Aktor Tom Cruise di acara penutupan Olimpiade Paris 2024. (Sumber gambar: Olympics)

Tom Cruise Ogah Pakai Stuntman dalam Aksi Menantang di Upacara Penutupan Olimpiade Paris 2024

12 August 2024   |   19:11 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Menonton aksi aktor Tom Cruise di film-film laganya mungkin sudah biasa. Namun, apa jadinya jika menonton aksi sang aktor secara langsung dalam menerjang adegan-adegan menantang dan berbahaya. Atraksi itulah yang Tom Cruise tunjukkan saat closing ceremony Olimpiade Paris 2024, Senin (12/8/2024) dini hari WIB. 

Aktor kondang itu sukses menyita perhatian publik dunia berkat serangkaian aksi menantang sekaligus mendebarkan di upacara penutupan Olimpiade Paris 2024 yang berlangsung di stadion Stade de France, Saint-Denis, Paris, Prancis.

Baca juga: Highlight Seru dari Penutupan Olimpiade 2024, Ada Aksi Tom Cruise hingga Billie Eilish

Aksi Tom Cruise merupakan bagian dari rangkaian seremonial penyerahan bendera Olimpiade dari Prancis ke Los Angeles yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas tahun 2028. Acaranya diawali dengan penyerahan bendera Olimpiade kepada Karen Bass, Wali Kota Los Angeles, yang didampingi pesenam Simone Biles.

Seremonial itu pun langsung diiringi penampilan dari penyanyi HER yang melantunkan lagu kebangsaan AS dan sejumlah lagu lainnya. Setelah membawakan lagu Star Spangled Banner, HER tampak berhenti sejenak dan mulai melantunkan soundtrack Mission: Impossible diikuti aktor Tom Cruise yang bersiap terjun dari atap stadion Stade de France.

Dengan tali dan sabuk pengaman, Tom Cruise tanpa ragu menerjunkan dirinya dari atap stadion menuju titik yang telah disiapkan untuknya. Di situ, sang aktor disambut oleh ribuan penonton serta para atlet dari kontingen AS yang telah berdiri membuat barikade jalan untuk Cruise.
 


Cruise lalu berlari menuju ke atas panggung untuk mengambil bendera Olimpiade yang dipegang oleh Simone Biles. Dengan gagah, aktor berusia 62 tahun itu memegang bendera dan berjalan menuju bawah panggung. Di situ, sudah ada sebuah sepeda motor yang siap ditunggangi Cruise.

Bendera Olimpiade ditancapkan di belakang motor, Cruise pun melenggang di stadion mengendarai motor tersebut sembari memamerkan sejumlah aksi bak di film laga.

Tak berhenti di situ. Rangkaiannya berlanjut dengan penayangan rekaman video yang menampilkan Cruise mengendarai motor tersebut di tengah KParis belatarkan Menara Eiffel. Dengan kecepatan tinggi, sang aktor menggeber motor tersebut lantas masuk ke pesawat lalu terbang menuju Los Angeles. 

Aksi berlanjut dengan adegan Cruise terjun bebas dari pesawat dan berlari menuju Hollywood Sign yang ikonik. Dia memanjat tanda Hollywood dan mengubah huruf O dari tanda tersebut menjadi lambang cincin Olimpiade. 

Lalu, ada pesepeda Kate Courtney yang menyusul Cruise di Hollywood Sign untuk mengambil bendera Olimpiade. Dengan sepedanya, Courtney membawa bendera menuju stadion untuk diserahkan kepada pelari cepat Michael Johnson yang sudah menunggu.

Sambil berlari diikuti dengan beberapa orang, Johnson menyerahkan bendera itu kepada pemain skateboard Jagger Eaton, yang akhirnya mengantarkan bendera ke Pantai Venice.

Di pantai tersebut, hadir sebuah panggung yang menampilkan sejumlah musisi LA seperti Red Hot Chili Peppers, Billie Eilish, dan Snoop Dogg, yang membawakan sejumlah lagu andalan mereka.

Red Hot Chili Peppers memainkan lagu Can't Stop, sebelum Eilish menyanyikan lagu hit terbarunya, Birds of a Feather. Sementara Snoop Dogg membawakan lagu Drop It Like It's Hot dan berduet dengan Dr. Dre untuk lagu The Next Episode.
 


Persiapan Panjang

Ben Winston, selaku Direktur Kreatif upacara penutupan Olimpiade Paris 2024, menuturkan rangkaian aksi tersebut telah disiapkan selama satu setengah tahun. Idenya ialah membawa bendera Olimpiade dari stadion Paris ke Los Angeles, dengan menampilkan rangkaian aksi yang spektakuler.

"Salah satu hal yang paling terkenal di LA adalah pantainya, jadi kami berpikir, bagaimana jika kami dapat membawa bendera itu ke LA, dan melakukan konsep yang luar biasa dan megah di pantai dengan semua seniman LA yang luar biasa. Ini sangat mengasyikkan," katanya dikutip dari Vogue.

Untuk merealisasikan ide tersebut, Winston pun langsung meminta Tom Cruise untuk melakukan aksi menantang. Menurutnya, tak ada orang lain yang cocok untuk melakukan aksi tersebut selain Cruise.

Awalnya, Winston mengajukan ide kepada Cruise untuk menggunakan stunt man dalam melakukan aksi tersebut, yang dimulai dengan mengambil bendera Olimpiade, turun dari atap Stade de France lalu melepas topengnya dan dilanjutkan oleh Tom Cruise, yang kemudian melompat keluar dari pesawat dan mendarat di Los Angeles.

Namun, sang aktor menolak tawaran tersebut dan dengan mantap bersedia untuk melakukan serangkaian aksi menantang tersebut. "Tom berkata ingin melakukan semuanya. Jadi itu adalah usaha besar dari aksi langsung ini dengan Tom melompat dari atap. Setiap elemen membutuhkan banyak kerja keras," kata Winston.

Aksi Cruise di upacara penutupan Olimpiade Paris 2024 mungkin memang tidak akan mengejutkan bagi sebagian orang. Pasalnya, sang aktor memang dikenal dengan sejumlah aksi berani dan totalitasnya dalam membintangi film-film laga.

Dalam lima film Mission:Impossible terakhir, Cruise diketahui telah memanjat Burj Khalifa, berpegangan pada sisi pesawat saat lepas landas, bergelantungan di helikopter, pergelangan kakinya patah saat berlari di sekitar atap-atap gedung London, melompat dari pesawat terbang, hingga mengendarai sepeda motor dari tebing.

Baca juga: Klasemen Akhir Medali Olimpiade Paris 2024, Indonesia Peringkat 39

Terbaru, Cruise telah merampungkan proses syuting film kedelapan Mission:Impossible yang dijadwalkan tayang pada 23 Mei 2025. Dia kembali bergabung dengan para pemain di musim sebelumnya seperti Ving Rhames, Hayley Atwell, dan Henry Czerny, serta beberapa nama baru seperti Nick Offerman, Katy O'Brian, Holt McCallany, dan Hannah Waddingham.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

8 Variasi Lauk Pauk yang Cocok Disantap dengan Nasi Uduk

BERIKUTNYA

Kurator Bambang Asrini Sebut Desain Istana Negara IKN Kurang Menggali Lokalitas Kalimantan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: