Menu DOEUN Restaurant (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

DOEUN Restaurant Tawarkan Sensasi Santap Kuliner Artisan ala Korea Selatan

10 August 2024   |   12:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Selain menjadi negara yang populer akan derap bisnis hiburannya, Korea Selatan juga telah lama dikenal sebagai surga kuliner yang memanjakan lidah. Kimchi, kimbab, dan aneka hidangan khas kuliner Korea Selatan sudah akrab diperkenalkan lewat tayangan-tayangan drama Korea Selatan.

Memikat secara visual, cita rasa hidangan Korea tak perlu diragukan lagi. Rasa asam-pedas dan gurih begitu populer dengan makanan-makanan dari negeri berjuluk Ginseng ini.

Baca juga: Ini 5 Restoran Khas Korea di Bilangan Senopati Jakarta yang Menarik Dikunjungi
 
Pengalaman santap kuliner Korea Selatan kini makin dekat dengan warga Jakarta. Sebuah restoran Korea bernama DOEUN hadir di Menteng untuk memanjakan selera hidangan Korea di tengah kota. Sosok Kim Doeun menjadi pelopor di balik berdirinya restoran bernuansa elegan di jantung Menteng, Jakarta.

Bekalnya sebagai chef mengantarkannya pada lahirnya DOEUN sebagai restoran yang memadukan cita rasa tradisional Korea dengan pengalaman bersantap kontemporer ala artisan.
 
Memulai bisnisnya dari balik dapur, DOEUN sempat dikenal berkat produk-produk frozen food seperti bumbu, saus, sirup, dan lainnya terkait hidangan Korea. Layanannya meluas hingga kelas memasak bagi ibu rumah tangga. Tak disangka, kini Chef Kim Doeun mengembangkan bisnisnya menjadi private dining hingga lahirlah restoran DOEUN.

 

Menu banchan DOEUN Restaurant (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

 
Berbekal pendekatan memasak ala tradisional, Kim Doeun mengembangkan resep-resep warisan ibunya. Dia mempelajari teknik mempersiapkan makanan, termasuk fermentasi.

“Saya tidak menggunakan garam, gula, atau bahan tambahan langsung ke dalam masakan untuk menciptakan rasa. Setiap hidangan di DOEUN dibuat melalui proses fermentasi yang panjang dan teliti,” ungkap Kim Doeun.

Baginya, teknik kuno ini justru membuat rasa dari hidangan lebih alami tetapi tetap kaya. Menonjolnya cita rasa ini dihasilkan dari teknik memasak yang mendorong tekstur ringan di mulut.
 
Restoran dengan interior modern yang dipoles dengan ornamen Korea secara halus ini menawarkan aneka menu unik. Beberapa menu yang diandalkan antara lain woodae galbi, hidangan berupa iga sapi yang diambil dari baris keenam hingga ke delapan. Daging pada baris tersebut dikenal memiliki tekstur yang lembut. Selain itu, dagingnya juga diasapi sebelum disajikan untuk menambahkan sentuhan aroma smoky.
 

Menu DOEUN Restaurant (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Menu DOEUN Restaurant (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

 
Chef Kim Doeun menyediakan woodae galbi dalam versi orisinal dan dimarinasi. Tujuannya agar pelanggan bisa menentukan seleranya dan preferensinya sendiri terhadap pilihan taste daging. Diamond cut galbi juga menjadi menu andalan dari DOEUN.

Daging sapinya sengaja dipotong membentuk pola berlian, kemudian dimarinasi dengan saus spesial yang diproses lebih dari 10 jam. Kaldu sapi yang lumer juga jadi rahasia racikan diamond cut galbi yang begitu spesial.
 
Belum selesai dengan menu daging, DOEUN juga memiliki butter dry aged beef, daging sapi yang telah melalui proses dry aging untuk membuat cita rasa lebih kaya. Kim Doeun bercerita, proses ini dilakukan dengan menggunakan mentega selama minimal 45 hari demi menyesuaikan bumbu-bumbu khas Korea Selatan yang terkenal kuat.
 

Menu DOEUN Restaurant (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Menu DOEUN Restaurant (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)


DOEUN juga memiliki japchae, makanan yang begitu populer dan sering hadir di drama Korea. Japchae merupakan hidangan sohun yang dicampur dengan berbagai jenis sayuran dan potongan daging sapi. Menariknya, japchae yang dimasak di restoran ini langsung disiapkan sesaat setelah pemesanan.

Penggunaan metode memasak rumahan yang meniadakan penggunaan minyak goreng juga membuat rasa yang lebih kaya pada hidangan japchae.
 
Salah satu menu yang difavoritkan pelanggan adalah sous vide octopus dengan gim puree. Semangkuk puree yang lembut disajikan dengan gurita yang dimasak dengan metode sous vide. Metode ini membuat gurita menghasilkan tekstur terbaik dengan teknik memasak yang memanfaatkan pengaturan suhu yang presisi. Lembutnya potongan gurita ini disajikan dengan paduan krim, mentega, dan rumput laut yang lumer di mulut.
 
Aneka menu andalan DOEUN bisa langsung dicicipi di restorannya yang beralamat di Jl. Yusuf Adiwinata No.29, Gondangdia, Kec. Menteng, Jakarta. Pelanggan bisa menjajal aneka menu dengan harga mulai dari Rp120.000 untuk makanan, dan Rp45.000 untuk minuman.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Tak Hanya Demi Estetika, Yuk Kenali Tatalaksana Liposuction

BERIKUTNYA

Buku Nusantara Karya Samuel Wattimena, Lestarikan Keindahan Budaya Lewat Perhiasan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: