iPhone adalah produk gawai pintar dari Apple (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Nacevski Nikola)

5 Fakta Action Button pada Model iPhone 16

04 December 2023   |   14:24 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Sebagai bagian dari inovasi terbaru, Apple akan melengkapi seluruh model iPhone 16 dengan action button, yakni tombol yang dapat dikonfigurasi pengguna yang memiliki berbagai fungsi. Fitur tersebut memiliki sejumlah fakta menarik yang perlu diketahui para penggemar Apple.

Dikutip dari laman Macrumors, Apple berencana melengkapi seluruh model iPhone 16 dengan action button setelah menyematkannya di iPhone 15 pro dan iPhone 15 Pro Max. Pengaplikasian tombol tersebut semula berawal pada 2021.

Pada saat itu, perusahaan berencana merilisnya dengan haptic volume dan power button di iPhone 15 Pro. Berbeda dengan haptic volume dan power buttons yang dibatalkan, action button tetap dimunculkan dalam device tersebut.

Baca juga: Cek Penyesuaian Harga iPhone 14 Terbaru

Dalam iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, action button yang tersemat menggantikan mute switch yang sebelumnya berada di semua model gawai pintar tersebut. Fitur ini disebut memiliki perbedaan dengan mute switch yang hanya memiliki fungsi singular purpose.

Action button disebut memberikan para pengguna beragam manfaat dan dapat dikonfigurasi untuk melakukan berbagai fungsi, seperti mode hening, senter, kamera, pintasan, memo suara, fokus, fitus aksesibilitas, magnifier, dan translate.

Nah, berikut sejumlah fakta menarik tentang action button yang akan disematkan oleh Apple ke seluruh model iPhone 16 dalam proses praproduksi yang mungkin bisa saja mengalami perubahan dalam perjalanannya.


1. Fungsi Action Button di iPhone 16 Lebih banyak dari iPhone 15 Pro

Fakta pertama terkait dengan action button yang akan disematkan di seluruh model iPhone 16 adalah perusahaan akan menambah lebih banyak fungsi. Salah satu contoh fungsi itu adalah force sensors yang akan mendeteksi perubahan tekanan.

Selain itu, tombol itu juga akan memiliki tact-switching functionality. Namun, kelengkapan dan detail terkait dengan fungsi itu masih belum jelas.


2. Ada di Semua iPhone 16

Fakta lain tentang action button adalah konsistensi perusahaan dalam pengembangan. Apple disebut konsisten menyematkan tombol aksi tersebut dalam berbagai desain dan prototipe iPhone 16, bahkan dari yang paling awal.

Kondisi ini sama ketika mereka melakukannya dengan iPhone 15 Pro. Pada saat itu, mereka juga konsisten dengan menyematkan tombol aksi di gawai pintar tersebut.


3. Eksperimen dengan berbagai ukuran

Fakta lain tentang action button ini bahwa Apple telah melakukan berbagai eksperimen terkait ukuran tombolnya hingga sebesar yang saat ini telah berada di iPhone 15 Pro dan menyerupai ukuran tombol volume.

Action button disebut-sebut telah terlihat di beberapa unit prototipe iPhone 16 dan juga muncul di dokumentasi internal terkait dengan perangkat baru.


4. Bakal Hadir di iPhone SE

Apple juga disebut-sebut tengah membuat action button di produk selanjutnya yang diperkirakan rilis pada 2025, yakni iPhone SE generasi keempat. Dengan begitu, keberadaannya akan menghilangkan mute switch khusus dari semua iPhone pada masa yang akan datang dan dalam pengembangan.

Perusahaan diyakini tidak mugkin mengubah rencananya. Namun, bukan berarti fakta-fakta yang tersebut tidak akan mengalami perubahan mengingat fakta ini berupa praproduksi.

Baca juga: Daftar iPhone yang Tidak Bisa Pakai WhatsApp per Oktober 2023


5. Perubahan tombol dari mekanis menjadi tipe kapasitif

Fakta kelima mengenai action button adalah perusahaan itu berencana mengubah tombol dari mekanis ke tipe kapasitif. Perusahaan berharap tombol itu memiliki fungsi yang sama dengan tombol Home Touch ID pada model iPhone lama atau trackpad Force Touch yang ditemukan di MacBook yang lebih baru. Pengembangan tombol aksi untuk seluruh iPhone 16 ini memiliki nama kode Atlas.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Gerak Lincah Penari dalam Balet Kontemporer The Birds 

BERIKUTNYA

M5 World Championship MLBB 2023: Geek Fam Tumbang, Onic Esports Berjaya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: