Wanita menggunakan Concealer (Sumber Foti: Freepik)

5 Cara Pakai Concealer yang Tepat untuk Menyamarkan Kantung Mata

28 August 2024   |   17:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Kantung mata yang besar dan terlihat gelap menjadi kekhawatiran terbesar para wanita yang membuat mereka kurang percaya diri. Kondisi pembengkakan di bawah mata ini bisa disebabkan karena kurang tidur, muncul tanda penuaan, atau kondisi medis lainnya. 

Kurang tidur atau tidur yang tidak berkualitas dapat menyebabkan kulit di bawah mata terlihat lebih gelap dan bengkak. Belum lagi seiring bertambahnya usia, jaringan dan otot-otot di sekitar mata akan melemah. Lemak yang mendukung mata bisa bergeser ke kelopak mata bawah, sehingga tampak bengkak. 

Menghilangkan kantung mata bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti tidur yang cukup, mengonsumsi makanan dan suplemen untuk kulit, atau menyamarkannya dengan riasan. Produk makeup yang biasa digunakan untuk menutupi kantung mata adalah concealer. Nah Genhype, berikut cara mengaplikasikan concealer untuk menyamarkan kantung mata. 

Baca juga: Jangan Salah, Ini Perbedaan Mata Panda & Kantung Mata serta Cara Mengatasinya
 

1. Pilih shade yang tepat

Pilih concealer dengan shade atau warna satu sampai dua tingkat lebih terang dari kulit untuk mencerahkan area bawah mata. Apabila kantung mata sangat gelap, tentu sulit ditutupi dengan shade  yang hanya 1-2 tingkat di atas warna kulit. 

Sebagai alternatifnya, cobalah menggunakan concealer color corrector dengan undertone peach, oranye, atau kuning untuk menetralkan warna biru keunguan yang biasanya ada di lingkaran hitam.
 

2. Gunakan eye primer

Sebelum mengaplikasikan concealer, penting untuk mempersiapkan kulit di bawah mata. Pada area tersebut, kulit cenderung lebih tipis dan kering dibandingkan bagian wajah lainnya. Oleh karenanya, Genhype sebaiknya menggunakan eye primer, eye cream, atau pelembap ringan sebagai dasarnya.

Primer mata membantu mengisi garis-garis halus dan menciptakan permukaan yang lebih halus untuk pengaplikasian concealer. Ini juga akan meningkatkan daya tahan produk dan mencegahnya retak saat dikenakan sepanjang hari.
 

3. Gunakan teknik segitiga terbalik

Cobalah mengaplikasikan concealer dalam bentuk segitiga terbalik di bawah mata yang puncaknya mengarah ke pipi. Metode ini tidak hanya menutupi lingkaran hitam tetapi juga memberikan ilusi yang membuat wajah terlihat lebih segar dan tajam.

Bentuk segitiga akan membantu menyebarkan concealer supaya lebih merata, serta menghilangkan garis yang terlihat antara concealer dan kulit sehingga membuatnya terlihat natural.
 

4. Tepuk lembut sampai merata

Setelah concealer diaplikasikan, gunakan jari manis atau sponge makeup untuk menepuk-nepuk concealer dengan lembut hingga merata. Menggunakan teknik menepuk juga membantu produk menyatu lebih baik dengan kulit dan memberikan hasil akhir yang lebih alami dan merata. 

Cobalah tepuk-tepuk dengan jari manis karena jari ini memberikan tekanan paling ringan dibandingkan jari-jari lainnya, sehingga mengurangi risiko kulit halus di bawah mata jadi rusak dan tertarik. Selain jari tengah, gunakan beauty blender untuk menekan concealer ke dalam kulit, dengan demikian dapat membantu menghilangkan kelebihan produk dan menghindari tampilan cakey.
 

5. Rapikan dengan bedak translucent

Setelah concealer diaplikasikan dengan sempurna, kunci dengan bedak translucent untuk memastikan produk tetap di tempatnya sepanjang hari. Bedak translucent membantu mencegah concealer bergeser, mengendap ke dalam garis-garis halus, atau menyerap minyak yang dapat muncul sepanjang hari.

Pastikan untuk menggunakan sedikit bedak dan tepuk dengan lembut menggunakan brush atau sponge untuk menghindari terlalu banyak produk yang diaplikasikan. Mengunci concealer dengan bedak juga membantu memberikan hasil akhir matte dan mengurangi kilap yang tidak diinginkan, sehingga membuat riasan wajah lebih halus dan tahan lama. 

Baca juga: Punya Mata Panda? Cek Penyebab dan Cara Mengatasi Kantung Mata

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

160 Penampil Siap Guncang Synchronize Fest 2024, Cek Daftar Lengkap Lineupnya

BERIKUTNYA

Cara Membuat Hottang atau Hotdog Kentang, Camilan Karbo yang Lagi Viral

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: