Film Tepatilah Janji. (Sumber gambar: Asta Jaya Cinema)

Sinopsis & Daftar Pemain Film Tepatilah Janji, Angkat Edukasi Politik untuk Masyarakat

15 August 2024   |   10:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Komisi Pemilihan Umum (KPU) bekerja sama dengan Asta Jaya Centra Cinema, Padi Padi Creative dan Garin Workshop meluncurkan film drama komedi berjudul Tepatilah Janji. Digarap oleh sutradara kawakan Garin Nugroho, film ini dihadirkan sebagai bagian dari sosialisasi menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.
 
Tepatilah Janji merupakan lanjutan dari film Kejarlah Janji yang dibuat akhir tahun lalu untuk menyambut Pemilu 2024. Tepatilah Janji menyuguhkan kisah yang menguji proses, etika, serta laku pemimpin dan warga dalam Pilkada yang sudah mendekat.
 
Film Tepatilah Janji berkisah tentang keluarga Bu Pertiwi (diperankan oleh Cut Mini) dengan tiga anaknya. Politik masuk ke keluarga ini ketika putra tertuanya, Adam (Bima Zeno) mencalonkan diri sebagai lurah.

Baca Juga: Disutradarai Garin Nugroho, Film Kejarlah Janji Ajak Anak Muda Aktif dalam Pemilu
 
Pilkada yang diikuti Adam penuh kompetisi serta kompleksitas laku politik tanpa etika. Situasi ini akhirnya membawa reaksi beragam dari istri Adam, Tari (Faradina Mufti), serta adik-adiknya, Isham (Kevin Abani) dan Sekar (Shenina Cinnamon).
 
Cerita berlanjut tidak hanya tentang drama politik, tapi menjadi drama komedi dan drama percintaan. Di tengah euforia penduduk desa dan calo politik serta isu politik dinasti yang menyebar, ada urusan cinta ibu Pertiwi dengan Pak Janji (Ibnu Jamil) yang belum menemui ujung. 

Garin Nugroho selaku sutradara menjelaskan, film Tepatilah Janji menunjukkan bagaimana kepemimpinan diuji dari kemampuan mewujudkan janji, baik janji yang tertera pada konstitusi ataupun pada visi pribadi untuk kesejahteraan warga. Menurutnya, kepemimpinan semacam ini langka ditemui saat ini.
 
“Film ini diperlukan untuk pendidikan warga negara ketika politik kehilangan muruah dalam memandu masyarakat agar proses politik melahirkan masyarakat sipil yang sehat, kritis, dan produktif,” katanya.
 
 

Film Jadi Wahana Pendidikan

Garin juga menyampaikan film memiliki kemampuan untuk mempengaruhi opini, sikap, dan perilaku penontonnya. Dengan menggambarkan situasi, karakter, atau konflik tertentu, katanya, film dapat memicu diskusi sosial, perubahan budaya, atau pengaruh politik.
 
Sutradara berusia 63 tahun itu menambahkan film Tepatilah Janji menjadi medium civic education yang terbilang segar. Untuk diketahui, civic education adalah wahana pendidikan yang didesain untuk membina dan mengembangkan sikap masyarakat yang baik, cerdas, kritis dan partisipatif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
 
"Civic education menjadi sangat penting di tengah kompleksitas Pemilu di era media baru yang riuh rendah. Pendekatan drama komedi [di film ini] menjadi cara untuk mengelola warga pemilih di berbagai wilayah Nusantara,” kata Garin.
 
Mochammad Afifuddin, Ketua Komisi KPU periode 2022–2027, mengatakan film yang mengangkat kisah tentang Pak Janji dan Ibu Pertiwi ini merupakan salah satu cara KPU mensosialisasikan Pemilu, Pilkada, sekaligus edukasi untuk para pemilih. Cara ini dipilih agar baik Pemilu maupun Pilkada bisa disambut masyarakat dengan gembira.
 
“KPU ingin Pemilu dan Pilkada kita ke depan ini diselenggarakan dengan cara yang gembira, riang, dan tidak menakutkan. Media-media film, media-media yang menggembirakan, kita jadikan sebagai sarana sumber informasi sehingga semua pihak akan senang untuk 
kemudian menyukseskan Pemilu dan datang ke TPS pada Pilkada 27 November 2024 nanti,” katanya.
 

 

Daftar Pemain Film Tepatilah Janji

Film Tepatilah Janji dibintangi oleh jajaran aktor dan aktris berbakat Indonesia. Berikut adalah daftar permainnya.
 
  • Ibnu Jamil sebagai Pak Janji
  • Cut Mini sebagai Ibu Pertiwi
  • Shenina Cinnamon sebagai Sekar
  • Bima Zeno sebagai Adam
  • Kevin Abani sebagai Isham
  • Faradina Mufti sebagai Tari
  • Givina Lukita sebagai Lala
  • Siti Fauziah sebagai Rahayu
  • Whani Dharmawan sebagai Pak Widodo
  • Seteng Sadja sebagai Pak Ramli
  • Trio Timus (Theresia WD, Asriuni Pradipta, dan Irene Vista).
  • Trio Tikus (Koes, Daniel, dan Gepeng Kesana Kesini)
 
Adapun, film Tepatilah Janji akan tayang terbatas di bioskop-bioskop Indonesia pada 2024, serta beberapa televisi nasional dan OTT. Selain itu, pemutaran keliling juga akan dilakukan di ruang-uang publik, ruang-ruang pemutaran alternatif, dan layar tancap di berbagai daerah di Tanah Air. Jadwal pemutarannya akan diumumkan di akun media sosial KPU dan akun film Tepatilah Janji.
 

SEBELUMNYA

Sinopsis Film Kang Mak from Pee Mak, Komedi Horor yang Dramatis

BERIKUTNYA

Fakta Menarik Film Dokumenter Jung Kook I Am Still, Kisahkan Perjalanan Debut Solo

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: