Para pegolf terbaik dunia yang bakal berlaga di Indonesian Masters 2023 dalam acara konferensi pers di Royale Jakarta Golf Club, Selasa (14/11/2023). Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Indonesian Masters 2023 Siap Digelar, Ratusan Pegolf Terbaik Dunia Bakal Berlaga

14 November 2023   |   19:23 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Turnamen golf profesional berskala internasional BNI Indonesian Masters presented by Tunas Niaga Energi siap digelar pada 16-19 November 2023, di Royale Jakarta Golf Club. Tahun ini, Indonesian Masters akan diikuti oleh 144 pegolf dengan format stroke play individu yang dimainkan sebanyak 72 hole.
 
Indonesian Masters, yang tahun ini digelar untuk kesebelas kalinya, merupakan bagian dari International Series yang akan menyajikan pekan menghibur dari kompetisi golf kelas dunia. Sejak dimulai pada 2022, International Series telah menjadi salah satu acara unggulan Asian Tour yang bekerja sama dengan LIV Golf Investment.

Baca juga: Pencinta Golf Merapat, BNI Indonesian Masters 2023 Kembali Digelar di Jakarta Tahun Ini
 
Dengan variasi hadiah antara US$1,5 juta hingga US$2 juta, International Series telah menjadi marquee event di Asian Tour, diikuti oleh para pegolf terbaik dan elite dari Asia serta dunia.
 
Indonesian Masters 2023 akan menghadirkan laga dari para pegolf internasional seperti juara US Open 2010 yang juga peraih 15 gelar (PGA Tour dan European Tour), Graeme McDowell, juara 6 turnamen European Tour Thomas Pieters, pemenang 3 gelar International Series Andy Ogletree, serta juara Indonesian Masters 2014 Anirban Lahiri.
 
Selain itu, ada pula juara Indonesian Masters dua kali Poom Saksansin, juara Asian Games 2023 Taichi Kho, dan juara bertahan Indonesian Masters, Sarit Suwannarut. Selain itu, juara US Masters 2018 dan peraih sembilan gelar PGA Tour Patrick Reed pun bakal memanaskan persaingan untuk menjadi unggulan di Indonesian Masters 2023.
 

Para pegolf terbaik dunia yang bakal berlaga di Indonesian Masters 2023 dalam acara konferensi pers di Royale Jakarta Golf Club, Selasa (14/11/2023). Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

Para pegolf terbaik dunia yang bakal berlaga di Indonesian Masters 2023 dalam acara konferensi pers di Royale Jakarta Golf Club, Selasa (14/11/2023). Sumber gambar: Hypeabis.id/Luke Andaresta

 
Dua nama bintang internasional, yaitu Andy Ogletree dan Taichi Kho memiliki prestasi yang cemerlang di musim ini. Bakal bertanding d Indonesian Masters 2023, Ogletree dari Amerika Serikat merupakan juara spesialis International Series hingga tiga kali yakni International Series Egypt 2022, International Series Qatar 2023, dan International Series England 2023.
 
Pegolf berusia 25 tahun itu mengungkapkan berlaga di ajang Indonesian Masters 2023 bakal melengkapi karier laga International Series-nya di empat negara berbeda. Sebagai bagian dari Internastional Series, Ogletree mengatakan bisa memenangkan Indonesian Masters akan selalu menjadi targetnya.
 
"Bisa menang di Royale Jakarta akan memberikan kenangan dan kepuasan tersendiri bagi saya. Saya akan berusaha mendapatkan spot yang tepat untuk mengurangi bogey, dan mencoba untuk membuat birdie sebanyak mungkin. Itu selalu menjadi strategi yang baik," katanya dalam acara konferensi pers di Royale Jakarta Golf Club, Selasa (14/11/2023).
 
Sementara itu, Kho juga menjadi pegolf lain yang kini menjadi perbincangan di arena golf internasional. Baru saja beralih ke status profesional pada tahun ini, pegolf Hong Kong berusia 22 tahun tersebut langsung berhasil menjuarai World City Championship 2023 dan turnamen Asian Tour. Disusul dengan medali emas Asian Games 2023 pada Oktober lalu.
 
Pada pesta olahraga se-Asia tersebut, Kho menunjukkan kemampuannya dengan mengalahkan para pegolf Asia, seperti duo pegolf asal Korea Im Sung-jae dan Kim Si Woo, serta Lahiri asal India.
 
Kho mengakui bahwa tahun ini dia dalam kondisi yang fit begitupun dengan permainannya yang sedang bagus. Oleh karena itu, dia optimistis bisa mencatat hasil yang memuaskan di Indonesian Masters 2023. "Akan tetapi, para partisipan di turnamen besar ini pun merupakan pemain-pemain terbaik. Ini merupakan tantangan saya untuk bisa melampaui mereka,” katanya.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Asian Tour (@asiantour)

 
Sementara itu, Indonesian Masters 2023 juga akan menampilkan 15 pegolf profesional terbaik Indonesia, dan dua pegolf amatir Indonesia. Salah satu harapan Indonesia di turnamen International Series tersebut adalah Naraajie Emerald Ramadhanputra.
 
Pegolf berusia 22 tahun ini mulai menjalani karier profesionalnya sejak Juni 2022. Namun, Naraajie telah mengoleksi 3 gelar internasional di Asian Development Tour yakni OB Golf Invitational 2022, PIF Saudi Open 2022, dan Singha Laguna Phuket Open 2023, serta 1 gelar turnamen nasional Seri XI Indonesian Tourism Golf Pro Series 2023.
 
Bertanding di depan publik Indonesia menumbuhkan motivasi sendiri bagi Naraajie. Satu-satunya pegolf Indonesia yang memegang kartu Asian Tour tersebut berharap bisa mencapai hasil terbaik untuk penampilan keenamnya dalam di Indonesian Masters 2023.
 
Dia bercerita pernah lolos cut 2 kali yakni pada 2017 dan 2019. Namun, kala itu dirinya masih berstatus amatir. Tahun lalu, ketika Indonesian Masters menjadi bagian International Series, dia gagal lolos cut. Diakuinya, persaingan tahun lalu terasa lebih ketat dibandingkan Indonesian Masters 2019. "Saya banyak mengambil pelajaran tahun lalu. Harapannya, saya bisa meraih hasil terbaik di Indonesian Masters 2023,” ucapnya.

Founder Indonesian Masters Jimmy Masrin mengatakan sejak dimulai pada tahun 2011, Indonesian Masters telah mendorong pegolf Asia, khususnya pegolf Indonesia sebagai tuan rumah, untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka dan bersaing di level yang lebih tinggi. 
 
Menurutnya, melalui Indonesian Masters, pegolf Indonesia telah berjuang untuk sejajar dengan pegolf dari Asian Tour. Peningkatan status Indonesian Masters sebagai bagian dari International Series telah meningkatkan level persaingan di turnamen. Level kompetisi elite berhadiah jutaan dolar, katanya, akan diikuti oleh pemain luar biasa, yang belum pernah terjadi sebelumnya di Asia.
 
"Ini tentunya mendorong para pegolf di Tanah Air untuk lebih terpacu dan berlatih lebih keras agar bisa bersaing di turnamen Indonesian Masters," katanya.
 
Dia juga menilai bahwa gelaran Indonesian Masters turut memajukan industri golf di Tanah Air. Acara ini, ucapnya, telah membuat Indonesia terutama Jakarta, menjadi destinasi wisata golf terbesar pada bulan November, lantaran menjadi sorotan para pemain golf kelas dunia.
 
Turnamen Indonesian Masters pertama kali digelar pada tahun 2011. Pegolf Inggris Lee Westwood tercatat sebagai juara pada turnamen perdana, termasuk pemenang pada dua laga berikutnya tahun 2012 dan 2015.

Sementara Jazz Janewattananond dari Thailand meraih gelar Asian Tour Order of Merit 2019 berkat kemenangannya dalam Indonesian Masters 2019. Tahun lalu, pegolf Thailand, Sarit Suwannarut, menjadi juara Indonesian Masters dalam debutnya sebagai bagian dari International Series.
 
Selain Westwood dan Jazz, para pegolf yang pernah menjuarai turnamen Indonesian Masters meliputi Bernd Wiesberger (2013), Anirban Lahiri (2014), Poom Saksansin (2016 & 2018), dan Justin Rose (2017). 
 
Tahun ini, sejumlah turnamen International Series telah berlangsung di berbagai negara seperti Oman, Qatar, Thailand, Vietnam, Inggris, dan Skotlandia. Sebelum berlangsung di Indonesia, International Series telah lebih dulu singgah di Singapura pada bulan Oktober 2023.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Adu Nyaman Motor Sport, Naked Bike Lebih Jago Libas Kemacetan dibanding Fairing

BERIKUTNYA

Instalasi Bilik Unik di Bintaro Design District 2023, Punya Pesan tentang Merawat Lingkungan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: