ilustrasi (sumber : canva.com)

Strategi Cerdas Bikin Rumah Sejuk Meski Cuaca Terik

29 August 2024   |   08:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Genhype merasa tidak sih kalau akhir-akhir ini, cuaca terasa lebih panas? Ini terjadi akibat berkurangnya curah hujan. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), kondisi "gerah" yang dirasakan akhir-akhir ini umum terjadi pada periode peralihan musim hujan ke musim kemarau.

Oleh sebab itu, penting untuk memiliki rumah yang dapat menjaga suhu tetap sejuk saat cuaca di luar sedang terik. Terdapat berbagai cara untuk menciptakan suasana rumah yang sejuk dan adem tanpa harus menggunakan listrik berlebih.

Baca juga: 5 Solusi Bikin Rumah Tetap Sejuk saat Cuaca Panas Ekstrem

Berikut adalah lima tips yang bisa Genhype terapkan agar rumah terasa lebih nyaman dan sejuk.


1. Optimalkan ventilasi alami

Ventilasi menjadi kunci utama untuk sirkulasi udara yang baik dalam rumah. Ventilasi yang baik dapat mengurangi kelembaban dan penumpukan udara panas di dalam rumah. Ini memudahkan udara segar masuk dan menjaga kualitas udara di dalam ruangan tetap bersih.

Untuk mengoptimalkan aliran udara, metode ventilasi silang dapat diterapkan dengan memasang jendela di sisi yang berlawanan. Metode ini menciptakan sirkulasi udara yang efisien, terutama jika jendela dibuka pada malam dan pagi hari. Udara panas akan keluar dan digantikan oleh udara segar, sehingga penghuni merasa nyaman tanpa harus selalu bergantung pada pendingin ruangan.


2. Kurangi panas yang diteruskan ke dalam rumah

Atap akan memantulkan dan memancarkan panas yang diterima ke luar maupun ke dalam rumah. Maka, pemilihan material penutup atap penting dalam memantulkan panas matahari dan mengurangi pancaran panas ke dalam rumah.

Material dengan warna terang menyerap dan memancarkan panas lebih sedikit dibanding material dengan warna gelap. 

Atap baja ringan memiliki lapisan pelindung yang dapat memantulkan panas matahari dengan baik, sehingga membantu menjaga suhu rumah tetap nyaman. Jika ingin bereksplorasi dengan pilihan warna gelap, penambahan lapisan reflective foil di bawah atap dapat meningkatkan kemampuan memantulkan panas atap rumah. Dengan cara ini, Genhype dapat mengurangi beban pada sistem pendingin, serta menghemat konsumsi listrik.


3. Pilih perangkat elektronik hemat energi

Penggunaan perangkat elektronik dapat meningkatkan suhu dalam ruangan karena perangkat ini menghasilkan panas saat digunakan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Genhype dapat memilih perangkat yang hemat energi dan tidak menghasilkan panas berlebih.

Misalnya, lampu LED yang sangat sedikit menghasilkan panas, AC dengan teknologi inverter yang mengurangi konsumsi energi, dan kipas hemat energi dengan pendinginan efektif dan minim penggunaan daya. Perangkat-perangkat ini tidak hanya menghasilkan panas yang lebih rendah, tetapi juga mengonsumsi lebih sedikit listrik.


4. Atur tata letak rumah yang mendukung sirkulasi udara

Di negara dengan iklim tropis, strategi penataan barang di dalam ruangan sangat krusial. Tata letak yang kurang optimal dapat membuat ruangan terasa sumpek dan menghambat sirkulasi udara, sehingga membuat rumah terasa lebih panas dan tidak nyaman.

Untuk memastikan sirkulasi udara yang optimal, hindari menempatkan perabotan di dekat jendela agar aliran udara tidak terhambat. Penggunaan tirai atau penutup jendela juga penting untuk menghalangi sinar matahari langsung. Genhype juga dapat menggunakan jendela dan pintu ukuran besar agar udara segar masuk lebih maksimal dan mengurangi panas dari luar.


5. Buat taman kecil dalam rumah

Jika memiliki ruang lebih, membuat taman dengan kolam kecil di dalam rumah bisa menciptakan suasana yang segar dan nyaman. Area ini dapat dimanfaatkan untuk bersantai atau sebagai tempat berkumpul yang menyenangkan bagi keluarga. Mendesain rumah yang efektif dalam menghadapi iklim tropis sangat penting untuk mengurangi panas sekaligus menciptakan lingkungan yang nyaman dan sejuk.

Baca juga: Kiat Merawat AC & Air Cooler, Bikin Udara Sejuk Maksimal

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Waspada Potensi Ancaman, Begini Skema Pengamanan Paus Fransiskus

BERIKUTNYA

Keseruan Ji Chang-wook Menyapa Fans Indonesia, Bagikan Pengalaman ke Bali & Labuan Bajo

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: