Ksatriya Fahandro, Ksatriya Baru Lokapala dari Suku Nias. (Sumber: Studio Anantarupa)

8 Nilai Luhur Nusantara di Lokapala, Gim Lokal yang Dipamerkan Menko Luhut

08 August 2024   |   20:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia memiliki potensi besar dalam mengembangkan gim mobile. Hanya, pangsa pasar permainan terutama multiplayer online yang bertema pertarungan di dalam arena ini masih didominasi gim asing. Faktanya, Indonesia punya loh gim Multiplayer Online Battle Arena (MOBA).

Seperti yang diunggah Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalam laman Instagramnya.  “Ini adalah Lokapala. Gim MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) berbasis IP (Intellectual Property) yang dikembangkan oleh Anantarupa Studios,” tulis Luhut dalam keterangan foto dirinya tengah menunjukkan layar smartphone bergambar gim Lokapala di Instagram, Kamis (8/8/2024). 

Baca juga: Bigetron Delta Siap Rebut Gelar Bergengsi Esports Asia Tenggara di FFWS SEA 2024 Fall

Luhut menyebut Lokapala merupakan gim yang terinspirasi dari penelitian budaya, tokoh mitologi dan sejarah Nusantara. “Lokapala menjadi gim esports pertama asal Indonesia dan satu-satunya dari Asia Tenggara,” tegasnya.

 

Menko Luhut saat pamer gim Lokapala. (Sumber gambar: Instagram/Luhut Binsar Pandjaitan)

Menko Luhut saat pamer gim Lokapala. (Sumber gambar: Instagram/Luhut Binsar Pandjaitan)


Buat Genhype yang baru mendengar, Lokapala adalah gim Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang dibuat oleh pembuat game lokal, Anantarupa Studios. Gim ini pertama rilis di Indonesia pada 2020.

Lokapala memiliki latar cerita yang unik lantaran berlatar cerita Nusantara. Ya, gim ini terinspirasi dari relief pelindung jagad yang sudah terpahat sejak 1200 tahun yang lalu, terukir pada sepanjang panel Balustrade Candi Borobudur. 

Konsep ini juga diadaptasi di Candi Prambanan sebagai Astadikpala, dan digubah lebih lanjut menjadi nilai Astabrata. Dalam gim Lokapala, nilai-nilai Astabrata menjadi inspirasi delapan nilai Ksatriya yang dibagi berdasarkan delapan arah mata angin. 

Setiap Ksatriya Lokapala memiliki salah satu dari nilar luhur ini, juga dilindungi oleh penjaga delapan arah yang sama. Apa saja nilai-nilai Astabrata tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Vayu

Bhatara Vayu di barat laut mengatur angin agar senantiasa berhembus, membawa kehidupan bagi semua makhluk. Itulah sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yakni berdedikasi dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya agar membawa kesejahteraan bagi rakyatnya.

2. Varuna 

Bhatara Varuna pelindung barat bersifat seperti air, yakni tulus, jernih, dan mampu mengisi kekosongan dari tempat yang menampungnya. Seorang pemimpin harus jujur dan tulus dalam menjalankan tugasnya. Dengan begitu, dia dapat memenuhi segala kebutuhan rakyatnya.

3. Surya

Integritas dan kedisiplinan adalah sifat Bhatara Surya. Layaknya mentari yang tidak pernah terlambat terbit dan terbenam, seorang pemimpin harus memiliki integritas dan kedisiplinan yang tinggi untuk mencapai tujuannya. Melaksanakan dan berpegang pada prinsip luhur inilah yang membuat seorang pemimpin menjadi pribadi yang dapat dipercaya dan diandalkan oleh sekitarnya.

4. Chandra

Bhatara Candra menaungi timur laut dan selalu dilimpahi harapan juga pengetahuan. Seorang pemimpin diharapkan untuk memiliki pengetahuan yang luas sehingga dia bisa menumpas ketidaktahuan yang merajalela. Seorang pemimpin juga harus menjadi bulan di tengah gelap malam: menjadi pancaran sinar penuh harapan di tengah gelapnya keputusasaan.

5. Indra

Di arah timur dikuasai oleh Bhatara Indra, yang menyimbolkan kehormatan dan kesetiaan. Pemimpin pasti akan dimuliakan oleh pengikutnya, namun kehormatan yang diterimanya tidak serta merta meninggikan dirinya dan membuatnya angkuh. Hanya dengan menghargai sesamanya ia akan mendapatkan kehormatan dan kesetiaan dari orang lain.

6. Agni

Di tenggara, Bhatara Agni memelihara api keberanian dan kegigihan yang menjadi teladan para pemimpin. Sebagai bagian terdepan pengikutnya, seorang pemimpin harus memiliki kegigihan sekuat baja. Dengan semangat yang membara, seorang pemimpin patutnya berusaha sekuat mungkin untuk mencapai tujuan dan kemakmuran rakyatnya.

7. Kubera

Bhatara Kubera sang pelindung utara adalah pribadi yang rendah hati dan sederhana. Patutlah seorang pemimpin memiliki kerendahan hati dan membumi. Seorang pemimpin harus melepaskan diri dari keduniawian sehingga dia terbebas dari kesombongan dan keangkuhan, serta selalu siap membantu siapapun yang membutuhkan pertolongan.

8. Yama

Keadilan bukanlah hal yang mudah untuk ditegakkan, namun Bhatara Yama di selatan harus selalu mendahulukan keadilan dan kebenaran. Layaknya demikian, seorang pemimpin harus memegang teguh nilai ini. Pemimpin tidak boleh memihak dan tidak boleh memiliki prasangka;agar dapat melihat kebenaran dari dunia ini.

Baca juga: Kagendra vs ABC Esports Siap Bertemu di Grand Final CODM Major Series Season 11

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Langkah Sukes UMKM Naik Kelas di Era Digital

BERIKUTNYA

Bocoran Desain iPhone 16 yang Akan Meluncur pada September 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: