The Palace Jeweler bersama Samuel Wattimena meluncurkan buku Nusantara (Sumber gambar: Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

Buku Nusantara Karya Samuel Wattimena, Lestarikan Keindahan Budaya Lewat Perhiasan

09 August 2024   |   19:05 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

The Palace Jeweler bersama maestro fesyen ternama, Samuel Wattimena, baru saja meluncurkan buku berjudul Nusantara. Buku ini merupakan puncak dari kolaborasi panjang keduanya dalam melestarikan keindahan warisan budaya Indonesia melalui perhiasan. 

Melalui bukunya, Samuel tidak sekadar menghadirkan koleksi gambar dan desain perhiasan, tapi jadi sebuah karya yang memadukan kecantikan perhiasan dengan cerita-cerita di balik warisan budaya Indonesia.

Dalam acara peluncurannya, dia menyampaikan filosofi dan inspirasi di balik buku ini, yang diharapkan mampu menginspirasi lebih banyak orang untuk melestarikan budaya Indonesia melalui perhiasan. 

Baca juga: Menengok Strategi Bisnis Sentuhan Mutiara, Jenama Perhiasan yang Usung Nuansa Nusantara

Samuel Wattimena, yang sudah lama berkecimpung dalam dunia desain perhiasan, mengungkapkan bahwa buku ini adalah hasil dari perjalanan panjangnya mengumpulkan, mengamati, dan mendalami kekayaan budaya Nusantara.

"Buku ini adalah bukti cinta saya terhadap kekayaan budaya Indonesia. Setiap perhiasan yang saya desain tidak hanya indah secara estetika, tetapi juga memiliki makna dan cerita yang mendalam," ujarnya.

Buku Nusantara menampilkan berbagai koleksi perhiasan tradisional yang terinspirasi dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Sumba hingga Toraja. Samuel membahas secara detail bagaimana setiap perhiasan dibuat, bahan-bahan yang digunakan, hingga filosofi yang melatarbelakangi setiap desain

Jelita Setifa, General Manager The Palace Jeweler, menjelaskan bahwa buku ini merupakan perwujudan komitmen mereka dalam menjaga dan melestarikan budaya Indonesia.

"Melalui buku Nusantara, kami ingin membagikan cerita-cerita pelestarian perhiasan Nusantara serta cerita perempuan-perempuan inspiratif Indonesia, sebuah perjalanan menembus rentang masa, demi melestarikan perhiasan juga budaya Indonesia,” ungkapnya. 
 

Desainer Samuel Wattimena saat acara peluncuran buku Nusantara The Palace X Samuel Wattimena di Jakarta (Sumber gambar: Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

Desainer Samuel Wattimena saat acara peluncuran buku Nusantara The Palace X Samuel Wattimena di Jakarta (Sumber gambar: Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

Buku ini menjadi media bagi The Palace Jeweler dan Samuel Wattimena untuk mengajak masyarakat lebih menghargai kekayaan budaya Indonesia dan peran penting perempuan dalam memajukan bangsa.

Di dalam buku ini, koleksi perhiasan Nusantara dikenakan oleh 21 perempuan inspiratif, menampilkan kisah-kisah dari para perempuan tersebut sekaligus menunjukkan bagaimana siluet perhiasan kuno Indonesia dapat diadaptasi menjadi modern dan relevan. 

Andien, salah satu figur publik yang hadir dalam peluncuran buku ini, mengungkapkan kekagumannya terhadap karya sang desainer. "Saya sangat terinspirasi oleh filosofi di balik setiap perhiasan dalam buku ini. Samuel berhasil membawa warisan budaya kita ke dalam perhiasan yang tidak hanya indah tetapi juga bermakna," katanya.

Sementara itu, Putri Tanjung, menambahkan bahwa buku ini merupakan langkah penting dalam mempromosikan budaya Indonesia kepada generasi muda. "Ini mengingatkan kita bahwa budaya Indonesia sangat kaya dan layak untuk dilestarikan. Saya berharap generasi muda bisa lebih menghargai dan bangga dengan budaya kita melalui karya-karya seperti ini," ujarnya.

Dengan tema "Perjalanan Menembus Rentang Masa", buku Nusantara menitikberatkan pada proses yang dijalani The Palace Jeweler dan Samuel Wattimena dalam mempertahankan komitmennya terhadap industri perhiasan Indonesia serta pemberdayaan insan kreatif.

Karya tersebut juga menampilkan keindahan dan diversitas perhiasan Nusantara, sekaligus menyoroti proses kreatif di balik setiap desain yang menggabungkan estetika tradisional dengan sentuhan modern.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

DOEUN Restaurant Tawarkan Sensasi Santap Kuliner Artisan ala Korea Selatan

BERIKUTNYA

Ini Perbedaan Tren Belanja Produk Kecantikan Gen Z & Milenial Sepanjang 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: