Konser musik (Sumber gambar: Unsplash/Matty Adame)

Hypereport: Agenda Konser Musik Akbar Siap Mengguncang Indonesia hingga Akhir Tahun

11 August 2024   |   22:36 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Meriahnya perhelatan festival musik dan panggung konser di Indonesia, baik berskala nasional maupun internasional, masih akan berlanjut. Memasuki paruh kedua 2024, panggung pertunjukan musik bakal lebih semarak dengan acara-acara musik besar.

Sejumlah promotor telah aktif mengumumkan jadwal penyanyi internasional maupun lokal yang akan menggelar konser tahun ini. Selain itu, promotor lain yang memiliki IP festival besar juga telah bersiap menyuguhkan warna pertunjukan baru yang lebih meriah. 

Baca juga: Hypereport: Menjaga Ingar Bingar Konser Musik Makin Berisik

Satu hal yang menarik, saat ini konser musik di Indonesia tidak hanya terpaku pada satu genre musik saja. Sejumlah genre selain pop, seperti dari jazz, rock, hiphop, hingga EDM (electronic dance music) kini makin sering digelar dan menemukan celah pasarnya sendiri.

Hal inilah yang membuat industri konser musik di Tanah Air bakal berjalan lebih semarak hingga akhir tahun ini. Hampir setiap bulannya akan selalu ada pertunjukan musik besar yang digelar dan menjadi ajang hiburan bagi masyarakat.

Hypeabis.id merangkum sejumlah festival dan konser musik besar yang digelar hingga akhir 2024. Berikut adalah ulasannya.


LaLaLa Fest (23-24 Agustus 2024)

Setelah hiatus beberapa tahun, festival musik besar LaLaLa Fest akan kembali digelar. Berbeda dari gelaran sebelumnya, La La La Festival untuk pertama kalinya akan digelar di Jakarta tepatnya di JIExpo Kemayoran.

Festival ini akan berlangsung selama tiga hari, dari 23 Agustus hingga 25 November 2024. Tahun ini sejumlah musisi top internasional bakal kembali meraimaikan festival ini, dari Conan Gray, Madison Beer, Tory Kelly, Bruno Major, HOA, Vancouver Sleep Clinic, hingga Kirinji.

Tak hanya artis internasional, sejumlah musisi lokal populer, seperti Isyana Sarasvati, Maliq & D'Essentials, Eva Celia, Reality Club, The Adams, Ardhito Pramono, dan masih banyak lagi juga akan tampil. Tiket LaLaLa Fest 2024 bervariasi, dari dayly pass seharga Rp700.000 hingga 3 day pass yang dijual seharga Rp1,4 juta hingga Rp2,4 juta.


RIIZE (31 Agustus 2024)

Setelah menggelar konser SMTOWN pada September 2023, RIIZE akhirnya bakal mengunjungi Indonesia lagi. Boy group SM Entertainment itu akan menggelar fancon perdana bertajuk RIIZING Day di Hall 5 ICE BSD pada 31 Agustus 2024.

Syandra Global selaku promotor telah merilis harga tiket. Yang termurah adalah CAT 4 dengan harga Rp1.250.000 dan termahal CAT 1 Rp2,7 juta.

RIIZE pertama kali debut pada 4 September 2023 dengan lagu Get a Guitar. Setelah satu tahun berkecimpung di industri musik, mereka juga beberapa kali merilis karya populer, seperti Love 199, Memories, hingga Impossible.


Red Velvet (7 September 2024)

Jakarta menjadi salah satu kota yang bakal dikunjungi Red Velvet dalam lawatan mereka ke Asia tahun ini. Pertunjukan bertajuk 2024 Red Velvet Fancon Tour in Jakarta itu akan berlangsung 7 September di Beach City International Stadium.

Tur ini akan dimulai dari Seoul pada 3-4 Agustus, Bangkok 17-18 Agustus, dan Indonesia 7 September. Harga tiket fancon bervariasi, dari Rp1,6 juta hingga Rp3 jutaan.


Bruno Mars (11, 13 & 14 September 2024)

Awalnya, Bruno Mars hanya dijadwalkan tampil di Jakarta pada Jumat, 13 September dan Sabtu, 14 September. Namun, karena antusiasme yang tinggi, Bruno Mars menambah jadwal konsernya satu hari lagi, yakni pada Rabu, 11 September 2024.

Konser pelantun lagu Lazy Song ini memang sangat ditunggu. Pasalnya, Bruno Mars akhirnya kembali tampil di Indonesia setelah terakhir kali 10 tahun yang lalu. Tiket dijual bervariasi, dari Festival B seharga Rp2,75 juta hingga Gold VIP seharga Rp7,65 juta.


Super Junior (14 September 2024)

Super Junior bakal menyambangi Indonesia dalam konser bertajuk 2024 SUPER JUNIOR in JAKARTA. Konser ini akan digelar pada 14 September 2024 di Beach City International Stadium (BCIS). Jakarta merupakan destinasi terakhir konser Super Junior di tur Asia 2024.

Super Junior terakhir kali menggelar konser di Jakarta pada September 2023. Kala itu, mereka tampil dalam gelaran SMTOWN. Kini, mereka akan kembali tampil dalam format tur Asia bertajuk Super Show Spin-Off: Halftime. Harga tiket Super Junior bervariasi, dari CAT 5 seharga Rp1,6 juta hingga VIP seharga Rp3,8 juta.


Pestapora (20-22 September 2024)

Pestapora tahun ini akan digelar selama tiga hari, yakni pada 20-22 September 2024 di Gambir Expo & Hall D2 JIExpo Kemayoran Jakarta. Saat ini sudah ada 162 nama musisi yang telah diumumkan akan tampil di Pestapora 2024.

Sejumlah musisi yang akan tampil berasal dari genre dan generasi yang berbeda. Dimulai dari Efek Rumah Kaca, Juicy Luicy, King Nassar, Mocca, Maliq & D'Essentials, Endah N Rhesa, Frau, Isyana Sarasvati, JKT48, Project Pop, dan The Adams. Yang menarik, akan ada  Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang akan menjadi salah satu penampil di Pestapora 2024.
 

Sheila on 7 (28 September 2024)

Konser Tunggu Aku di Bandung akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada 28 September 2024. Bandung akan menjadi kota terakhir yang dikunjungi Sheila on 7 setelah sebelumnya menyambangi Samarinda, Makassar, Pekanbaru, dan Medan.

Konser kota terakhir ini diproyeksikan bukan hanya untuk mendatangkan para penggemar Sheila on 7 di Indonesia, melainkan juga mancanegara. Antusiasme konser di kota Bandung bisa dibilang sangat besar. Hal ini terbukti dari tiket konser yang telah ludes terjual dalam waktu singkat.


Synchronize Festival (4-6 Oktober 2024)

Synchronize Festival tahun ini akan digelar selama tiga hari, dari 4 Oktober hingga 6 Oktober 2024. Festival ini akan digelar di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta. Tahun ini festival ini secara khusus mengumumkan special line up yang berbeda.

Akan ada 13 pertunjukan istimewa sebagai bentuk ekspresi keberagaman, kebersamaan, dan perayaan keterhubungan masa lalu, sekarang, dan masa depan lewat seni budaya, dengan musik sebagai motor penggeraknya. Dalam edisi spesial tersebut, akan hadir pedangdut senior Elvy Sukaesih yang sudah berkarya selama 60 tahun di industri musik Indonesia.

Ada pula line up untuk merayakan lagu-lagu anak yang dibawakan oleh mantan penyanyi cilik, dari Dhea Ananda, Tri Kwek Kwek, Tasya Kamila, Tina Toon, dan masih banyak lagi. Yang cukup menarik lainnya, akan ada tribut untuk mendiang Benyamin Sueb yang bertajuk Brang Breng Brong: Benyamin Bikin Keributan.


Dua Lipa (9 November 2024)

Penyanyi Dua Lipa bakal menggelar konsernya di Indonesia pada 9 November 2024. Panggung penyanyi solo asal Inggris itu akan digelar di Indonesia Arena Senayan, Jakarta.  Konser ini merupakan bagian dari rangkaian konser Dua Lipa bertajuk Radical Optimisme Tour.

Konser di Jakarta ini menjadi bagian kedua dari rangkaian turnya di Benua Asia. PK Entertainment selaku promotor telah mengumumkan daftar harga tiket. Dimulai dari CAT 4 seharga Rp750.000 hingga VIP seharga Rp6,5 juta.


Isyana Sarasvati (16 November 2024)

Konser Isyana Sarasvati bertajuk Lost in Harmony akan berlangsung 16 November 2024 di Istora Senayan, Jakarta. Konser ini akan menjadi penanda perayaan satu dekade dirinya berkarya dan mewarnai belantika musik Indonesia.

Dalam konser ini, Isyana akan kembali menantang dirinya untuk masuk ke dalam perjalanan musik yang sudah sangat dekat dengan dirinya ketika kecil. Dia akan mengajak penonton memasuki perjalanan musikal yang indah. Lagu-lagu terbaik dari keempat albumnya, dari EXPLORE, Paradox, LEXICON, dan ISYANA akan dibawakan olehnya dengan aransemen spesial.

Baca juga: Hypereport: Meneropong Kreativitas Pelaku Bisnis MICE Mengemas Event Besar

Harga tiket konter dijual bervariasi berdasarkan kategori tempat duduk untuk menikmati konser ini.  Dimulai dari area festival yang dibanderol dengan harga Rp419.000 hingga kategori Redrose seharga Rp1.959.000.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Kolaborasi Cadas PAS Band x Shock Monkey Guncang Panggung 90s Festival

BERIKUTNYA

Hypereport: Booming Pameran Bawa Potensi Besar di Semester 2/2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: