La Memo (Sumber Foto: Instagram/@nyong.memo95)

Hasil Kontingen Indonesia di Olimpiade 2024: La Memo Masuk Final & Fajar/Rian ke Semifinal

29 July 2024   |   19:02 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Kontingen atlet Indonesia mewakili berbagai cabang olahraga telah memberikan performa terbaiknya saat berlaga di Olimpiade Paris 2024. Pada Senin (29/7/2024) ada tiga cabang olahraga yang diikuti kontingen Indonesia, yakni selancar, dayung, dan bulu tangkis.

Beberapa dari mereka mencatatkan hasil yang memuaskan. Pada cabang olahraga selancar, Rio Waida turun di Heat 3 babak kedua selancar Olimpiade 2024. Atlet berdarah Jawa-Jepang tersebut melawan Jorduy Smith dari Afrika Selatan di Teahupo, Tahiti.

Baca juga: Profil & Prestasi Rifda Irfanaluthfi, Pesenam Pertama Indonesia Lolos ke Olimpiade

Selanjutnya ada La Memo yang bertanding di cabang olahraga dayung. Dia berlaga di semifinal E/F nomor single sculls, setelah kalah di babak sebelumnya.

Terakhir Indonesia akan berjuang di cabang bulu tangkis. Terdapat dua nomor pertandingan yang diikuti kontingen Garuda, yakni di ganda putra dan ganda campuran. Para atlet yang tampil ada Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Jonatan Christie.

Rinov/Pitha akan bertarung melawan wakil tuan rumah, Thom Gicquel/Delphine Delrue. Tim ini butuh kemenangan untuk membuka peluang lolos ke babak perempat final. Selanjutmy ada Fajar/Rian yang bertanding melawan tim tuan rumah, Lucas Corvee/Ronan Labar. Fajar/Rian diharapkan bakal membidik kemenangan kedua di Olimpiade Paris 2024.

Adapun Jonatan yang dijadwalkan maju untuk nomor tunggal putra, batal bertanding melawan Kevin Cordon hari ini. Kevin Cordon memutuskan untuk mengundurkan diri karena cedera siku kiri.

Berikut jadwal atlet Indonesia di Olimpiade Paris 2024 Senin, 29 Juli 2024
1. Rio Waida (Surfing) 06.00 WIB
2. La Memo (Dayung) 14.30 WIB
3. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Thom Gicquel/Delphine Delrue 15.10 WIB
4. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Lucar Corvee/Ronan Labar 16.00 WIB


Hasil Pertandingan Kontingen Indonesia di Olimpiade 2024 Hari Ini

Perjalanan atlet selancar ombak Indonesia, Rio Waida harus terhenti di babak kedua Olimpiade Paris 2024 setelah menempati urutan kedua pada babak eliminasi. Tampil pada Heat 3, Rio bersaing dengan wakil Afrika Selatan, Jordy Smith. Mereka berkompetisi di pantai Teahupo'o, Tahiti, Kepulauan Polinesia Prancis, Minggu (28/7/2024) siang waktu setempat atau Senin (29/7) pagi WIB.

Rio mencatatkan dua ombak terbaiknya dengan total 5,40 poin, masing-masing 4,67 poin dan 0,73 poin. Sementara Jordy Smith meraih total nilai 9,50 poin dengan dua ombak terbaik masing-masing 5,5 poin dan 4,00 poin untuk melaju ke babak ketiga. Rio kandas di babak kedua Olimpiade Paris 2024, serta mendapatlan hasil yang tidak lebih baik dari Olimpiade Tokyo 2020.

Cabang olahraga lainnya, ada dayung yang diwakili oleh La Memo yang menempati peringkat ketiga dalam babak semifinal E/F 1 nomor pertandingan dayung disiplin rowing individu scull (dua dayung) putra Olimpiade Paris 2024. La Memo bertanding di Vaires-Sur-Marne Nautical Stadium, Paris, Prancis, Senin, 29 Juli 2024. Dia mengantongi catatan waktu 7 menit 32,18 detik dan tertinggal sekitar 6 detik dari atlet Kazakhstan yang berada di urutan pertama.

Memo mengawali pertandingan dengan cukup baik dengan konsisten menempati posisi kedua mulai jarak 500 meter hingga 1.500 meter. Namun, memasuki akhir pertandingan, kecepatannya menurun sehingga disalip oleh Taeib Mohamed asal Tunisia dan Yakolev Vladislav. Vladislav sendiri tampil gemilang.

Dia berada di urutan ketiga hampir sepanjang pertandingan dan sukses menyalip dua pedayung yang ada di depannya, yakni Memo dan Taeib pada akhir pertandingan.

Vladislab finis dengan catatan waktu 7 menit 26,20 detik, unggul 3 detik dari Taeib yang menorehkan waktu 7 menit 29,64 detik. Berdasarkan hasil tersebut, Memo bersama Vladislav dan Taeib dipastikan lolos ke babak final E. Pertandingan mereka akan kembali digelar di Vaires-Sur-Marne Nautical Stadium, Paris, Prancis, pada Jumat, 2 Agustus 2024, mulai pukul 14.30 waktu Paris.

Pertandingan ini diadakan untuk memperebutkan posisi 25-30 cabang olahraga dayung disiplin rowing Olimpiade Paris 2024. La Memo sebelumnya gagal bersaing dalam perebutan medali usai finis urutan ketiga pada babak repechages dengan catatan waktu 7 menit 19,60 detik.

Berikut klasemen akhir semifinal E/F 1 rowing Olimpiade Paris 2024:
• Yakolev Vladislav (Kazakhstan) - 7 menit 26,20 detik
• Taeib Mohamed (Tunisia) - 7 menit 29,64 detik
• La Memo (Indonesia) - 7 menit 32,18 detik


Bulu Tangkis

Terakhir ada dua nomor pertandingn di cabang olahraga bulu tangkis yang memberikan hasil berbeda di Olimpiade Paris 2024. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melaju ke perempat final, sementara Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari mesti gugur.

Rinov/Pitha menelan kekalahan dari wakil tuan rumah Thom Gicquel/Delphine Delrue saat bertanding di Porte de La Chapelle Arena, Paris, Prancis, Senin (29/7/2024). Tim ini kalah dengan skor 13-21, 15-21 dan berakhir jadi juru kunci Grup A.

Awal yang buruk harus diterima Rinov/Pitha dalam memulai gim pertama. Mereka tertinggal cepat 2-5 bahkan sampai 3-11. Rinov/Pitha tak bisa keluar dari tekanan lawan sampai kalah di gim kedua dengan skor 15-21.

Berdasarkan hasil ini, Rinov/Pitha tidak lolos fase Grup A karena telah menelan kalah dua kali dan baru memetik satu kemenangan. Kekalahan sebelumnya mereka dapatkan saat bertanding melawan Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China).

Sementara itu, di nomor ganda putra, Fajar/Rian menghadapi wakil tuan rumah Lucas Corvee/Ronan Labar dalam partai terakhir fase grup Olimpiade Paris 2024 di Chapelle Arena, Senin (29/7/2024). Fajar/Rian membungkam Corvee/Labar dalam straight game alias 2 gim langsung, 21-13 dan 21-10.

Pada awal gim pertama, keduanya tampil dominan dengan unggul 4-1. Meski melawan tim yang mendapat dukungan penuh dari warga Prancis, Fajar/Rian tampil konsisten dengan mendulang poin demi poin. Hasilnya, pada interval gim pertama Fajar/Rian unggul jauh, 11-3, atas Corvee/Labar.

Pada gim kedua performa tim ini makin ciamik. Mereka unggul 6-1 sebelum menjauh 9-2 karena kesalahan Corvee. Fajar/Rian pun akhirnya menyudahi perlawanan Corvee/Labar dengan skor 21-10 sekaligus mengamankan tiket ke perempat final Olimpiade Paris 2024.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Menengok Harga Rata-rata Tiket Konser yang Kian Mahal, Apa Sebabnya?

BERIKUTNYA

Cerita Laura Basuki Santai Makan Tahu Meski Lakoni Adegan Berat di Heartbreak Motel

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: