Sepak bola (Sumber gambar: Unsplash/ jason charters)

Hasil Laga Uji Coba Indonesia vs India, Kemenangan Berharga Sebelum Kualifikasi Piala Asia U-17

26 August 2024   |   10:05 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Tim nasional (timnas) Indonesia U-17 menorehkan hasil yang berharga ketika menjamu timnas India U-17. Dalam laga uji coba jelang Kualifikasi Piala Asia U-17 tersebut, Garuda muda berhasil meraih kemenangan telak atas India dengan skor 3-1.

Pertandingan timnas Indonesia U-17 vs timnas India U-17 berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu malam (25/8/2024). Di balik kemenangan yang didapat, ada banyak pelajaran berharga yang bisa diresapi para penggawa Merah Putih tersebut.

Bermain di kandang sendiri, Indonesia langsung mengambil inisiatif menyerang. Sepanjang menit-menit awal, tim muda yang dilatih Nova Arianto tersebut tampil ofensif.

Baca juga: Tiket Pertandingan Indonesia vs Arab Saudi di Jeddah Sudah Dibuka, Cek Harganya

Jalan Indonesia membuka keunggulan akhirnya muncul pada menit ke-13. Serangan bertubi-tubi yang dilakukan Indonesia membuat pemain belakang India kewalahan dan panik. Pemain belakang India bahkan harus melakukan pelanggaran ketika Mierza Firjatullah menyerang lewat sisi kiri. 

Sayangnya, pelanggaran tersebut berada di dalam kotak penalti. Evandra Florasta yang maju sebagai eksekutor dengan tenang mengarahkan bola ke gawang. Kiper India terkecoh. Skor pun berubah jadi 1-0 untuk keunggulan Indonesia. 

Setelah tertinggal, India berusaha menekan dan menyamakan kedudukan. Beberapa kali, serangan mengancam ke gawang Indonesia terjadi. Namun, Garuda muda berhasil mempertahankan keunggulan mereka hingga babak pertama usai. 

Pada babak kedua, jual beli serangan makin cair dari kedua kubu. Pada menit ke-50, Indonesia akhirnya memperlebar jarak dengan menggandakan keunggulan. Fandi Ahmad yang baru masuk di babak kedua berhasil mencetak gol. Skor pun berubah jadi 2-0.

Namun, India langsung gerak cepat memperkecil kekalahanya. Pada menit ke-52, India berhasil mencetak gol. Leviz Zangmilun memanfatkan bola yang memantul setelah mengenai tiang gawang dengan baik. Gawang yang telah kosong pun dengan mudah bisa dijebol.
 

Tempo pertandingan masih cukup dinamis hingga menit babak kedua berjalan setengah. Indonesia yang tampil lebih dominan akhirnya mencetak gol lagi pada menit ke-61. Kali ini, Mierza yang berhasil menggetarkan gawang India. Skor pun berubah jadi 3-1.

India mencoba bangkit lagi, tetapi pertahanan Garuda muda cukup kokoh. Timnas Indonesia pun berhasil mempertahankan keunggulan hingga sisa waktu pertandingan selesai.

Pelatih timnas Indonesia U-17 Nova Arianto mengatakan timnya saat ini tengah melakukan persiapan sebelum kualifikasi Piala Asia U-17. Timnas U-17 Indonesia menjalani pemusatan latihan (Training Camp/TC) di Bali. 

Di dalam TC ini, pihaknya juga mengadakan dua kali uji coba menghadapi India. Laga pertama telah berlangsung pada Minggu malam (25/8/2024), sedangkan pertandingan kedua direncanakan Selasa (27/8/2024).

“Rencana kami akan melakukan dua kali friendly match menghadapi India U-17 sebagai proses kami memilih pemain-pemain terbaik yang akan kami bawa ke Kuwait nantinya. Semoga pemain bisa terus berprogres dan akan siap nantinya di Kualifikasi Piala Asia U-17,” tulisn Nova di Instagram terverifikasinya.

Sebagai informasi, AFC menggelar drawing Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 untuk 43 negara. Nantinya, seluruh tim tersebut akan dibagi ke sepuluh grup dengan masing-masing grup berisikan empat hingga lima kontestan.

Kualifikasi Piala Asia U-17 akan berlangsung pada 19-27 Oktober 2024. Sepuluh juara grup dan lima runner-up terbaik bakal lolos ke putaran final di Arab Saudi pada 3-20 April 2025. 

Baca juga: 5 Pesepak Bola dengan Subscriber YouTube Terbanyak, Terbaru Ada Cristiano Ronaldo

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Definitely Maybe, Album Debut Legendaris Oasis yang Mengubah Sejarah Musik Britpop

BERIKUTNYA

Harga dan Cara Beli Tiket Konser The Script di Jakarta & Surabaya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: