Dekorasi kemerdekaan (Sumber gambar: Unsplash/ Tusik Only)

6 Ide Dekorasi Unik dan Menarik untuk Perayaan Kemerdekaan Indonesia

13 August 2024   |   07:31 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Tanggal 17 Agustus adalah momen istimewa bagi seluruh rakyat Indonesia untuk merayakan hari kemerdekaannya. Dalam menyemarakkan suasana HUT Republik Indonesia, publik biasanya akan mendekorasi rumah, kantor, maupun perkampungannya dengan tema kemerdekaan. 

Selama sebulan penuh, sudut-sudut kota di Indonesia akan dihiasi dengan dekorasi merah putih. Dekorasi ini memang identik dengan hari kemerdekaan. Merayakan HUT RI dengan dekorasi yang menarik bisa menjadi salah satu wujud kecintaan pada negara. Selain itu, dekorasi yang apik juga akan menciptakan suasana yang lebih segar dan meriah.

Saat ini ada banyak referensi dekorasi unik untuk perayaan kemerdekaan. Tidak harus mahal, dengan memanfaatkan barang-barang bekas pun juga bisa. Berikut adalah beberapa rekomendasi ide dekorasi 17 Agustus untuk perayaan kemerdekaan:

Baca juga: 7 Ide Lomba Kekinian untuk Rayakan 17 Agustus di Kantor


1. Gapura merah putih

Dekorasi kemerdekaan (Sumber gambar: Unsplash/Seorang Fadli)

Dekorasi kemerdekaan (Sumber gambar: Unsplash/Seorang Fadli)

Membuat gapura dengan tema Merah Putih akan menciptakan suasana perumahan jadi lebih semarak. Dekorasi gapura ini bisa diletakkan di gerbang depan atau pintu masuk sebelum memasuki perumahan atau perkampungan tertentu.

Sesuai temanya, gapura dibuat dengan kayu atau besi yang telah dicat dengan warna merah dan putih. warna ini memang identik dengan perayaan 17 Agustus. Untuk lebih mempercantik suasana, masyarakat juga bisa menambahkan desain Garuda untuk ditaruh di tengah.

Supaya lebih meriah, masyarakat juga dapat memasang bendera besar hingga kecil di samping kanan dan kirinya. Kemudian, untuk variasi, masyarakat juga bisa menambahkan banner atau tulisan khusus berisi kata-kata motivasi dari para pendiri bangsa.


2. Hiasan bendera kecil di sisi rumah

Dekorasi kemerdekaan (Sumber gambar: Unsplash/Rafael Atantya)

Dekorasi kemerdekaan (Sumber gambar: Unsplash/Rafael Atantya)

Umumnya, sepanjang bulan Agustus setiap rumah akan berhias dengan tema Hari Kemerdekaan. Paling minim adalah dengan memasang bendera Merah Putih di depan rumah. Namun, tahun ini tak ada salahnya melakukan beberapa tambahan dekorasi di beberapa sisi agar suasana rumah lebih meriah.

Salah satu caranya ialah dengan menghias sisi rumah dengan memasang bendera Merah Putih kecil. Pasanglah kain berwarna merah dan putih di sepanjang sisi rumah. Hal ini akan menciptakan suasana yang lebih semarak.

Jika perlu, tambahkan lampu hias dengan warna senada. Penambahan lampu ini akan membuat suasana rumah yang meriah lebih terlihat, terutama saat malam hari.


3. Hias pintu masuk dengan balon merah putih


Dekorasi meriah juga bisa diciptakan dengan penggunaan balon. Pintu masuk yang menjadi spot utama sebaiknya dihias semenarik mungkin, salah satunya dengan balon latex berwarna merah dan putih.

Balon disusun sedemikian rupa, kemudian ditempel di sisi pintu secara selang-seling. Untuk lebih meriah, tambahkan pula balon foil berbentuk angka atau huruf yang diletakkan di tengah atas pintu.

Setelah pintu utama, bagian dalamnya juga dapat dihias dengan penggunaan kertas krep. Bahan ini cocok digunakan untuk menghias atap atau langit-langit. Hal ini akan membuat setiap sudutnya penuh dengan nuansa kemerdekaan.


4. Lampion gantung di rumah


Lampion atau lampu hias dengan tema merah dan putih juga bisa memberikan efek indah di rumah. Dengan memakai lampion, penerangan rumah jadi terasa berbeda. Tak hanya indah, lampion juga bisa menciptakan suasana baru.

Lampion atau lampu hias bisa dibeli dengan harga terjangkau. Namun, masyarakat juga bisa membuatnya sendiri dengan kertas minyak, plastik merah putih, atau bahan lain. Gantunglah lampion di sudut-sudut rumah sesuai keinginan, pastikan seluruhnya telah terkonsep dengan baik.


5. Mural dinding kemerdekaan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Mural Osman (@muralosman)


Perayaan 17 Agustus juga dapat dimeriahkan dengan mural bertema kemerdekaan. Mural dapat dilukiskan di lorong-lorong perumahan atau dinding-dinding di pinggir jalan.

Tak hanya indah, mural juga bisa jadi wadah kreativitas bagi anak-anak muda di bidang seni. Mural bisa dibuat dengan tema merah putih, gambar pahlawan, maupun peristiwa proklamasi. Tak ada salahnya juga untuk membawa unsur tradisional, seperti tokoh pewayangan hingga pakaian adat agar menambah kekayaan gambar.

Mural dinding sebaiknya dikerjakan jauh-jauh hari. Selain harus memiliki konsep yang matang, mural juga biasanya membutuhkan waktu lama dalam pengerjaannya.


6. Lukisan 3D di atas aspal

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by (@rezky.rsx)


Jalanan perumahan warga biasanya polos-polos saja. Aspal jalan sebenarnya bisa jadi salah satu lokasi menarik untuk mendekorasi tema kemerdekaan. Salah satunya ialah dengan membuat lukisan 3 dimensi di atas aspal tersebut.

Lukisan 3 dimensi di atas aspal akan membuat kondisi jalanan yang tadinya polos, kini menjadi punya ilusi optik. Efek 3 dimensi selain indah, juga bisa membuat pengendara motor lebih memperlambat geraknya.

Hiasan di jalan bisa bermacam-macam, dari gambar yang memiliki tema kemerdekaan atau sekadar gambar-gambar alam. Jika gambarnya bagus, ini juga berpotensi viral dan jadi spot lokasi berfoto.

Baca juga: Begini Susunan Upacara Bendera Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Aktor Jackie Chan Punya Kegiatan Seru Selama di Indonesia

BERIKUTNYA

Banyak Talenta Gim Lokal Berkarier di Perusahaan Luar Negeri, Ogah Kerja di Indonesia?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: