Nasi uduk enak disantap dengan beragam lauk pendamping. (Sumber gambar: Freepik)

8 Variasi Lauk Pauk yang Cocok Disantap dengan Nasi Uduk

12 August 2024   |   17:25 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Nasi uduk menjadi salah satu kuliner khas Betawi yang nikmat karena rasanya yang gurih serta aromanya yang menggugah selera makan. Kenikmatan nasi uduk berasal dari proses masaknya yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan rempah-rempah seperti santan, serai, jahe, daun salam dan sebagainya.

Tak heran jika nasi uduk menjadi makanan yang digemari banyak orang. Nasi uduk biasanya disantap sebagai menu sarapan. Namun, kini nasi uduk juga hadir sebagai pilihan menu makan malam seiring banyaknya penjual yang menjajakan nasi uduk pada malam hari, seperti di warung tenda.

Bahkan, sangking populernya nasi uduk, tak sedikit pula resto dan franchise besar yang menawarkan menu khusus nasi uduk dengan ragam menu lauk pendamping. Ya, menikmati nasi uduk tentu tak afdol jika tidak dipadukan dengan lauk pauk pendampingnya.

Baca juga: 5 Varian Menu Nasi Goreng Khas Indonesia yang Wajib Genhype Coba

Nasi uduk yang gurih cocok dipadukan dengan banyak lauk pauk, mulai dari yang bercita rasa asih gurih hingga pedas, seperti ayam goreng, telur balado, bihun goreng, orek tempe, urap, dan semur tahu.

Sebaliknya, lantaran dimasak menggunakan santan, nasi uduk kurang cocok disantap dengan sayur-sayur bening seperti sayur sop, sayur bayam, dan sebagainya. Berikut adalah sejumlah variasi lauk pauk yang cocok dikombinasikan dengan nasi uduk.


1. Tempe orek

Tempe orek atau tempe goreng kecap adalah salah satu lauk favorit untuk pendamping nasi uduk. Tempe orek bisa disajikan dalam versi kering atau basah tergantung selera. Lauk satu ini jadi favorit karena rasanya yang manis dan gurih, serta tekstur tempe yang lembut. Selain itu, tempe orek juga menu yang relatif murah dan mudah dibuat.


2. Bihun/mi goreng

Bihun atau mi goreng juga jadi lauk pendamping nasi uduk yang umum disajikan. Pada nasi uduk Betawi, biasanya lebih sering dipadukan dengan bihun goreng yang dimasak dengan bumbu sederhana dan tambahan sedikit kecap.

Namun, ada juga yang memadukannya dengan mi goreng sebagai variasi. Biasanya, bihun atau mie goreng juga dimasak dengan tambahan potongan sayuran seperti kol, wortel, dan daun bawang.
 


3. Urap sayuran

Urap bisa menjadi pilihan menu sayur untuk nasi uduk. Urap adalah makanan khas Jawa yang terbuat dari sayuran yang direbus seperti kacang panjang, tauge, dan daun bayam yang diberi parutan kelapa tumis berbumbu. Rasa urap yang asin dan sedikit pedas cocok disantap bersama nasi uduk yang gurih.


4. Semur tahu, tempe, jengkol hingga daging

Semur menjadi lauk pendamping yang pasti selalu ada dalam nasi uduk Betawi. Semur biasanya terbuat dari tempe, tahu, telur, kentang, jengkol, atau daging, yang dimasak dengan rempah-rempah dan kecap manis. Nasi uduk yang gurih akan terasa nikmat dinikmati dengan semur yang bercita rasa asin dan manis. 


5. Ayam serundeng atau ayam balado

Lauk pendamping nasi uduk lainnya yang tak kalah nikmat ialah menu olahan ayam. Bisa berupa ayam goreng, ayam serundeng, ataupun ayam balado. Namun, ayam goreng dan ayam serundeng jadi lauk pendamping yang umumnya hadir dalam seporsi nasi uduk. Agar lebih nikmat, tambahkan sambal saat menyantapnya dengan nasi uduk.
 


6. Telur dadar dan telur balado

Menu olahan telur juga nyaris tak pernah absen sebagai lauk pendamping nasi uduk. Selain rasanya yang enak, menu telur juga digemari lantaran harganya terjangkau. Sama seperti ayam, telur juga dapat diolah menjadi berbagai menu lauk pendamping nasi uduk, mulai dari telur dadar, semur telur hingga telur balado. Jika ingin cita rasa yang lebih pedas, mungkin telur balado bisa jadi pilihan. 


7. Perkedel kentang

Perkedel juga bisa menjadi pilihan lauk pendamping nasi uduk. Perdekel ialah makanan yang terbuat dari kentang rebus halus yang dibumbui, lalu dibentuk bulat dan digoreng dengan kocokan telur. Perdekel digemari lantaran rasanya yang gurih dan teksturnya yang lembut.


8. Gorengan tempe, tahu dan bakwan

Gorengan hampir menjadi lauk yang tak pernah absen pada nasi uduk. Hampir di setiap warung nasi uduk pasti memiliki lauk gorengan yang beragam. Umumnya gorengan yang disajikan adalah tempe goreng, tahu goreng, dan bakwan. Walaupun rasanya sederhana, gorengan tetap nikmat ketika dipadukan dengan nasi uduk yang gurih beraroma.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Masinis Indonesia Sudah Bisa Operasikan Whoosh, Tak Cuma Mendampingi

BERIKUTNYA

Tom Cruise Ogah Pakai Stuntman dalam Aksi Menantang di Upacara Penutupan Olimpiade Paris 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: