Synchronize Fest 2024. (Sumber gambar: Synchronize Fest)

Cek Rundown Lengkap Synchronize Fest 4-6 Oktober 2024

02 October 2024   |   08:07 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Para penikmat musik di Indonesia siap berpesta. Synchronize Fest akan digelar pada akhir pekan ini, 4-6 Oktober 2024 di Gambir Expo Kemayoran Jakarta. Pihak penyelenggara pun telah mengumumkan rundown atau jadwal tampil lineup selama 3 hari gelaran festival musik lintas genre tersebut. 

Synchronize Fest 2024 menghadirkan 160 penampil yang terdiri dari musisi lokal, serta musisi luar negeri yang mengekspresikan narasi Indonesia. Tahun ini, terdapat 8 panggung pertunjukan yang akan mengakomodir pertunjukan para musisi, yakni Dynamic Stage, Panggung Getar, District Stage, Forest Stage, XYZ Stage, Gigs Stage, Oleng Upuk, serta Salon & Barkaraoke.

Baca juga: Festival Musikal Indonesia 2024 Jadi Panggung Anak Muda Unjuk Karya

Hari Pertama
Hari pertama Synchronize Fest 2024 akan menghadirkan penampilan nama-nama musisi kenamaan seperti Maliq & D'Essentials, Rossa, Saykoji, Lyodra, White Shoes & The Couples Company, Vierratale, serta beberapa musisi pendatang yang kini digandrungi anak muda seperti Bernadya dan Nadhif Basalamah.

Grup musik dangdut seperti Guyon Waton dan OM. Sera juga akan menggoyang Synchronize Fest 2024 pada hari pertama. Termasuk, beberapa band yang penampilannya tak boleh terlewatkan seperti Tipe-X, Orkes Hamba Allah, Marjinal, dan Bondan & Fade2Black yang kembali manggung sejak vakum selama lebih dari satu dekade.

Tak ketinggalan, hari pertama Synchronize Fest 2024 juga akan menghadirkan pertunjukan kolaboratif spesial, salah satunya persembahan bagi sosok Nike Ardilla, yang akan dinyanyikan oleh Bonita, Danilla, Fanny Soegi, Putri Ariani, hingga Tantri “Kotak”. Untuk pertunjukan ini, Synchronize Fest berkolaborasi dengan Bujuk Rayu dalam penggarapan visual metahuman untuk menghadirkan sosok Nike Ardilla di panggung pertunjukan.

Selain itu, ada pula penampilan maestro Erwin Gutawa yang akan memimpin orkestra untuk merayakan ulang album Badai Pasti Berlalu karya Erros Djarot, dengan turut melibatkan sederet penyanyi muda seperti Afgan, Bilal Indrajaya, Danilla, dan Isyana Sararvati. Serta, nama-nama senior yang terlibat di dalam pengerjaan rekaman aslinya, yaitu Berlian Hutauruk dan Fariz RM.
 


Hari Kedua
Hari kedua Synchronize Fest 2024 juga tak kalah menarik. Gelarannya akan dimeriahkan oleh nama-nama populer seperti The Adams, Superman Is Dead, Sal Priadi, Ziva Magnolya, Mahalini, Hindia, Nadin Amizah, Wali, Kunto Aji, dan The Changcuters. Termasuk, ada penampilan epik dari Dewi Perssik feat. Aldy Taher.

Sama seperti hari pertama, hari kedua gelarannya juga akan menampilkan sejumlah pertunjukan kolaboratif spesial, salah satunya ialah penampilan Elvy Sukaesih, yang sekaligus menjadi perayaan 60 Tahun Sang Ratu Dangdut berkarya. Penampilannya akan menghadirkan aransemen dan bunyi orisinal dengan gaya busana khas yang ikonik ala Elvy Sukaesih.

Selain itu, ada juga penampilan spesial nama-nama penyanyi cilik yang populer pada zamannya, seperti Joshua Suherman, Tasya Kamilla, Enno Lerian, Tina Toon, Melisa “Abang Tukang Bakso”, Dhea Ananda & Leony VH dari Trio KwekKwek, Saskia & Geofanny, Ria Enes & Suzan, Chicha Koeswoyo, hingga legenda musik Titiek Puspa. Tak lupa, akan hadir juga Deredia dan Mocca dalam membawakan musik anak pada era 1950-an dan 1960-an.

Tak kalah menarik, akan hadir juga Rock Opera Ken Arok besutan legenda musik Harry Roesli, yang disinyalir merupakan satu-satunya karya rock opera di Indonesia. Secara khusus, Synchronize Fest 2024 akan menghadirkan kembali Rock Opera Ken Arok: Harry Roesli yang akan dilakoni oleh seniman dan musisi Indonesia, mulai dari Arie Kriting, Candil, Dira Sugandi, Fauzan Lubis, Isyana Sarasvati, Oslo Ibrahim, Sal Priadi, Soleh Solihun, hingga Tria "The Changcuters".
 


Hari Ketiga
Keseruan juga berlanjut pada hari ketiga atau terakhir Synchronize Fest 2024. Nama-nama musisi terkenal seperti Cokelat, GIGI, Armada, Jamrud, Kotak, RAN, Isyana Sarasvati, serta Tohpati & Sheila Majid akan menyapa para penikmat musik di hajatan musik tersebut.

Selain itu, akan hadir juga beberapa nama penyanyi yang selalu dinantikan oleh para penggemarnya seperti Jason Ranti, Pandai Besi, Oslo Ibrahim, serta beberapa grup yang siap menggoyang Synchronize Fest seperti OM PMS, Orkes Nunung CS, dan Olsam.

Sama seperti dua hari sebelumnya, hari terakhir Synchronize Fest 2024 juga akan dimeriahkan oleh beberapa pertunjukan spesial. Salah satunya ialah menghadirkan momen nostalgia melalui program Inbox Live at Synchronize Fest 2024, dengan sederet nama penampil, di antaranya girlband 7ICON, Chibi-Chibi, grup band D'Bagindas, Hello Band, hingga Repvblik. Tak lupa, host kawakan Inbox, Gading Marten, Andhika Pratama dan Audi Marissa akan memandu keseruan kolaborasi ini.

Selain itu, ada juga pertunjukan yang dihadirkan oleh Synchronize Fest dengan menampilkan grup band Sore, yang kini hanya menyisakan dua personel orisinalnya, Awan Garnida dan Bemby Gusti, selepas kepergian mendiang Ade Paloh beberapa waktu lalu.

Pertunjukan kolaborasi ini disebut istimewa karena turut menghadirkan para musisi lintas genre yang sangat mengapresiasi karya-karya Sore. Dalam konser ini, Sore turut mengajak nama-nama populer untuk menjadi penyanyi kolaborator, seperti Afgan, Ardhito Pramono, Atilia Haron, Bilal Indrajaya, Cholil Mahmud, Fanny Soegi, Pusakata, Noh Salleh, hingga Rian Ekky Pradipta.

Baca juga: Evoria M Bloc Fest 2024 Siap Digelar 10 Hari, Cek Rangkaian Agenda Serunya

Sementara itu, tahun ini, Synchronize Fest mengusung tema Together Bersama. David Karto selaku Direktur Festival Synchronize Fest mengatakan melalui semangat kebersamaan, Synchronize Fest hendak merayakan dan menerjemahkan relevansi budaya kreatif dan musik Indonesia hari ini, dengan menjadi wadah ekspresi yang dapat melebur sesuai zaman. 

“Synchronize Fest tahun ini dengan Together Bersama sebagai tema besar menjadi amplifikasi kita semua untuk saling bergandengan tangan dan mendukung ekosistem kreatif di Indonesia, juga masyarakat dunia," ucapnya.

Adapun, tiket Synchronize Fest 2024 dibanderol dengan harga mulai dari Rp275.000 hingga Rp900.000, yang dapat dibeli melalui situs www.synchronizefestival.com

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Rekomendasi Film Hasil Adaptasi Game Populer: Warcraft hingga Monster Hunter

BERIKUTNYA

Aktris Marissa Haque Meninggal Dunia, Simak Profil & Rekam Jejak Kariernya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: