without You yang cukup mendapat sambutan baik dari penggemar.

Dua bulan setelahnya, Taeil berpindah dan kembali debut bersama NCT 127. Grup ini lantas merilis single Firetruck. Bersama grupnya, dirinya telah merilis enam album studio, tujuh mini album, dan belasan single yang populer.

Taeil dikenal sebagai salah satu anggota yang punya suara vokal baik. Dia pun menjadi andalan dalam urusan tarik suara, terutama untuk bagian hight note yang menantang. Tak hanya urusan nyanyi sebenarnya, Taeil juga diketahui mahir bermain gitar.

Tak mengherankan bila dirinya juga kerap terlibat dalam proyek pembuatan lagu OST untuk drama Korea.  Beberapa di antaranya adalah Because of You OST drama The Merchant: Gaekju 2015, Stay in My Life OST drama School 2017 (bersama Taeyeong dan Doyoung).

Dia juga pernah ikut bernyanyi untuk lagu 'Starlight' yang menjadi OST Twenty Five Twenty One, Radio Romance OST drama Radio Romance (bersama Doyoung), hingga New Dream OST drama Dokgo Rewind (bersama Jaehyun).

Selain itu, dirinya juga kerap merilis lagu yang berkolaborasi dengan artis lain, di antaranya seperti Purple bersama SOHLHEE, The Moon bersama Moon Sujin, serta Love Right Back bersama Raiden dan Lil Boy.

Sejalan dengan kariernya yang melesat, ada banyak penghargaan yang pernah diraih oleh Taeil bersama NCT 127. Album NCT bertajuk Resonance pt.1 berhasil meraih Daesang Album Of The Year di Asia Artist Award 2020. Kemudian, album NCT 127 Sticker juga memenangkan Daesang Album Of The Year di Asia Artist Award 2021, dan masih banyak lagi

Sebelum terkena kasus, Taeil belum lama ini comeback setelah hiatus usai mengalami kecelakaan pada 2023. Bahkan, pada Juli tahun ini, dia baru saja merilis lagu anyar berjudul Walk.

Baca Juga:

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Lomba Foto Wajah Indonesia: Tantangan Juri Memilih Juara dari 900-an Karya

BERIKUTNYA

Konser Orkestra The World of Studio Ghibli & Makoto Shinkai Hadir Lagi, Cek Harga Tiketnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: