Pemenang Miss Indonesia 2024, Monica Keiza Sembiring. (Sumber gambar: Miss Indonesia/Instagram)

Profil Miss Indonesia 2024 Monica Kezia Sembiring, Perwakilan Perdana dari Sumatra Utara

31 May 2024   |   16:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Finalis asal Sumatra Utara Monica Keiza Sembiring berhasil menyabet gelar Miss Indonesia 2024. Dia mencetak sejarah menjadi pemenang perdana yang berasal dari Sumatra Utara dalam meraih mahkota Miss Indonesia. Monica berhasil unggul dari 37 finalis lainnya dari seluruh provinsi di Indonesia.

"Selamat untuk Miss Sumatra Utara, Monica Keiza Sembiring yang terpilih menjadi Miss Indonesia 2024," tulis akun media sosial resmi Miss Indonesia.

Baca juga: Profil Rumy Alqahtani, Perwakilan Miss Universe Pertama dari Arab Saudi

Kezia berhasil menjadi juara setelah mengungguli Runner Up I yakni Clarita Adity asal DIY Yogyakarta. Di panggung Miss Indonesia 2024 yang digelar di Studio RCTI, Jakarta, pada Rabu (29/5/2024) malam, mereka berdua saling bergandengan sesaat sebelum pembawa acara mengumumkan pemenang Miss Indonesia 2024.

Clarita langsung memeluk Kezia begitu nama gadis asal Sumut itu diumumkan sebagai pemenang. Sementara itu, gelar Runner Up 2 diraih oleh Miss Bali, Anna Sakurai Dananjaya, dan Runner Up 3 dianugerahkan kepada Miss DKI Jakarta, Prinyanka Puteri Ariffia.
 


Mahkota Miss Indonesia dipasangkan langsung oleh jawara Miss Indonesia 2022 Audrey Vanessa Susilo asal Sulawesi Utara dan Miss World 2024 Krystyna Pyszkova. Setelah ajang ini, Monica akan mewakili Indonesia dalam ajang Miss World ke-72 mendatang.

Selain Monica Keiza Sembiring yang berhasil keluar sebagai pemenang, diumumkan juga tiga finalis yang menyabet gelar lain, yakni Virjinia Martina asal Papua Pegunungan yang menjadi Miss Persahabatan, Martha Lena asal Riau yang menjadi Miss Favorit, serta Jessica Jennie Laurianto asal Kalimantan Timur sebagai Miss Kulit Lembut.
 


Dihimpun dari akun media sosial resmi Miss Indonesia, Monica Keiza Sembiring lahir pada Januari 2022 dan merupakan anak bungsu dari dua bersaudara. Dia merupakan lulusan SMA Negeri 1 Medan dan telah lulus sarjana dari jurusan Teknik Kimia di Universitas Diponegoro Semarang.

Semasa kuliah, Monica rutin mengikuti beragam kegiatan di bidang sosial dan pendidikan, di antaranya pernah berpartisipasi dalam pembangunan Desa Seni di salah satu desa di Jawa Tengah dan pengadaan teknologi untuk salah satu smart village di Jawa Tengah.

Finalis Miss Indonesia dari Sumatra Utara ini bercita-cita menjadi pelopor dalam pemberdayaan perempuan di tempat kerja, pendidikan dan pelestarian lingkungan di seluruh Indonesia.
 


Untuk mencapai hal itu, Monica Sembiring ingin memperluas akses pendidikan dan peluang karier bagi perempuan Indonesia di seluruh pelosok negeri, khususnya di daerah pedesaan atau daerah-daerah dengan akses terbatas. 

"Monica ingin menjadi pelopor dalam pemberdayaan perempuan di tempat kerja, pendidikan, dan pelestarian lingkungan di seluruh Indonesia dengan cara memperluas akses pendidikan dan peluang karir untuk perempuan di seluruh negeri," tulis akun Miss Indonesia.

Selain aktif dalam berbagai kerja pemberdayaan masyarakat desa, Monica juga memiliki segudang prestasi, di antaranya dia pernah mendapat gelar Juara Harapan Indonesia Piano Competition 2013, Platinum Award Indonesia National Piano Festival 2014, Juara 2 Podcast Campus Indonesia, Juara 3 Medan Cover Face 2018 dan Juara 1 The Best Model Valentine 2023.

Berkat penampilannya yang memukau menurut para dewan juri, Monica berhasil meraih mahkota Miss Indonesia 2024, dan mencetak sejarah sebagai finalis dari Sumatra Utara pertama yang berhasil menyabet juara di ajang kontes kecantikan bergengsi itu. Sebelumnya, finalis asal Sumut belum pernah meraih mahkota Miss Indonesia sejak Miss Indonesia diselenggarakan mulai 2005.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Cerita Soleh Solihun di Balik Proses Produksi Film Dokumenter Harta Tahta Raisa

BERIKUTNYA

Teror Mengerikan Dalam Trailer Film Sengkolo Malam Satu Suro, Tayang 20 Juni 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: