Ilustrasi glass skin. (Sumber Foto: Freepik)

Rahasia Kulit Bening Bercahaya, Tren Glass Skin dari Korea

20 August 2024   |   10:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Glass skin kini menjadi tren kecantikan terbaru asal Korea Selatan, setelah sebelumnya mereka mempopulerkan riasan dewy skin. Adapun glass skin sendiri mengacu pada tampilan kulit yang terlihat sangat halus, bercahaya, dan transparan seperti kaca.

Tren ini menekankan pada kulit yang sehat dan terhidrasi secara optimal, sehingga tampak bercahaya dari dalam. Intinya, bukan hanya penggunaan produk kosmetik, tetapi juga tentang menjaga kesehatan kulit dengan perawatan yang konsisten. Untuk mencapai tampilan glass skin, biasanya dilakukan rutinitas perawatan kulit yang intensif seperti double cleansing, eksfoliasi, penggunaan toner, serum, pelembap, dan tabir surya.

Baca juga: 3 Tren Kecantikan dari Sephora Edisi Fall/Winter, Ada Cloud Makeup sampai Glass Skin Glo-Up

Selain itu, penting sekali untuk menghidrasi kulit dari dalam maupun luar, dengan penggunaan produk yang mengandung bahan-bahan seperti hyaluronic acid, ceramide, dan niacinamide supaya mendapatkan kulit yang kenyal dan bercahaya. Nah Genhype, berikut adalah tips untuk menciptakan tampilan kulit glass skin yang bening bercahaya.
 

1. Rutin Membersihkan Kulit

Lakukan double cleansing setiap hari, mulailah dengan mengaplikasikan pembersih berbasis minyak untuk mengangkat kotoran dan makeup. Selanjutnya gunakan pembersih berbasis air untuk membersihkan sisa-sisa kotoran dan minyak secara mendalam.

Double cleansing akan membuat kulit jadi lebih bersih, sehingga memungkinkan produk skincare berikutnya dapat menyerap dengan lebih baik ke dalam kulit. Bersihkan wajah dua kali sehari, terutama pada malam hari supaya kotoran, minyak, dan makeup yang menumpuk seharian bisa hilang.
 

2. Eksfoliasi Kulit Secara Teratur

Eksfoliasi akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan membuat kulit tampak kusam. Kulit akan terasa lebih halus dan tampak lebih cerah, karena proses eksfoliasi membuat pergantian sel kulit lebih cepat. Eksfoliasi bisa dilakukan 1-2 kali seminggu, jangan terlalu sering karena bisa membuat kulit kering.

Pilih produk eksfoliator dengan kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid) yang akan melarutkan ikatan antar sel kulit mati, sehingga lebih mudah diangkat dari permukaan kulit. AHA cocok untuk kulit kering atau sensitif, sedangkan BHA lebih efektif untuk kulit berminyak atau rentan berjerawat.
 

3. Gunakan Toner yang Melembapkan

Toner adalah berfungai untuk menyeimbangkan pH kulit dan menyiapkan kulit untuk produk perawatan berikutnya. Pilih toner yang berfungsi melembapkan, bukan yang hanya berfungsi menghilangkan sisa-sisa kotoran.

Toner yang mengandung hyaluronic acid atau glycerin membantu mengunci kelembapan di kulit dan menjaganya tetap kenyal dan lembap sepanjang hari. Toner berbasis air juga dapat membantu menenangkan kulit yang kemerahan atau iritasi.
 

4. Pilih Serum yang Mencerahkan

Untuk mencaliptakak tampilan glass skin, pilih serum dengan kandungan antioksidan yang juga mencerahkan. Gunakan produk yang mengandung Vitamin C sebagai antioksidan yang kuat. Bahan ini akan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, serta mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam atau hiperpigmentasi.

Pilih juga produl dengan kandunhan Niacinamide atau vitamin B3 yang dapat memperbaiki tekstur kulit, mengurangi peradangan, mengecilkan pori-pori, dan memperbaiki warna kulit secara keseluruhan. Tak ketinggalan, Hyaluronic acid juga penting untuk menghidrasi dan menarik air ke dalam lapisan kulit sehingga membuatnya tampak lebih kenyal.
 

5. Gunakan Pelembap dan Tabir Surya

Langkah terakhir untuk menciptakan tampilan glass skin adalah memastikan kulit tetap terhidrasi sepanjang hari dan terlindungi dari sinar UV. Pelembap sangat penting untuk semua jenis kulit, bahkan kulit berminyak sekalipun. Pilih produk yang ringan dan non-komedogenik, sehingga tidak akan menyumbat pori-pori. Pelembap yang baik akan membantu mengunci kelembapan dari serum dan toner, menjaga kulit tetap kenyal dan lembut.

Setelah pelembap, gunakan tabir surya ber-SPF tinggi sebelum keluar rumah. Sinar UV adalah penyebab utama penuaan dini, kerusakan kulit, dan hiperpigmentasi, yang bisa menggagalkan usahamu untuk mendapatkan tampilan glass skin.

Gunakan tabir surya yang memiliki perlindungan spektrum luas untuk melindungi kulit dari UVA dan UVB. Penggunaan tabir surya secara teratur juga akan membantu mempertahankan hasil perawatan kulit, sehingga membuat kulit awet muda, cerah, dan bersinar.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Long Drive, Cabang Golf yang Jadi Primadona Baru di Indonesia

BERIKUTNYA

Prapendaftaran Pokemon Trading Card Game Pocket Dibuka 30 Oktober 2024,

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: