Ilustasi desain modern tropis. (Sumber gambar: Unsplash/Bench Accounting)

5 Tip Menciptakan Desain Modern Tropis, Bikin Hunian Terasa Nyaman

07 August 2024   |   21:36 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Rumah yang nyaman dapat memberikan efek positif pada kesejahteraan mental dan fisik penghuninya. Pemakaian unsur alam bisa menjadi solusi untuk menciptakan ruang yang membuat penghuni rumah merasakan kenyamanan dan ketenangan ini. 

Dalam ilmu interior, konsep modern tropis mungkin dapat menjadi pilihan bagi rumah-rumah yang ada di Indonesia. Sebab, desain ini memadukan harmonisnya lingkungan alam dengan elemen-elemen arsitektur kontemporer. 

General Manager Marketing in-Lite Fransiska Darmawan, mengatakan desain ruang harus selaras dengan kondisi cuaca setempat. Meskipun rumah bisa tampak estetik, tanpa mempertimbangkan iklim, penghuni bisa saja tidak merasa nyaman berlama-lama ada di dalam rumah.

“Dengan iklim tropis Indonesia yang konsisten sepanjang tahun, desain rumah harus mengutamakan kesejukan dan ruang terbuka. Inilah sebabnya konsep modern tropis adalah solusi ideal untuk menciptakan kenyamanan sesuai iklim kita,” ujarnya, dikutip Hypeabis.id, Rabu (7/8/2024).

Baca juga: Mengenal Gaya Interior Cottagecore, Ciptakan Nuansa Pedesaan pada Rumah

Desain modern tropis juga perlu mempertimbangkan pencahayaan. Ryan Salim, Professional Lighting Designer & Founder ERRELUCE menyampaikan pencahayaan memiliki peran krusial dalam memberi jiwa sebuah bangunan karena mengatur ambience sekaligus memberikan kemudahan bagi penggunanya. 

Lantas seperti apa penerapan desain modern tropis untuk hunian terasa lebih nyaman? Cek tipsnya di bawah ini yuk, Genhype
 

1. Paduan open space & taman kering

Salah satu ciri khas rumah modern tropis adalah penerapan tata ruang terbuka yang dirancang untuk menjaga kesejukan hunian, terutama kawasan perkotaan dan daerah dengan suhu panas. Konsep open space ini memastikan sirkulasi udara yang baik dan suhu yang merata. 

Selain itu, kamu juga bisa mengombinasikan open space dengan taman kering untuk mengoptimalkan pencahayaan alami yang masuk ke dalam rumah. Alhasil, tidak perlu banyak menggunakan lampu di siang hari yang berujung pada penghematan listrik.

Untuk menyiasati pencahayaan yang elegan pada malam hari, Fransiska menyarankan menggunakan uplight atau ground light. Memasang ground light di lantai dengan pencahayaan mengarah ke atas katanya bisa memberikan kesan elegan pada rumah, terutama saat malam hari. 

“Teknik ini dapat memendarkan cahaya ke dinding, membuatnya efektif untuk menonjolkan tekstur dinding dan menerangi taman kering,” jelasnya. 
 

2. Alami dengan tanaman hijau 

Konsep modern tropis sangat identik dengan keberadaan tanaman. Selain menanam pepohonan di halaman rumah, kamu bisa memperindah interior dengan tanaman hias. 

Penambahan tanaman di dalam ruangan tidak hanya memperkaya estetika tropis, tetapi juga menciptakan suasana yang segar di setiap sudut hunian. Bagi yang memiliki rumah dua lantai, menempatkan tanaman di dekat tangga juga bisa menambah kesan alami pada ruangan. 

Fransiska menyebut agar tampilan tanaman dan tangga tetap menawan pada malam hari, pastikan untuk menerangi area tersebut dengan steplight. Dengan pendaran cahaya yang beragam, tentunya dapat meningkatkan estetika. 

Steplight juga berfungsi untuk meningkatkan keamanan dengan menerangi tangga. Dengan demikian, memudahkan pergerakan dan memastikan keamanan saat orang naik turun tangga pada malam hari. 
 

3. Pakai perabot alami

Kombinasi perabot berbahan alami dapat menciptakan keseimbangan yang menenangkan, menghubungkan interior dengan elemen luar, serta menambah keindahan dan kedamaian di seluruh rumah. Pendekatan ini bisa menciptakan suasana zen yang sekaligus membuat rumah tampak semakin menarik dan nyaman untuk dipandang. 

Menggabungkan berbagai tekstur, seperti dinding bata kasar dengan perabot kayu yang hangat, sering digunakan untuk menambah dimensi visual dan memperkuat kesan alami. “Kontras antara berbagai permukaan ini membuat setiap elemen lebih menonjol dan memberikan karakter unik pada ruangan,” ucap Fransiska. 
 

4. Pakai warna netral

Kombinasi warna memainkan peran penting dalam menciptakan suasana rumah yang nyaman dan menyenangkan mulai dari cat dinding hingga furnitur. Warna netral seperti putih, krem, abu-abu, dan hijau dapat memberikan kesan hangat pada ruangan dan dapat membantu kamu merasa lebih rileks setelah seharian beraktivitas.

Fransiska menyarankan agar menghindari penggunaan warna cerah yang terlalu mencolok, seperti merah, biru, dan ungu pada rumah berkonsep modern tropis. Untuk mencapai tampilan yang modern namun tetap berkarakter, kamu bisa mengkombinasikan satu warna cerah dengan warna netral, atau memilih dekorasi berbahan kayu, rotan, maupun bebatuan. 
 

5. Terapkan layered lighting

Agar hunian semakin terkesan mewah dan modern, pertimbangkan penggunaan langit-langit tinggi atau high ceiling. Jika dipadukan dengan ventilasi yang memadai, teknik ini dapat memaksimalkan pencahayaan alami pada siang hari. 

Sementara itu, untuk pencahayaan malam hari, kamu bisa memilih kombinasi berbagai jenis lampu atau layered lighting yang sesuai dengan konsep setiap ruangan. General Manager Product Development in-Lite LED Fery Darmawan menuturkan, memiliki lampu yang canggih bukan lagi sekadar pilihan, tapi telah menjadi kebutuhan.  

Lampu yang dapat terhubung dengan berbagai teknologi, memudahkan dalam mengontrol ambience ruangan sesuai keinginan. “Dengan teknologi Lighting 3.0 yang semakin canggih, Anda bisa mengoptimalkan pencahayaan rumah dengan lebih modern dan praktis,” ujarnya. 

Baca juga: 10 Rumah dengan Desain Terunik di Dunia, Hunian Terbalik hingga Tersempit

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek Jadwal Tur Dunia SEVENTEEN Right Here, Start Oktober 2024 di Korea Selatan

BERIKUTNYA

Daftar Promo Makanan dan Minuman Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: