Pelatihan Keamanan Siber (Sumber Foto: Freepik)

Info Pelatihan Cyber Security dari Google, Cisco & Alibaba di Digitalent Kominfo

16 August 2024   |   21:53 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Pada era modern yang makin canggih, penting sekali untuk mempelajari cyber security atau keamanan siber. Ini merupakan upaya untuk memberikan perlindungan informasi yang terdapat pada jaringan, komputer, dan perangkat lainnya dari serangan, kerusakan, atau akses ilegal.

Keamanan siber melibatkan perlindungan terhadap berbagai jenis ancaman seperti malware, phishing, ransomware, serangan Denial of Service (DoS), dan peretasan (hacking) oleh individu atau kelompok anonim dengan niat jahat seperti penipuan, pencurian, dan penyalahgunaan data. 

Baca juga: Eksklusif Onno W. Purbo: Sumber Daya Manusia Jadi Elemen Penting Menangkal Serangan Siber

Mempelajari keamanan siber akan memungkinkan individu atau organisasi untuk mendeteksi, mencegah, dan menanggapi ancaman ini secara serius dan efektif. Nah Genhype, kabar baiknya Digitalent Kominfo melalui Google, Cisco, dan Alibaba membuka pelatihan khusus dengan topik Cyber Security. Yuk, simak informasinya.


1. Pelatihan Google Cyber Security 

Pelatihan Google Cyber Security digelar secara onlne. Tanggal pendaftaran dimulai 15 Agustus-10 September 2024, dan tanggal pelatihan 18 September-17 November. Informasi selengkapnya bisa diakses melalui laman https://digitalent.kominfo.go.id/pelatihan/9400

Peserta akan belajar tentang keterampilan pemecahan masalah yang sangat dibutuhkan dalam dunia keamanan siber. Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan bisa memahami pentingnya praktik keamanan siber dan dampaknya bagi organisasi, mengidentifikasi risiko, ancaman, dan kerentanan umum, serta teknik untuk menguranginya

Melindungi jaringan, perangkat, orang, dan data dari akses tidak sah dan serangan siber menggunakan alat Manajemen Informasi Keamanan dan Kejadian (SIEM), danmendapatkan pengalaman langsung dengan Python, Linux, dan SQL.


2. Pelatihan Cisco Network Security

Pelatihan Network Security dari Cisco berlangsung secara online. Tanggal pendaftaran dimulai 15 Agustus-10 September 2024, dan tanggal pelatihan 18 September-31 November. Informasi selengkapnya bisa diakses melalui laman https://digitalent.kominfo.go.id/pelatihan/9404

Pelatihan Network Security dirancang untuk siswa Cisco Networking Academy® yang mencari keterampilan keamanan jaringan tingkat awal berorientasi karier. Target siswa termasuk individu yang terdaftar dalam program gelar teknologi di perguruan tinggi dan profesional IT yang ingin mengejar karier di bidang keamanan jaringan. 

Peserta didik dalam kursus ini dibekali dengan pengetahuan dasar yang diperlukan untuk menanggapi ancaman keamanan jaringan melalui berbagai langkah mitigasi ancaman.

Hasil yang diharapkan dari pelatihan ini adalah kemampuan peserta untuk mendesain, membangun, dan mengelola solusi keamanan jaringan yang efektif. Mencegah, mendeteksi, dan merespons ancaman siber. Memastikan kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan data dan sistem jaringan.


3. Pelatihan Alibaba Cloud Security

Pelatihan Alibaba Cloud Security dilaksanakan secara online. Tanggal pendaftaran dimulai 15 Agustus-10 September 2024, dan tanggal pelatihan 18 September-31 November. Informasi selengkapnya bisa diakses melalui laman https://digitalent.kominfo.go.id/pelatihan/9401

Adapun pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang praktik terbaik dalam keamanan cloud dan bagaimana mengamankan infrastruktur menggunakan layanan Alibaba Cloud. Pelatihan ini akan membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk melindungi data dan aplikasi di lingkungan cloud.

Hasil yang diharapkan mencakup, peningkatan pemahaman tentang keamanan cloud dan cara mengimplementasikannya di lingkungan Alibaba Cloud. Kemampuan untuk melindungi infrastruktur cloud dan data perusahaan dari ancaman keamanan. Penguasaan alat dan layanan keamanan untuk mengelola dan memantau lingkungan cloud dengan lebih efektif. 

Baca juga: Perusahaan Telekomunikasi Jadi Target Utama Serangan Siber, Ini Alasannya

Selain itu juga, kesiapan untuk menghadapi dan mengatasi insiden keamanan serta menyusun rencana pemulihan bencana yang komprehensif. Peserta akan lebih siap untuk mengelola dan melindungi infrastruktur cloud mereka, serta memastikan bahwa data dan aplikasi yang mereka kelola tetap aman dan terlindung.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Ada Pengibaran Bendera di Air dan Konser Kemerdekaan di Ancol Taman Impian

BERIKUTNYA

MEOVV Jadi Grup Idola Wanita Pertama dari The Black Label, Diduga Punya 5 Anggota

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: