Logo Gurudharma, gim hasil kolaborasi Anantarupa Studios, Equinox Virtual, dan nCore Games. (Sumber gambar : Anantarupa Studios)

Anantarupa Bikin Gurudharma, Gim MOBA Berbasis Mitologi India

06 September 2023   |   21:12 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Anantarupa Studios melebarkan sayapnya ke India setelah merambah pasar Asia Tenggara. Jika sebelumnya meluncurkan Lokapala, pengembang gim lokal yang dikomandoi Ivan Chen ini bakal membuat produk baru loh di negara Bollywood tersebut. 

Menggandeng Equinox Virtual dan nCore Games, Anantarupa Studios membuat gim Gurudharma: The Age of Bravery. Chief Executive Officer (CEO) Anantarupa Studios Ivan Chen mengatakan pasar gim di India tumbuh pesat seiring dengan jumlah penduduknya yang semakin banyak. 

Di satu sisi, pemerintah India mengeluarkan aturan larangan gim asing, khususnya dari Tiongkok. “Sehingga, ini membuat peluang bisnis bagi kita di Indonesia untuk masuk ke pasar game di India dan mengembangkan game di sana.” ujarnya dalam keterangan yang dikirimkan kepada Hypeabis.id, Rabu (6/9/2023). 

Baca juga: Duh, Ternyata Ini Daftar PR yang Menghambat Perkembangan Game Lokal

Selain karena potensi bisnisnya, India juga memiliki keragaman budaya yang memiliki akar yang kurang lebih mirip dengan akar budaya Indonesia yang berasal dari Nusantara. Nilai-nilai kepemimpinan dan keksatriyaan Astabrata yang menjadi pondasi dari cerita di gim Lokapala juga hadir di rumpun budaya India.

Menurut Ivan, ini membuka peluang bagi Anantarupa untuk mengangkat sejarah dan budaya Indonesia ke tingkat dunia. “Itu yang dinamakan dengan Diplomasi Budaya, yang harapannya akan membuat Indonesia semakin harum namanya di dunia Internasional,” tambah Ivan.

Equinox Virtual dan nCore Games yang digandeng Anantarupa Studios terbilang bukan perusahaan sembarangan. Didirikan Ram Madhvani dan Amita Madhvani, mereka adalah tim kreatif di balik film pemenang penghargaan nasional "Neerja" dan seri yang dinominasikan untuk Emmy "Aarya”.

Sementara nCore Games merupakan perusahaan penerbit gim mobile dari India yang dikenal lewat game multiplayer dan memiliki kekuatan utama dalam bercerita yang mengusung mitologi budaya India. Oleh karena itu, menemukan racikan yang pas, Gurudharma: The Age of Bravery akhirnya akan lahir menjawab kebutuhan perkembangan gim di negara tersebut.

Gurudharma: The Age of Bravery merupakan permainan pertarungan daring multiplayer berbasis mobile yang terinspirasi dari mitologi India. Amita dan Ram Madhvani dari Equinox Virtual mengatakan gim ini merupakan bukti dari hasrat bersama terhadap cerita, teknologi, dan kolaborasi.

“Bersama-sama, kami telah menjalin benang-benang mitologi India menjadi karya permainan yang memukau, sambil menunjukkan kekuatan kami sebagai pusat kreativitas,” sebutnya. 

Vishal Gondal Co-Founder dari nCORE Games menyeampaikan konten dengan konteks India selama ini kurang mewakili dalam permainan, meskipun banyak warga India yang bermain gim mobile. Dengan Equinox dan Anantarupa Studios, pihaknya telah menggabungkan  talenta kreativitas, cerita, teknologi, dan keahlian pemasaran. “Saya yakin pemain India akan menemukan ini sangat menarik,” tegasnya.

Direktur nCORE Games Tejraj Parab menurutkan Gurudharma bisa dimainkan di ponsel dengan spesifikasi rendah. “Ini adalah pemikiran ulang tentang mitologi kuno dalam format interaktif yang modern,” imbuhnya.

Baca juga: 7 Gim Lokal yang Mencuri Perhatian Gamers Global

Co-Founder dari Equinox Virtual Khvafar Vakharia menambahkan pihaknya telah menceritakan ulang karakter-karakter kuno ke era interaksi digital. Kedalaman dan luasnya penyebaran karakter dan cerita dalam mitologi India membuat permainan ini menjadi sangat menarik. 

Gurudharma rencananya akan diluncurkan dalam tahap closed beta terlebih dahulu. Gim ini akan rilis final setelah proses beta tersebut selesai.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Kim Min Jae Umumkan Tanggal Wajib Militer, Ini Isi Pesannya untuk Penggemar

BERIKUTNYA

Logitech Rilis Warna Gemas di Keyboard dan Mouse Terbaru, Cek Spesifikasinya Yuk

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: