Long drive menekankan pada kemampuan pemain untuk memukul bola sejauh mungkin dengan satu pukulan (sumber gambar: Pexels/Mick Haupt)

Long Drive, Cabang Golf yang Jadi Primadona Baru di Indonesia

20 August 2024   |   09:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Tren olahraga golf belakangan ini semakin diminati anak muda di Tanah Air. Olahraga luar ruang asal Skotlandia ini semakin populer sejak pagebluk Covid-19 melanda Indonesia. Bahkan, saat ini sudah banyak masyarakat yang menekuni hobi yang identik dengan olahraga kalangan menengah ke atas itu. 

Uniknya, golf ternyata juga memiliki cabang olahraga khusus yang mungkin masih kurang familiar di telinga awam. Yaitu long drive, atau olahraga golf yang menekankan pada kemampuan pemain untuk memukul bola sejauh mungkin dengan satu pukulan yang dilakukan oleh para pegiat di dalamnya.

Baca juga: Makin Ngetren di Kota Besar, Cek Biaya & Tip Bermain Golf Menurut Praktisi

Praktisi golf Leonardus Tanuwijaya mengatakan, fokus utama dalam long drive adalah kekuatan dan teknik untuk menghasilkan jarak terjauh dari tee menggunakan driver (klub khusus untuk pukulan jarak jauh). Long drive juga berbeda berbeda dari olahraga golf pada umumnya, di mana pegolf berlomba memasukkan dalam lubang (hall) dengan jarak tertentu menggunakan klab golf.

Para atlet long drive, menurutnya juga harus memiliki keahlian khusus yang memungkinkan mereka menghasilkan kecepatan kepala klub dan bola yang sangat tinggi. Salah satunya adalah dapat membuat bola terbang sejauh 300-400 meter, atau lebih dalam kondisi optimal.

"Sesuai namanya, tujuan utama dari long drive adalah memukul sejauh-jauhnya [bola golf]. Dari swingnya saja juga sudah berbeda, yang kalau serius bisa dikulik stiknya lagi," katanya saat ditemui Hypeabis.id, belum lama ini di Jakarta.

Leo menjelaskan, stik long drive juga memiliki beberapa perbedaan utama dibandingkan dengan stik golf biasa, khususnya pada jenis klub driver yang digunakan. Beberapa di antaranya meliputi panjang, fleksibilitas, ukuran dan desain dari clubhead pada stik long drive, yang umumnya lebih besar, karena dirancang untuk menghasilkan sudut pukulan yang optimal. 

Walakin, secara umum perbedaan utama antara stik long drive dan stik golf biasa terletak pada desain yang lebih spesifik untuk jarak maksimal dalam long drive. Yaitu dengan panjang shaft yang lebih panjang, loft yang lebih rendah, dan fleksibilitas yang lebih kaku.

"Jadi bisanya kalau kita main golf, driver kita itu panjangnya 44-45 inci, tapi di long drive itu bisa mencapai 48 inci. Sehingga memiliki shaft [batang klub] yang lebih panjang dengan derajat yang lebih kecil," imbuhnya.

Terpisah, CEO Senayan Golf Club sekaligus Founder Indonesia Long Drive Championship, Yakup Hasibuan mengatakan, seiring berkembangnya olahraga golf di Indonesia, kiwari juga mulai banyak bibit-bibit atlet long drive Indonesia yang bisa bersaing di level nasional bahkan internasional. 

Melihat tingginya minat dan antusiasme inilah yang akhirnya membuat pihaknya menginisiasi kegiatan Indonesia Long Drive (ILD) Championship untuk menyemarakkan industri sport tourism dan sportainment di Tanah Air. Kegiatan ini sendiri dijadwalkan akan berlangsung pada 4-5 Oktober 2024 di Senayan Golf Club.

Ihwal turnamen ini diadakan untuk mencari bibit - bibit atlet Long Drive diluar Pro Golfer. Asosiasi Asia Long Drive dan European Long Drive juga sudah memvalidasi adanya Indonesia Long Drive dan memberikan golden ticket untuk juara Indonesia bisa bertanding di level Asia dan Eropa. 

"Golf adalah olahraga yang dulu identik dengan orang tua. Namun sekarang trennya berubah lewat fenomena pandemic golf. Saat ini olahraga golf juga mulai digeluti perempuan, di mana ada kompetisi bergengsi Asian Golf yang diikuti oleh para generasi muda," katanya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

 

SEBELUMNYA

Mengenal Subak, Warisan Budaya Dunia yang Jadi Tema Indonesia Bertutur 2024

BERIKUTNYA

Rahasia Kulit Bening Bercahaya, Tren Glass Skin dari Korea

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: