FarmVille 3, salah satu game berkebun populer di Android & iOS (Sumber gambar: Zynga)

5 Game Berkebun di Android & iOS selain Harvest Moon: Home Sweet Home

27 August 2024   |   19:58 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Gim berbasis simulai perkebunan adalah salah satu kategori permainan yang cukup populer di perangkat seluler (mobile game), Android dan iOS. Mode gameplay yang cenderung ringan dan lambat, membuat para pemain tidak perlu mengeluarkan banyak energi. 

Seiring dengan perilisan Harvest Moon: Home Sweet Home, gim genre perkebunan juga mendadak jadi tren lagi. Ada banyak pencinta gim yang ingin nostalgia dengan masa kecil lewat permainan berkebun yang legendaris tersebut.

Namun, saat ini gim berkebun telah banyak berkembang. Ada banyak studio gim ternama yang juga membuat gim dengan tema berkebun yang tak kalah seru. Berikut adalah rekomendasi gim bertema berkebun yang bisa dimainkan di Android dan iOS. 

Baca juga: Harvest Moon: Home Sweet Home Sudah Tersedia di Android dan iOS, Cek Spesifikasinya 


1. Hay Day


Hay Day adalah salah satu gim bertema perkebunan yang cukup legendaris di perangkat Android dan iOS. Gim besutan Supercell ini masih banyak disukai dan dimainkan walau usianya sekarang telah lebih dari satu dekade, sejak pertama kali gim ini dirilis ke publik pada 2012.

Selayaknya gim simulasi pada umumnya, pemain akan memulai permainan dari kondisi yang seadanya. Namun, seiring dengan progres, pemain bisa menambahkan berbagai fasilitas menarik terkait perkebunan, dari dekorasi, alat kerja, hingga terus memperluas area pertaniannya. 

Hay Day banyak disukai karena menawarkan berbagai fitur serta kebebasan kepada pemain. Saat menjalankan gim ini, pemain bisa membangun perkebunan, peternakan, dan pemancingan, secara bersamaan. Sejauh ini, gim Hay Day telah diunduh lebih dari 100 juta kali dengan rating 4,2 bintang. 


2. Stardew Valley


Stardew Valley adalah gim simulai tentang perkebunan yang dikembangkan secara swadaya oleh Eric barone. Pertama kali dirilis pada 2016, gim ini juga bisa dimainkan di banyak platform. Tak hanya Android atau iOS, tetapi juga PlayStation, Xbox, Nintendo Switch, Mac, dan Linux. 

Sejauh ini, Stardew Valley telah diunduh lebih dari 1 miliar kali dengan rating 4,6 bintang di Play Store. Hal ini menunjukkan bahwa ada banyak orang yang telah memainkan gim yang terinsiprasi dari Harvest Moon tersebut.

Secara grafis, Stardew Valley memang terkesan biasa dengan desainnya yang bergaya piksel. Namun, gim ini tetap nyaman dimainkan. Di dalamnya, pemain disuguhkan dengan animasi atau elemen lain yang dikemas halus dan memanjakan mata. Gim ini juga seru karena pemain bisa mengelola perkebunan, peternakan, memancing, berjalan-jalan, hingga menikah.


3. FarmVille 3


Dikembangkan oleh Zynga, FarmVille 3 adalah gim bertema perkebunan yang juga tak kalah menarik. Sejauh ini, gim tersebut telah diunduh sebanyak 10 juta kali dengan rating 4,5 bintang. FarmVille bisa dibilang salah satu gim perkebunan yang cukup anyar, karena baru dirilis pada 2021.

Seperti judulnya, Farmville 3 adalah pengembangan dari serial Farmville sebelumnya. Dalam gim ini, pemain dituntut membangun perkebunan dengan kreativitas tinggi. Pemain juga bisa membarengi berkebun dengan beternak ayam, sapi, domba, dan hewan lain. Pemain mesti pintar mengelola keuangan agar proses bisnis perkebunan berjalan baik.


4. My Time at Portia


My Time at Portia adalah gim role-playing simulai perkebunan yang tak kalah menarik. Dikembangkan oleh studio Pathea Games dan diterbitkan oleh team17, gim ini bisa dimainkan di berbagai platform termasuk Android, iOS, Xbox One, Nintendo Switch, hingga macOS. Di Android, gim ini telah diunduh lebih dari 50.000 kali dengan rating 4,3 bintang.

Gim kelas premium ini mencoba menggabungkan konsep simulasi dengan tambahan RPG yang asyik. Pemain juga bisa merasakan elemen survival. Hal menarik lainnya, terdapat fitur open world sehingga pemain bisa menjelajahi peta secara lebih luas.

Berbeda dari yang lain, gim ini juga berlatar dunia post-apocalyptic. Pemain dapat mengumpulkan material, crafting item, bertarung, dan tentu saja berkebun.
 

5. Farming Simulator 20


Dikembangkan oleh Giants Software, gim Farming Simulator 20 telah diunduh lebih dari 500.000 kali dengan rating 3,4 bintang. Gim ini akan menampilkan lingkungan Amerika Utara yang baru untuk mengembangkan dan memperluas pertanian para pemainnya.

Gim premium ini juga hadir dengan sajian 3D. Dalam gim ini, disediakan 100 jenis mesin otentik yang bisa membantu gamer dalam berkebun. Setiap mesinnya dibuat berdasarkan model sungguhan seperti di dunia nyata. 

Baca juga: Daftar Game Rilis September 2024, Ada Harry Potter: Quidditch Champions

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek Spesifikasi & Harga Xiaomi Smart Band 9 yang Baterainya Bisa Tahan 21 hari

BERIKUTNYA

Saatnya Beralih, Ini 5 Kelebihan Mikrofon Wireless Digital

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: