Erwin Gutawa di konser Chrisye Live. (Sumber gambar : indonesiabertutur.kemdikbud.go.id)

Komposer Erwin Gutawa Mengenang Musisi Chrisye: Legenda Musik yang Tak Lekang oleh Waktu

18 August 2024   |   18:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Lagu-lagu musisi Chrisye seakan telah menjadi bagian dari soundtrack kehidupan banyak orang di Indonesia. Dari generasi ke generasi, karya-karya pemilik nama lengkap H. Chrismansyah Rahadi itu terus dikenang dan dinyanyikan, menjadikannya sosok yang tak lekang oleh waktu di dunia musik Tanah Air.

Erwin Gutawa, musisi dan komposer ternama Indonesia, memiliki pandangan yang mendalam mengenai figur tersebut. Bagi Erwin, Chrisye bukan sekadar rekan kerja atau seorang penyanyi biasa. Dia adalah seorang legenda yang memberikan inspirasi tak hanya bagi dirinya, tetapi juga bagi generasi muda yang bercita-cita meniti karier di dunia musik.

Baca juga: Terbius Konser Chrisye Live by Erwin Gutawa, Ketika Sang Legenda Musik itu Kembali ‘Hadir’ di Panggung Indonesia Bertutur

Erwin mengungkapkan betapa hebatnya perjalanan karier Chrisye yang penuh dedikasi dan konsistensi dalam bermusik. Bahkan hingga sampai mendekati akhir hayatnya, Chrisye tetap bermusik dan mampu menelurkan sebuah album.

"Chrisye itu adalah seorang legenda dan tokoh musik Indonesia. Dia mulai rekaman dari 1975 sampai 2005. Dia aktif rekaman dan bikin album, dan salah satu yang hebatnya adalah nggak ada albumnya yang gagal, semuanya terkenal," ungkap Erwin dalam alam konferensi pers Chrisye Live by Erwin Gutawa di perhelatan Indonesia Bertutur 2024, belum lama ini. 

Keberhasilan Chrisye dalam menjaga kualitas dan popularitas albumnya dari tahun ke tahun menjadi bukti nyata dari dedikasi dan kecintaannya pada musik. Bagi Erwin, hal ini seharusnya menjadi teladan bagi para musisi muda yang sedang merintis karir.

"Kalau kita berkecimpung dan serius bermusik atau berkarir, ternyata bisa selama itu karirnya. Bahkan sampai mau meninggal pun dia masih punya album, punya lagu," tambahnya.

Chrisye juga dikenal sebagai sosok yang terbuka dan mampu bekerja sama dengan banyak musisi dari berbagai latar belakang. Hal ini, menurut Erwin, merupakan salah satu alasan mengapa Chrisye bisa bertahan lama di industri musik dan tetap relevan hingga kini.

"Chrisye itu salah satu orang yang bisa bekerja sama dengan banyak orang. Saya tuh sudah urutan yang keberapa sebetulnya dan baru mulai bekerja sama pada 1994 sedangkan Chrisye sudah berkarier sejak 1975 dan telah bekerja sama dengan banyak musisi-musisi besar,” tuturnya.

Selain itu, keberagaman karya Chrisye yang mencakup berbagai genre, mulai dari balada cinta, lagu yang ngebeat, hingga lagu-lagu yang menyentuh isu-isu sosial dan religi, menjadikannya seorang musisi yang komplit. Menurut Erwin, Chrisye adalah sosok yang sangat terbuka sehingga koleksi karyanya sangat luas dan mencerminkan ketertarikannya pada berbagai aspek kehidupan.

“Chrisye ini salah satu artis atau penyanyi atau musisi yang punya koleksi karya yang sangat komplit genrenya. Dia bisa menyentuh orang Indonesia dari berbagai kalangan dan generasi lewat keterbukaannya dalam bermusik," jelas Erwin.

Tidak hanya di studio, keajaiban Chrisye juga terasa dalam setiap konser yang dia gelar. Untuk menghidupkan kembali sosok Chrisye di atas panggung, Erwin menggelar konser Chrisye Live by Erwin Gutawa yang digarap dengan konsep istimewa dan menjadi salah satu momen paling ikonik dan inovatif dalam sejarah musik Indonesia.

Erwin, sebagai penata musik dan konduktor dalam konser tersebut, mengungkapkan betapa luar biasanya pengalaman tersebut. Menurutnya, Chrisye Live bukan sekadar konser biasa. Setiap kali kita membawakan lagu-lagu Chrisye di panggung, saya selalu merinding. Walaupun beliau sudah tidak ada, tapi dia bisa tetap membangkitkan semangat tanpa kehadirannya," kata Erwin dengan penuh rasa kagum.

Bagi Erwin, Chrisye Live bukan hanya sekadar pertunjukan, tetapi juga bentuk penghormatan dan perayaan terhadap warisan musikal yang luar biasa dari seorang maestro. "Setiap kali kita panggungkan itu, saya selalu ingin mengingatkan kepada seluruh rakyat Indonesia, ini ada orang yang hebat dulu yang pernah mengilustrasi kehidupan cinta kita, kehidupan macam-macam bisa jadi lagu-lagunya dia," tutup Erwin.

Baca juga: Erwin Gutawa Gelar Konser Symphonesia November 2023, Intip Harga Tiket, Cara Beli, dan Line Up Musisi

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Misteri Blok Tjipetir, Jejak Sejarah Perdagangan Global dari Sukabumi

BERIKUTNYA

Indonesia Bertutur 2024: Merangkai Warisan Budaya dengan Kreativitas Masa Kini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: