Cuplikan video klip SATRU (Dok. Denny Caknan/YouTube)

5 Video Musik Indonesia yang Trending di YouTube sepanjang 2021

22 December 2021   |   12:28 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Saat ini, YouTube bisa dibilang platform andalan yang digunakan para musisi untuk merilis video musik atau video klip lagu-lagu mereka. Namun, selara pasar tidak dapat ditebak dengan pasti. Ada musisi yang sukses hingga video klipnya diputar jutaan kali, ada juga yang kurang beruntung.

Nah, memasuki penghujung tahun 2021, YouTube merangkum daftar video musik terpopuler di Indonesia sepanjang tahun ini. YouTube menilai konten video dan musik yang trending adalah konten yang mampu menyajikan pengalaman berbeda, otentik, dan spontan kepada penonton.

Jadi, apa saja sih video musik yang paling trending di Indonesia sepanjang 2021?
 

1. Denny Caknan x Happy Asmara-SATRU (103 juta views)


Video musik dari dua penyanyi yang kerap membawakan lagu-lagu berbahasa Jawa ini menjadi yang paling trending di Indonesia dengan lagu berjudul SATRU. Video mereka telah ditonton oleh lebih dari 103 juta kali. Menariknya, lagu SATRU ini merupakan karya pertama Denny Caknan di tahun 2021.
 

2. Jang Ganggu- Shine of Black (69 juta views)


Jang Ganggu adalah lagu yang diproduksi dan dibawakan oleh Shine of Black, kelompok musisi dari Papua. Liriknya yang menggunakan bahasa Papua dan melodi khas reggae yang menyenangkan dari lagu ini berhasil membuat banyak penonton Indonesia tertarik dengan lagu ini. Video musik yang menampilkan pantai dan keakraban masyarakat Papua ini telah ditonton lebih dari 69 juta kali.
 

3. Ungu & Lesti - Bismillah Cinta (54 juta views)


Lama tak mengeluarkan karya, Ungu akhirnya menggandeng penyanyi dangdut hit Lesti Kejora dengan merilis lagu religi berjudul Bismillah Cinta. Lagu ini bercerita tentang kebahagiaan para umat Muslim akan kehadiran bulan Ramadhan, tentang pandemi yang membatasi banyak hal dan hubungan cinta jarak jauh. Video musik kolaborasi pertama keduanya ini telah ditonton lebih dari 54 juta kali.
 

4. Hari Bahagia - Atta Halilintar & Aurel Hermansyah (55 juta views)


Lagu ini merupakan persembahan pasangan Atta dan Aurel untuk hari spesial pernikahannya. Seperti judulnya, lagu ini bercerita tentang kisah perjalanan mereka yang mulai dari masa bahagia, hingga masa sulit yang harus mereka hadapi. Ini juga menjadi ungkapan perasaan mereka yang merasa bahagia dan bersyukur atas ikatan pernikahan. Lagu kebahagian dua sejoli itu telah ditonton lebih dari 55 juta kali.
 

5. Andai Aku Bisa - Tulus, Erwin Gutawa Orchestra, Hasna Mufida (52 juta views)


Video musik yang dirilis pada 30 Maret 2021 ini adalah sebuah kolaborasi untuk memberikan tribute kepada alm. Chrisye yang telah menginspirasi banyak pihak melalui musiknya. Dilakukan secara virtual, Erwin Gutawa dalam proyek ini berkolaborasi dengan musisi ternama Indonesia, Tulus, serta Sign Language Performer, Hasna Mufida.

Lantunan suara Tulus yang merdu, serta komposisi musik Erwin Gutawa yang berkualitas membuat video ini ditonton lebih dari 52 juta kali.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

4 Ancaman Serangan Siber yang Harus Diwaspadai pada 2022

BERIKUTNYA

SMS Ucapan Selamat Natal Pertama di Dunia dalam Bentuk NFT Terjual 100.000 Euro

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: