Poster film Borderlands (Sumber gambar: Instagram/borderlandsfilm)

Review Film Borderlands, Aksi Kocak & Misi Berbahaya Karakter Gim Ala Eli Roth

15 August 2024   |   19:28 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Adaptasi film dari video gim  memang sudah galib dilakukan para sineas untuk dialihwahanakan dalam layar visual. Terbaru, sutradara Eli Roth kembali mengadaptasi gim populer Borderlands besutan Gearbox Software yang dirlis di bioskop global pada 9 Agustus 2024.

Borderlands merupakan permainan video bergenre first-person shooter (FPS) dengan elemen role-playing game (RPG). Game ini terkenal karena gaya visualnya yang unik, humor yang konyol, dan gameplay yang kooperatif antar karakter di dalamnya.

Namun, kali ini karakter-karakter tersebut dihidupkan dalam visual yang lebih imersif. Yakni lewat kisah seorang pemburu harta karun bernama Lilith (Cate Blanchett) yang memiliki reputasi buruk untuk menjelajahi dunia yang luas.

Baca juga: 10 Perusahaan Gim Lokal Bakal Meriahkan Gamescom 2024 di Jerman

Syahdan, Lilith dipanggil untuk kembali ke tempat asalnya setelah bertahun-tahun meninggalkan masa lalu yang gelap. Kali ini, dia bergabung dengan tim untuk menjalankan sebuah misi mencari sebuah artefak kuno bernama Tomb of the Ancients.
 
 


Adapun, tim tersebut terdiri dari Roland (Kevin Hart), seorang mantan tentara yang sangat terampil dalam bertempur; Tannis (Jamie Lee Curtis), seorang ilmuwan jenius yang mencari pengetahuan tentang artefak kuno; dan Claptrap, robot humoris yang sering menjadi sumber kekacauan.

Tomb of the Ancients merupakan artefak yang dipercaya memiliki kekuatan besar yang dapat menyebabkan kehancuran jika jatuh ke tangan yang salah. Dari sinilah mereka harus menghadapi berbagai makhluk supernatural dan ancaman berbahaya yang menguji keberanian dan kerja sama mereka.

Secara utuh Borderlands menggabungkan elemen aksi, petualangan, dan horor dengan nuansa komedi yang khas. Dengan urutan aksi yang intens dan karakter-karakter yang penuh warna, film ini juga menawarkan pengalaman seru dan menghibur bagi penikmat film-film aksi.

Momen ini terefleksi dari cuplikan video yang diunggah Lionsgate Movies di YouTube pada Februari lalu. Meskipun tidak semuanya mempertahankan gaya visual komik dari game, tapi elemen desain yang terinspirasi oleh dunia dan estetika Borderlands tetap terlihat.

Salah satunya lewat dunia yang eksentrik dan karakter yang berwarna-warni menjadi daya tarik utama film ini. Mengikuti jejak permainan video yang terkenal karena humornya yang konyol, film ini juga memanfaatkan komedi sebagai salah satu elemen utamanya.

Borderlandsmenjadi film ke sekian dari Eli Roth, yang dikenal karena karya-karya horornya seperti Cabin Fever (2002) dan Hostel (2005). Pada karya terbarunya ini Roth dengan cerang berhasil mengarahkan film dengan sentuhan khasnya, yakni dengan mempertahankan genre horor dan aksi, dengan cukup memikat dan khas.

Aksi Kevin Kiner yang berkolaborasi untuk mengkomposisi musik di film ini, juga berhasil menciptakan soundtrack yang mendukung suasana film.  Sineas C. Robert Cargill pun tak ketinggalan turut terlibat sebagai penulis skenario sejak kolaborasinya dengan Eli Roth dalam film The Black Phone (2022).

Sejak tayang sepekan lalu di Indonesia, rasa-rasanya penggemar video game juga tak boleh melewatkan film ini. Dengan nuansa komikal dan sedikit humor gelap, film ini juga patut  dinimati sambil menghabiskan momen liburan ketimbang mendekam di rumah.

Data film
Judul: Borderlands
Sutradara: Eli Roth
Penulis skenario: Eli Roth, Joe Crombie
Pemeran utama: Jamie Lee Curtis, Haley Bennett, Gina Gershon, Cate Blanchett, Ariana Greenblatt, Kevin Hart, Jack Black, Janina Gavankar.
Tanggal rilis: 9 Agustus 2024
Durasi: 1 jam 42 menit
Genre: Action, Adventure, Comedy, Sci-Fi, Thriller
Penayangan: Bioskop
Distributor: Lionsgate

Baca juga: Sinopsis & Daftar Pemain Film Tepatilah Janji, Angkat Edukasi Politik untuk Masyarakat

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Katy Perry Kembali dengan Single "Lifetimes" dan Video Musik yang Mengundang Perdebatan

BERIKUTNYA

Trauma Masa Kecil Dapat Picu Tindakan KDRT Saat Dewasa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: