Aktor Lukman Sardi (kiri) & Jerome Kurnia dalam acara konferensi pers di XXI Epicentrum Jakarta, Selasa (20/8/2024). Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta.

Cerita Jerome Kurnia & Lukman Sardi Jadi Pastor di Film Horor Kuasa Gelap

21 August 2024   |   06:34 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Aktor Jerome Kurnia kembali membintangi film horor berjudul Kuasa Gelap. Proyek ini menjadi film horor kedua yang dibintanginya setelah film Surat dari Kematian pada 2020. Di film Kuasa Gelap, Jerome memerankan karakter seorang pastor atau Romo Katolik bernama Thomas yang melakukan eksorsisme atau ritual pengusiran setan.
 
Di film Kuasa Gelap, Thomas dikisahkan seorang pastor gereja Katolik yang menyimpan rasa trauma mendalam, sampai-sampai hampir kehilangan keyakinannya. Namun, seiring waktu, dia mendapatkan pencerahan yang secara perlahan membangkitkan lagi keyakinannya.

Baca juga: Sinopsis Film Kang Mak from Pee Mak, Komedi Horor yang Dramatis
 
Jerome mengatakan proses pendalaman karakter dirinya sebagai Romo Thomas memakan waktu yang cukup panjang. Selama prosesnya, dia dan para pemain lainnya harus rutin bertemu dengan salah satu dari hanya dua Romo di Indonesia yang telah mengantongi izin untuk melakukan ritual eksorsisme dari Pusat Katolik di Vatikan. 
 
Hal itu dilakukan dalam rangka proses riset terkait eksorsisme, sekaligus penggalian latar belakang karakter yang diperankannya. Bahkan, dia juga diberi kesempatan untuk melihat langsung proses ritual pengusiran setan yang dilakukan oleh sang Romo, demi mendalami perannya. 
 
"Jadi setiap hari kita ketemu, kita belajar, seperti kelas gitu. Dia [Romo] juga suka cerita tentang apa yang pernah dia alami, pasien-pasiennya yang suka dia sebut. Itu banyak sekali yang dia lihat, oh ternyata ini bukan kerasukan tapi hanya [gangguan] medis, dan kita diajarin juga perbedaannya itu seperti apa," katanya dalam acara konferensi pers di XXI Epicentrum Jakarta, Selasa (20/8/2024).
 
Jerome beradu akting dengan aktor senior Lukman Sardi yang berperan sebagai Romo Rendra. Ini menjadi film kedua yang mempertemukan mereka, setelah Penyalin Cahaya pada 2021.
 
Lukman Sardi mengatakan salah satu tantangannya memerankan karakter Romo Rendra ialah harus bisa berdialog menggunakan Bahasa Latin, yang berkaitan dengan eksorsisme. Namun, itu bisa teratasi berkat proses latihan dan workshop yang dilakoninya bersama pihak gereja Katolik yang mendampingi proses penggarapan film.
 
"Yang bikin lidah belibet itu bahasa Latin sebenernya. Tapi jadi punya pengetahuan baru lah. Enaknya jadi aktor menurut gue adalah kita selalu dapet pengalaman-pengalaman baru dan pertanyaan baru," kata aktor berusia 53 tahun tersebut.
 
Lukman juga menuturkan chemistry dirinya dengan Jerome terbangun cukup baik selama proses syuting. Meski film Kuasa Gelap mengangkat tema yang cukup berat, mereka mencoba mengimbanginya agar emosi yang ada tidak terlalu intens. "Tapi di saat-saat serius kita juga ngobrol, ini scene yang ini akan bawanya gimana," ucapnya.
 
Menurutnya, Kuasa Gelap menawarkan cerita dan tema yang cukup unik, yang menjadi warna baru di dunia sinema Tanah Air. "Akhirnya pertama kali kita lihat di film Indonesia ada gambar salib ya. Indonesia itu sangat beragam, diversity. Mudah-mudahan kita akan banyak lagi film-film seperti ini, supaya warnanya semakin banyak," imbuhnya.
 
.
Mengangkat tema eksorsisme atau ritual pengusiran setan dengan latar belakang agama Katolik, film Kuasa Gelap mengisahkan perjalanan seorang pastor yang meragukan imannya. Dia mendapati dirinya harus terlibat dalam pengusiran setan yang menguasai seorang remaja.
 
Kisah film ini berawal ketika Kayla (diperankan oleh Lea Ciarachel) mengalami kerasukan, dan Romo Rendra (Lukman Sardi) dan Romo Thomas (Jerome Kurnia) ditugaskan untuk melakukan ritual eksorsisme seperti biasanya. Tetapi, ternyata kasus yang dialami Kayla lebih serius daripada yang terlihat. 

Baca juga: Film Horor Pernikahan Arwah Angkat Kisah Tradisi Tionghoa di Indonesia
 
Maya (Astrid Tiar), Ibu Kayla yang mempunyai masa lalu gelap diduga mempunyai andil dalam peliknya kasus kerasukan yang dialami sang anak. Kasus kerasukan ini pun makin serius saat iblis di dalam tubuh Kayla bukan saja mengancam nyawa Kayla, tapi juga nyawa Maya dan teman-temannya.
 
Film Kuasa Gelap dibintangi oleh Lukman Sardi, Jerome Kurnia, Astrid Tiar, Lea Ciarachel, Freya JKT48, dan Delia Husein. Disutradarai oleh Bobby Prasetyo, film ini diproduseri oleh Robert Ronny, Andi Boediman sebagai produser eksekutif, dan Arvin Sutedja serta Pandu Birantoro sebagai koproduser.
 
Adapun, film Kuasa Gelap dijadwalkan tayang di bioskop pada 3 Oktober 2024.
 
Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Rekomendasi Kombo Mesin Cuci & Pengering yang Punya Fitur Canggih

BERIKUTNYA

Grup Rock Firehouse Bakal Comeback ke Indonesia Sebagai Penghormatan Terakhir untuk Vokalis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: