Ilustrasi roller blinds (Max Vakhtbovych - Pexels)

Butuh Roller Blinds Sebagai Penghalang Sinar Matahari di Rumah? Perhatikan Hal Ini

09 May 2021   |   12:08 WIB

Untuk mencegah paparan sinar matahari masuk ke dalam rumah, kita biasa menggunakan gorden untuk menyekatnya. Selain gorden, sebetulnya ada penghalang cahaya lainnya yang bisa kita gunakan, yaitu roller blinds. Secara fungsi, gorden dan roller blinds memiliki kesamaan, yaitu mencegah sinar matahari yang masuk lewat jendela.

Perbedaannya, gorden berbentuk kain, sedangkan roller blinds biasanya dibuat dari kain polyester, fiber, dan PVC.
Berbeda dengan gorden pada umumnya, roller blinds merupakan tirai gulung dari bawah ke atas dengan sistem menggunakan semacam rantai dan sistem pegas. Lantaran bentuknya yang simpel, rollers blinds dapat melengkapi dekorasi beragam tipe ruangan.

Terdapat berbagai tipe roller blinds yang beredar di pasaran antara lain dim out, dan blackout. Untuk tipe dim out, roller blinds dapat menghalau sinar matahari hingga 90%. Alhasil ruangan masih dipapari sinar matahari dengan intensitas rendah. Sementara roller blinds blackout, mampu menghalau paparan sinar matahari sampai 100%.

Roller blinds seringnya digunakan di gedung-gedung perkantoran atau restoran. Akan tetapi, tak ada salahnya juga bila kita coba di rumah. Seenggaknya ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan bila hendak memasang benda itu di rumah.
 

/unikneeds.com

/unikneeds.com



Sesuaikan Konsep
Hal paling utama yang perlu kita cermati adalah penyelarasan roller blind dengan konsep, tema, dan langgam ruang. Langkah ini penting agar keberadaan roller blinds dapat memperkuat atau mempercantik ruangan. Misalnya, warna roller binds disesuaikan dengan warna dinding rumah. Ada baiknya kita memilih roller blinds polos karena dapat diaplikasikan pada berbagai konsep ruangan.

Cegah Sinar Matahari
Roller blinds memiliki fungsi utama menghalangi paparan sinar matahari yang masuk ke dalam rumah. Jadi sebaiknya kalian jangan memilih roller blinds yang transparan. Namun, pilihlah roller blinds yang tak tembus pandang. Adapun roller blinds transparan masih bisa kita gunakan, bila ingin menikmati paparan sinar matahari yang cukup.

Membersihkan
Tidak seperti gorden yang harus kita copot saat membersihkannya, roller blinds sedikit berbeda. Kita tinggal menggunakan vaccum, tanpa harus menurunkannya. Selain itu, kita juga bisa menggunakan kemoceng atau dengan lap untuk material yang keras.

Soal kebersihan ini, kalian disarankan rajin-rajin membersihkannya. Setidaknya setiap 3 hari sekali. Kalau tidak, bisa-bisa roller blinds kalian jadi sarang debu.

Editor: Purboyo
SEBELUMNYA

Pakai Baju Rancangan Desainer di Hari Lebaran Cuma Rp50.000 Per Item, Gimana Caranya?

BERIKUTNYA

Lebaran Di Rumah Aja? Ini Sejumlah Aplikasi Untuk Silahturahmi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: