Ilustrasi rumah bersih dan rapi ( Photo by Ashley Byrd on Unsplash)

Yuk Ikuti Lima Langkah Mudah Bikin Rumah Lebih Rapi dan Bersih Jelang Lebaran

09 May 2021   |   12:28 WIB

Enggak terasa ya beberapa hari lagi umat Muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri, setelah sebulan penuh menjalankan ibadan puasa. Meskipun lebaran tahun ini berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelum pandemi, karena tidak bisa saling bersilaturahmi ke rumah keluarga, tetapi bersih-bersih rumah tak boleh dilupakan.

Bersih-bersih rumah, kendati belum tentu ada tamu yang datang, sudah jadi keharusan bagi kita yang merayakan Idulfitri. Setidaknya ketika kita menghelat Lebaran di rumah, dengan hunian yang bersih, kita akan merasa lebih nyaman. Selain itu, dengan penataan yang baru, kita juga akan merasakan suasana berbeda pada Lebaran nanti. 

Nah, berikut lima tips yang dapat GenHype ikuti agar rumah kami tetap rapi dan bersih.

1. Jangan tunda waktu beberes
Pernahkah GenHype merasa rumah selalu berantakan dan akhirnya merasa malas untuk merapikannya? Supaya rumah tetap bersih dan rapi, GenHype hanya perlu mengalahkan rasa malas dan menjadikan aktivitas membersihkan rumah menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Ingat, kunci agar rumah selalu bersih dan nyaman adalah dengan langsung membereskan benda-benda yang baru saja digunakan.

2. Langsung kembalikan barang setelah digunakan
Salah satu kebiasaan buruk yang biasanya sering terjadi adalah meletakkan barang sembarangan setelah digunakan. Beberapa contohnya yang kerap kali terjadi dalam keseharian adalah menaruh handuk di sofa, menaruh remote TV di kasur, menaruh laptop di meja makan hingga menaruh gelas di meja ruang tamu.

Terkesan mudah untuk dibereskan nanti, tetapi jika keseringan dilakukan dan menjadi kebiasaan, bisa saja kamu lupa dan lama kelamaan benda tersebut hilang. Dengan selalu mengembalikan barang ke tempat semula, GenHype akan semakin terbiasa untuk hidup rapi dan teratur.

3. Prioritaskan barang yang sering digunakan di tempat yang mudah dijangkau
Jika merasa kurang bisa membersihkan dan mengatur barang, tak ada salahnya untuk mencoba solusi ini. Caranya adalah selalu tempatkan barang-barang yang sering digunakan di rak atau tempat penyimpanan paling depan.

Tujuannya, agar GenHype bisa dengan mudah menjangkau dan mengembalikannya tanpa membuat barang yang jarang digunakan menjadi berantakan. Solusi ini paling efektif digunakan untuk menyimpan pakaian dan alat makan lho.

4. Beli alat kebersihan otomatis yang canggih
Saat ini teknologi sudah semakin canggih dan memudahkan hidup manusia. Jika memiliki bujet lebih, boleh berinvestasi di peralatan kebersihan otomatis yang dapat diakses dengan mudah dari smartphone kamu. Salah satu contohnya alat pel otomatis yang bisa diakses dan diatur dengan mudah.

Sebelum tidur, kamu bisa atur agar alat pel otomatis bisa membersihkan kamar tidur dan ruangan lain selama 2 jam. Setelah selesai, alat pel otomatis pun akan kembali dengan sendirinya ke stationnya.

5. Gunakan layanan jasa bersih-bersih rumah
Jika tidak memiliki sumber daya untuk bantu beres-beres atau bujet lebih untuk membeli peralatan kebersihan high end dan canggih, menggunakan jasa bersih bersih rumah bisa dipilih untuk menghemat waktu dan energi lho. Mulai dari general cleaning hingga cuci sofa dan kasur, semua tersedia dengan mudah dan terjangkau.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Referensi Hiking, Ini Dia 7 Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia

BERIKUTNYA

Ini Dia Ide Dekorasi Praktis dengan Harga Terjangkau dari IKEA

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: