Sejak penayangannya, Inside Out 2 telah meraih US$1,6 miliar di seluruh dunia. (Sumber gambar: Disney/Pixar)

Inside Out 2 Menjadi Film Animasi Pertama yang Meraih US$1 Miliar di Pasar Internasional

27 August 2024   |   12:13 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Film Inside Out 2 menjadi film paling laris yang rilis pada 2024 dengan perkiraan pendapatan kotor sebesar US$1,6 miliar di seluruh dunia. Dari total tersebut, US$1 miliar di antaranya dari pasar internasional sehingga membuat Inside Out 2 menjadi film animasi pertama yang tembus miliaran dolar Amerika Serikat.

Dikutip dari laman Box Office Mojo, Inside Out 2 menjadi film paling laris di seluruh dunia dan mengalahkan sejumlah film seperti Deadpool & Wolverine, Despicable Me 4, Dune: Part Two, dan Godzilla x Kong: The New Empire.

Inside Out 2 berhasil menjadi film paling laris setelah berhasil menorehkan perkiraan pendapatan sebesar US$1,6 miliar. Sekitar US$600 juta di antaranya berasal dari pasar domestik Amerika Utara.

Baca juga: Daftar Film Animasi Terlaris Sepanjang Masa, Inside Out 2 Resmi Geser Frozen II

Sementara itu, penghasilan US$1 miliar lainnya diperoleh dari pasar internasional. Pendapatan Inside Out 2 di pasar luar negeri membuatnya menjadi film animasi pertama yang berhasil menembus miliaran dolar Amerika Serikat.

Masih dari data Box Office Mojo, terdapat banyak animasi yang tercatat pernah meraih box office dan meraih miliaran dolar Amerika Serikat di pasar dunia. Namun, karya-karya tersebut tidak berhasil mencapai miliaran dolar di pasar internasional.

Frozen yang rilis pada 2013 dan Frozen II yang keluar pada 2019 masing-masing meraih pendapatan US$1,3 miliar dan US$1,45 miliar di dunia. Namun, tidak ada satu pun yang berhasil menembus miliaran dolar Amerika Serikat di pasar internasional.

Frozen (2013) dan Frozen II (2019) masing-masing hanya meraih sekitar US$905 juta dan US$976 juta. Tidak jauh berbeda, film animasi The Super Mario Bros. Movie yang meraih US$1,36 miliar di pasar dunia juga hanya mencatatkan pendapatan US$787,1 juta di pasar internasional.

Kemudian, film animasi Incredibles 2 yang rilis pada 2018 berhasil meraih US$1,2 miliar di seluruh dunia juga hanya memiliki pendapatan kotor sebesar US$634,6 juta di pasar internasional. Sementara itu, Minions 2 (2015) yang mencatatkan pendapatan kotor US$1,2 miliar di dunia hanya mencatatkan pendapatan US$823,4 juta dari pasar internasional.

Dikutip dari laman Disney, film Inside Out 2 menelusuri kembali benak Riley yang sudah remaja saat headquarter mengalami pembongkaran mendadak untuk memberi ruang bagi sesuatu yang sama sekali tidak terduga, yakni Emosi baru.

Joy, Sadness, Anger, Fear, dan Disgust, yang telah lama menjalankan operasinya dengan sukses, tidak yakin bagaimana perasaan mereka ketika Anxiety muncul. Tidak hanya itu, Anxiety juga diperkirakan tidak muncul sendirian.

Dalam film ini, Maya Hawke mengisi suara untuk Anxiety, Amy Poehler sebagai Joy, Phyllis Smith sebagai Sadness, Lewis Black sebagai Anger, Tony Hale sebagai Fear, dan Liza Lapira sebagai Disgust. Karya ini juga mendapatkan arahan dari Kelsey Mann.

Baca juga: Review Film Inside Out 2: Saat Riley Remaja Bertemu Empat Emosi Baru

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Duo Yoasobi Umumkan Agenda Tur Asia, Catat Tanggal Konsernya di Jakarta

BERIKUTNYA

Pelatih Legendaris Sven-Göran Eriksson Tutup Usia, Tinggalkan Jejak di Sepak Bola Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: