iPhone adalah salah satu produk Apple (Sumber gambar/ilustrasi: pexels/ Kenejd Spahiu)

Bocoran Desain iPhone 16 yang Akan Meluncur pada September 2024

08 August 2024   |   21:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu perusahaan raksasa teknologi, Apple memang belum meluncurkan iPhone 16. Namun, gawai pintar dari perusahaan dengan logo buah apel itu sudah banyak beredar di dunia maya. Salah satu di antaranya adalah tata letak kamera yang serupa dengan iPhone 12 pada versi standar.

Dikutip dari MacRumors, iPhone 16 akan tersedia dalam berbagai model, yakni standar dan pro dengan 4 model. Keempat model gawai pintar terbaru dari perusahaan berlambang buah apel itu memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Baca juga: Cek Bocoran iPhone 17 yang Diperkirakan Rilis pada 2025

Model pro yang terdiri atas iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max masing-masing memiliki ukuran 6,3 inci dan 6,9 inci. Sementara itu, gawai pintar dengan versi standar memiliki ukuran sama dengan iPhone 15.

Manajemen memutuskan memberikan beberapa perubahan terhadap iPhone 16 versi standar, yakni iPhone 16 dan iPhone 16 Plus yang memiliki ukuran sama dengan versi sebelumnya. Secara keseluruhan, jajaran gawai pintar paling anyar dari Apple ini juga akan memiliki tombol tangkap baru.

Tombol tersebut memiliki fungsi mengambil foto dan video, seperti tombol rana di kamera digital yang dapat mendeteksi berbagai tingkatan pressure untuk memperoleh fokus dan mengambil gambar.

Berbeda dengan iPhone 13 dan iPhone 14, layout kamera iPhone 16 standar adalah vertikal dengan tonjolan berbentuk pil. Kamera yang tersemat di tonjolan tersebut terdiri dari lensa wide dan ultrawide yang terpisah.

Tidak hanya itu, gawai pintar versi standar ini juga memiliki mikrofon di samping lensa. Adapun, lampu kilat berada di luar tonjolan. Layout kamera yang ada pada iPhone 16 versi standar mirip dengan iPhone 12.

Pembaruan terhadap gawai pintar iPhone 16 juga terdapat pada tombol yang berada di sisi kanan. Manajemen meletakkan tombol pengambilan gambar baru di tempat yang biasanya menjadi posisi antena mmWave di iPhone lain. Sementara itu, antena mmWave akan dipindahkan ke sisi kiri bawah gawai.

Sementara itu, tim Apple disebut-sebut akan menyematkan kamera Ultra Wide yang mendapatkan peningkatan dengan sensor berukuran 48 megapiksel. Kamera ini memiliki fungsi seperti kamera utama 48 megapiksel dalam model pro. 

Sensor 48 megapiksel itu juga akan memiliki lensa hibrida 8 bagian dengan 2 elemen kaca dan elemen plastik di model pro max. Selain itu, model ini juga akan memiliki peningkatan terkait sensor telefoto dan ultra wide. Meskipun begitu, kedua model pro secara keseluruhan itu akan memiliki lensa telefoto 5x. Kamera periskop super telefoto juga akan tersemat di model pro max. Dari sisi tata letak kamera, iPhone 16 pro dan iPhone 16 Pro Max akan mirip dengan versi sebelumnya, yakni iPhone 15 pro dan iPhone 15 Pro Max. 

Dari sisi dapur pacu, laman itu juga menuliskan bahwa seluruh model iPhone 16 akan menggunakan chip A18 yang berbeda. Chip A18 dengan GPU yang lebih sedikit dapat digunakan untuk model iPhone 16 standar. Sementara itu, chip A18 yang memiliki GPU lebih baik akan disematkan di model pro.

Untuk mendukung aktivitas di dunia maya, tim Apple dikabarkan menggunakan modem Snapdragon X75 dari Qualcomm yang diklaim bisa digunakan dalam jaringan 5G untuk versi pro secara keseluruhan. Sementara model standar akan menggunakan Qualcomm X70.

Sementara itu, manajemen Apple juga disebut-sebut akan menyematkan baterai dengan kapasitas yang berbeda antara satu dengan yang lain. iPhone 16 akan memiliki baterai dengan kapasitas 3.561 mAh. Sementara, iPhone 16 Plus memiliki 4.006 mAh. Adapun, model pro dan pro max masing-masing memiliki kapasitas 3.355 mAh dan 4.676 mAh. Manajemen Apple diperkirakan akan meluncurkan gawai pintar paling anyar ini pada September 2024.

Terkait dengan informasi-informasi tersebut, tidak ada informasi resmi dari Apple yang membantah atau menyetujuinya – termasuk tentang rencana peluncuran gawai pintar dari perusahaan berlogo buah apel tersebut.

Baca juga: Fitur-fitur Terbaru iOS 18 Beta 2, Ada iPhone Mirroring

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

8 Nilai Luhur Nusantara di Lokapala, Gim Lokal yang Dipamerkan Menko Luhut

BERIKUTNYA

MUFFEST+ 2024 Gandeng 175 Jenama Lokal Menuju Pasar Global Modest Fashion

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: