Ilustrasi pameran buku. (Sumber gambar: Kate Bezzubets/Pexels)

Hypereport: Daftar Pameran yang Siap Digelar Paruh Kedua 2024, Expo Buku hingga Wedding

12 August 2024   |   16:22 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Besarnya minat masyarakat untuk mengunjungi berbagai acara pameran, membuat event organizer terus menghadirkan ragam agenda seru baik tingkat nasional maupun internasional. Hingga akhir 2024, terdapat sejumlah pameran yang siap digelar, dengan mengusung tema dan daya tarik yang berbeda-beda. 

Kreative Independent Clothing Kommunity atau Kick Fest akan kembali hadir di pengujung akhir tahun ini. Memasuki edisi ke-16, Kick Fest tahun ini akan digelar di dua kota yaitu di Malang pada 27-29 September 2024, serta di Bandung pada 1-3 November 2024.

Selain itu, ada juga Jakarta Wedding Festival (JWF) yang akan digelar pada 30 Agustus hingga 1 September 2024 di JCC Senayan Jakarta. Mengangkat tema Romantic in Coquette, JWF tahun ini akan menghadirkan lebih dari 500 vendor pernikahan profesional, dengan lebih dari 20 kategori pernikahan serta paket wedding yang menarik.

Baca juga laporan terkait: 
Hypereport: Agenda Konser Musik Akbar Siap Mengguncang Indonesia hingga Akhir Tahun
Hypereport: Booming Pameran Bawa Potensi Besar di Semester 2/2024
Hypereport: Menjaga Ingar Bingar Konser Musik Makin Berisik
Hypereport: Meneropong Kreativitas Pelaku Bisnis MICE Mengemas Event Besar

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah sejumlah pameran yang akan digelar hingga akhir tahun ini seperti yang telah dirangkum oleh Hypeabis.id
 

1. International Franchise License and Business Concept Expo & Conference (IFRA) 2024

Asosiasi Waralaba Indonesia (AFI) dan Dyandra Promosindo kembali menggelar International Franchise, License, and Business Concept Expo & Conference (IFRA). Acara yang berlangsung pada 16-18 Agustus 2024 di JCC Senayan ini menjadi platform menarik bagi para profesional di bidang usaha dan waralaba. IFRA 2024 juga akan berlangsung secara virtual melalui situs resmi IFRA Indonesia.

IFRA 2024 akan menghadirkan lebih dari 225 merek lokal dan internasional dari berbagai sektor industri seperti sektor industri makanan dan minuman, pakaian, kesehatan, pendidikan, teknologi dan inovasi, hingga kecantikan.

Selama tiga hari gelarannya, IFRA 2024 ditargetkan bisa mendatangkan  sebanyak 58.000 pengunjung yang terdiri dari pengusaha, investor, dan pemimpin industri, dengan target transaksi sebesar Rp1,5 triliun. 
 

2. Islamic Book Fair 2024

Pameran buku Islam terbesar di Indonesia akan kembali hadir. Tahun ini, Islamic Book Fair (IBF) akan berlangsung pada 14-18 Agustus 2024 di Hall B JCC Senayan Jakarta. Mengangkat tema Membangun Optimisme Umat Melalui Literasi Islami, pameran ini akan menghadirkan ribuan buku bacaan Islami dari sejumlah penerbit baik lokal maupun internasional.

Selain bursa buku, IBF 2024 juga akan diramaikan dengan sejumlah agenda menarik seperti bedah buku, kontak bisnis, jumpa tokoh nasional dan internasional, seminar, talkshow, lomba-lomba dan acara lainnya yang dikemas dengan pendekatan edutainment. IBF 2024 menargetkan sebanyak 120.000 pengunjung dengan nilai transaksi hingga Rp120 miliar.
 
 

3. Indonesia International Book Fair 2024

Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) kembali menggelar Indonesia International Book Fair (IIBF). Tahun ini, IIBF akan berlangsung pada 25-29 September 2024 di Hall Cendrawasih JCC Senayan Jakarta. Agenda ini akan diisi oleh sejumlah acara literasi menarik seperti pameran buku, Indonesia Right Fair, illustrator wall, talkshow, jumpa penulis, workshop hingga Ikapi Award.

Selain itu, untuk pertama kalinya, IIBF 2024 akan menghadirkan Story Market, ajang bagi para pemilik intellectual property (IP) bertemu dan menarik perhatian para buyer.

Para kreator seperti penerbit dan penulis akan diberi ruang untuk mempresentasikan IP mereka, di hadapan para buyer seperti rumah produksi dan produser. Dengan begitu, karya tulis mereka berpotensi untuk dialihwahanakan dalam beragam bentuk audiovisual. 
 

4. Jakarta Wedding Festival (JWF) 2024

Jakarta Wedding Festival (JWF) akan kembali hadir pada 30 Agustus-1 September 2024 di JCC Senayan Jakarta. JWF 2024 akan menawarkan inspirasi pernikahan impian bagi para pengunjung, dengan menghadirkan lebih dari 500 vendor pernikahan profesional dan lebih dari 20 kategori pernikahan serta paket wedding menarik.

Tahun ini, JWF mengangkat tema Romantic in Coquette yang terinspirasi dari tren estetika dan coquette Korea untuk menciptakan pernikahan idaman yang mewah, menawan, kental dengan nuansa penuh romansa, dan aksen monokrom. Pengunjung bisa menikmati JWF tanpa dipungut biaya alias gratis. 
 
 

5. Kickfest 2024

Kreative Independent Clothing Kommunity atau Kick Fest akan kembali hadir di pengujung akhir tahun ini. Memasuki edisi ke-16, Kick Fest tahun ini akan digelar di dua kota yaitu di Malang pada 27-29 September 2024, serta di Bandung pada 1-3 November 2024.

Kick Fest 2024 akan menghadirkan lebih dari 80 brand clothing lokal yang terkurasi dan puluhan komunitas dengan target lebih dari 60.000 pengunjung di 2 kota tersebut. Mengusung tema Sew-Stayin, Kick Fest 2024 mendorong kreativitas, inovasi dan menjadi inspirasi untuk mendukung industri clothing dan sektor pendukung lainnya sehingga tetap berkelanjutan pada masa mendatang. 
 

6. Fun Asia Expo 2024

PT Fun International selaku organizer bekerja sama dengan Grandeur Exhibition Group kembali menggelar pameran produk taman rekreasi Fun Asia Expo 2024.

Agenda ini akan digelar pada 21 dan 22 Agustus 2024 di Hall D2 JIExpo Kemayoran Jakarta. Di pameran ini, pengunjung, terutama investor, pengusaha, operator, ataupun masyarakat yang ingin berkecimpung di bisnis taman rekreasi, bisa mendapatkan informasi seputar produk dan peralatan penunjang bisnis taman rekreasi.

Fun Asia Expo 2024 akan diikuti oleh peserta dari berbagai negara seperti China dan Jepang, serta beberapa negara Eropa dan Amerika, yang telah berpengalaman dalam membangun taman rekreasi. Para peserta akan menampilkan berbagai produk taman rekreasi terbaru yang sesuai dengan konsep taman hiburan di Indonesia. 
 
 

7. Willow Baby Expo (Wilbex) 2024 

Pameran perlengkapan bayi Willow Baby Expo akan kembali digelar pada 5-8 September 2024 di Exhibition Hall Grand City Convex Surabaya. Pameran ini akan menghadirkan 250 lebih brand perlengkapan bayi yang menawarkan ragam produk dengan harga spesial, plus beberapa acara seru lainnya seperti talkshow dan hiburan. 
 

8. Halal Indonesia International Industry Expo 2024

Halal Indonesia International Industry Expo 2024 akan digelar pada 26-29 September 2024 di Hall 9 dan 10 ICE BSD City, Tangerang, Banten. Acara ini dibuat untuk memaksimalkan potensi industri halal di Indonesia ke kancah internasional.

Pameran ini akan menghadirkan stan-stan produk halal dari berbagai sektor seperti makanan dan minuman, farmasi, kosmetik dan perawatan pribadi, fesyen muslim, keramik dan peralatan makan, tekstil dan pakaian, serta pariwisata. Selain bazar, agenda ini juga dimeriahkan dengan acara-acara lain seperti business matching, business forum, talkshow, dan konsultasi halal. 
 

9. Pameran Kriya Nusa 2024

Pameran Kriya Nusa akan kembali dihelat pada 28 Agustus-1 September 2024 di Hall A dan B JCC Senayan Jakarta. Tahun ini, pameran seni kriya terbesar di Indonesia itu mengangkat tema Perajin Muda, Lestarikan Warisan Budaya.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Pameran Kriya Nusa 2024 akan menghadirkan ragam produk kriya kreatif dan berkualitas dari sejumlah UMKM binaan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di seluruh Indonesia. 

Baca juga: 4 Langkah Strategis Mengelola Kerumunan Agar Event Berjalan Lancar

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Sinema Indonesia Dibujuk Jadi Focus of Asia di Venice Film Festival

BERIKUTNYA

5 Fakta Trailer Squid Game Season 2: Cek Bocoran Permainannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: