Synchronize Fest 2024. (Sumber gambar: Synchronize Fest)

160 Penampil Siap Guncang Synchronize Fest 2024, Cek Daftar Lengkap Lineupnya

28 August 2024   |   06:46 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Synchronize Festival 2024 siap digelar kembali. Tahun ini, hajatan musik itu akan dihelat selama 3 hari pada 4-6 Oktober 2024 di Gambir Expo Kemayoran Jakarta. Gelarannya tahun ini akan menghadirkan 160 penampil yang terdiri dari musisi lokal, serta musisi luar negeri yang mengekspresikan narasi Indonesia.
 
Sejumlah musisi lokal yang akan tampil antara lain Bagi Rapot Sambil Karaoke, Killing Me Inside RE:UNION X Pee, Wee Gaskins, Bondan Prakoso & Fade2Black, Dewi Perssik feat. Aldi Taher, Guyon Waton, Maliq & D'Essentials, Wali, Superman Is Dead, hingga grup dan musisi pendatang baru yang menjanjikan seperti Asal Bunyi (Texpack, Rrag, Swellow), Bernadya, Dazzle, Funeruuu, Sukatani, Tamat, dan lain-lain.
 
Guna menghadirkan festival yang inklusif, Synchronize Fest juga menghadirkan musik-musik bernapaskan spiritual, antara lain lewat penampilan Haddad Alwi feat. Sulis Cinta Rasul dan Yasmin, yang dikenal dengan lagu-lagu religi Islam, Sidney Mohede yang membawakan lagu-lagu spiritual Kristiani, juga Barry Likumahuwa yang mengusung konsep “Pengharapan” dengan pendekatan musik gospel.

Baca juga: Bawa Konsep Astrologi, Cek Daftar Line Up ZAP Fest 2024
 
Selain itu, hadir pula pertunjukan istimewa Nike Ardilla Live Bersama yang akan dibawakan oleh penyanyi Bonita, Danilla, Fanny Soegi, Putri Ariani, Tantri Kotak, serta Rock Opera Ken Arok: Harry Roesli yang akan dipersembahkan oleh Andy Rif,Arie Kriting, Candil, Dira Sugandi, Fauzan Lubis, Hari Pochang, Indra Lesmana, Isyana Sarasvati, Oslo Ibrahim, Sal Priadi, Soleh Solihun, Sri Hanuraga, Teater Mainmonolog dengan musik oleh Gerald Situmorang.
 
Termasuk, pertunjukan spesial 60 Tahun Elvy Sulaesih yang menjadi ajang penghormatan pada musisi-musisi yang lebih dulu berdedikasi dan melahirkan karya-karya monumental. 
 
Terdapat juga pertunjukan yang mengusung tema-tema menarik seperti penampilan 5 diva muda masa depan bernama Sricandy yang diisi oleh solois Lyodra, Tiara Andini, Ziva Magnolya, Mahalini, Keisya Levronka yang akan tampil di dalam satu panggung, serta pertunjukan Sore dan Kawan-Kawan yang akan dipersembahkan oleh Afgan, Ardhito Pramono, Atilia Haron, Bilal Indrajaya, Cholil Mahmud, Fanny Soegi, Pusakata, Noh Salleh, dan Rian Ekky Pradipta.
 
Serta, hadirnya program musik fenomenal televisi medio 2000-an yakni INBOX SCTV Live at Synchronize Fest yang akan menghadirkan 7ICONS, Chibi-Chibi, D'Bagindas "C.I.N.T.A", Hello Band, Repvblik. Adapun, Andhika Pratama, Gading Marten, dan Audi Marissa akan hadir sebagai host.
 


 
Tahun ini, Synchronize Fest juga secara khusus menghadirkan musisi luar negeri dan diaspora Indonesia yang selama ini dikenal turut merayakan musik Indonesia dan menjadikannya sebagai inspirasi utama. Mereka berkiprah di berbagai belahan dunia dan dengan caranya masing-masing yang turut menyemarakkan musik Indonesia.
 
Mereka adalah Koes Barat yang berkiprah di Amerika Serikat, Nusantara Beat (Belanda), Sheila Majid & Tohpati (Malaysia - Indonesia), AK//47 (diaspora Indonesia di Amerika Serikat - Indonesia), Arrington De Dionyso & Singo Sembrono (Amerika Serikat - Indonesia), dan Eastern Margins (Asia Tenggara - Inggris).
 
Selain itu, ada juga Island Vibes Reggae Party (Jamaika - Indonesia) - Lutan Fyah, CTTZ, Alvons, Richard D'Gilis, S2B Family, Lawa, Kamga, Conrad Good Vibration, serta G-Pluck yang merepresentasikan bagaimana musik Barat turut ambil bagian dalam mempengaruhi kultur pop di Indonesia. 

Baca juga: We The Fest 2024 Rayakan 10 Tahun dengan Lineup Spektakuler di GBK Sports Complex
 
David Tarigan selaku Artist & Repertoire Synchronize Fest mengatakan gelaran Synchronize Fest tahun ini melakukan penjelajahan seputar gagasan keberagaman dan kebersamaan di dalam musik Indonesia. Selain menyajikan 14 pertunjukan spesial, dihadirkan pula beberapa musisi luar negeri yang selama ini dikenal lewat karya-karya yang kental dengan narasi keindonesiaan.
 
"Kehadiran mereka diharap membawa sudut pandang yang lebih luas tentang musik Indonesia dan bagaimana pengaruhnya pada komunitas musik global,” katanya.
Synchronize Fest 2024 akan menghadirkan 7 panggung untuk mengakomodir penampilan dari seluruh lineup. Adapun, seniman multi-disiplin Edy Khemod dan Taba Sanchabakhtiar didaulat sebagai show director yang akan membuat panggung tematik lebih hidup dan memberi pengalaman menikmati pertunjukan secara maksimal.
 
Edy Khemod selaku Show Director mengatakan gelaran tahun ini menjadi kali kedua dirinya dipercaya menggarap panggung spesial Synchronize Fest. Kata Edy, tantangannya pun berlipat ganda, baik secara jumlah maupun kompleksitas pertunjukannya. Mulai dari pertunjukan yang bereksperimen dengan teknologi, sampai membuat pertunjukan berformat opera.
 
"Bagaimana membuat pertunjukan yang unik dan secara visual estetik. Ini akan jadi ajang eksplorasi dan eksperimen bagi kami untuk menghadirkan pertunjukan yang unik dan semoga berkesan untuk semua,” katanya.
 
Dia menambahkan Synchronize Fest juga akan mengakomodir pertunjukan orkes yang dikurasi oleh KOBRA Musik dalam Panggung Getar, serta kolektif disjoki dan kolektif musik elektronik terkurasi oleh La Munai Records yang tampil di Oleng Upuk, sebuah panggung mini berbentuk kaleng kerupuk.

Baca juga: Solois Afrika Selatan Tyla Jadi Headliner Baru di LaLaLa Fest 2024

Tahun ini, Synchronize Fest mengusung tema Together Bersama. David Karto selaku Direktur Festival Synchronize Fest mengatakan melalui semangat kebersamaan, Synchronize Fest hendak merayakan dan menerjemahkan relevansi budaya kreatif dan musik Indonesia hari ini, dengan menjadi wadah ekspresi yang dapat melebur sesuai zaman. 
 
“Synchronize Fest tahun ini dengan Together Bersama sebagai tema besar menjadi amplifikasi kita semua untuk saling bergandengan tangan dan mendukung ekosistem kreatif di Indonesia, juga masyarakat dunia," ucapnya.
 
Adapun, tiket Synchronize Fest 2024 dibanderol dengan harga mulai dari Rp275.000 hingga Rp900.000, yang dapat dibeli melalui situs www.synchronizefestival.com

Editor: Fajar Sidik 
 

SEBELUMNYA

Resep Chinese Food Capcay Sayur ala Chef Devina Hermawan

BERIKUTNYA

5 Cara Pakai Concealer yang Tepat untuk Menyamarkan Kantung Mata

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: