Rumah desain terbalik Die Welt Steht Kopf (Sumber gambar: weltstehtkopf.de)

10 Rumah dengan Desain Terunik di Dunia, Hunian Terbalik hingga Tersempit

09 June 2024   |   13:08 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Lebih dari sekadar tempat tinggal, rumah merupakan tempat untuk bersantai dan rehat dari hiruk pikuk di luar rumah, serta mengembalikan energi seperti semula. Tak ayal, setiap orang berlomba untuk merancang huniannya senyaman mungkin, sesuai dengan kebutuhan dan karakter dari sang pemilik rumah. 

Dalam membangun rumah, sebagian besar orang mungkin lebih mengutamakan fungsinya yakni sebagai tempat tinggal. Namun, tak sedikit juga orang yang menjadikan huniannya sebagai karya seni yang bernilai lebih dari sekadar tempat tinggal. Hal itu membuat sejumlah rumah mewujud dengan bentuk-bentuk desain yang unik dan menarik perhatian.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah deretan rumah dengan desain terunik di dunia. 

Baca juga: 5 Properti Airbnb Terunik di Dunia, Ada dari Indonesia


1. Rumah Terbalik (Polandia & Jerman)

Selama ini, rumah dikenal dengan bentuk atap yang berada di atas lalu bangunan inti berada di bawahnya. Lantas, bagaimana jika itu terbalik? Hal itulah yang tampak pada sebuah rumah di Polandia. Dibangun oleh arsitek Daniel Czapiewski, rumah ini didesain terbalik, diputar 180 derajat.

Menukil situs Furnizing, pembangunan rumah ini bertujuan untuk menandai berakhirnya era komunis di Polandia. Filosofi lain dari rumah ini adalah menggambarkan ketidakstabilan sosial yang terjadi di Polandia pada masa komunis. Pembangunan rumah ini memakan waktu empat kali lebih lama dibandingkan rumah biasa.

Tak hanya di Polandia, rumah dengan desain serupa juga ada di Jerman. Terletak di pantai utara Jerman tepatnya di Wiesenweg Kota Trassenheide, bangunan rumah ini dirancang oleh arsitek Polandia bernama Sebastian Mikiciuk dan Klaudiusz Golos pada 2008. 

Mereka membangun rumah ini melalui proyek bernama 'Die Welt Steht Kopf' yang artinya Dunia Terbalik. Setiap aset yang ditempatkan di dalam rumah ini terbalik, kecuali tangga rumah. Begitu masuk ke dalam rumah, pengunjung dapat melihat seluruh furnitur dan lukisan juga terbalik di rumah dengan kemiringan 6 persen tersebut, sehingga terasa seperti sedang berdiri di ruang yang melawan gravitasi. 


2. Rumah Piano & Biola (China)

Berlokasi di Huainan, China, rumah unik dan indah berbentuk piano dan biola raksasa ini memiliki dinding berbahan kaca sehingga memberikan kesan asri dan modern. Bahan bangunan kaca pada rumah ini juga dapat memantulkan pemandangan pepohonan di sekitarnya. Rumah unik ini ditopang oleh tiga pondasi kaki beton dan memiliki teras pada atapnya, dengan pintu masuk utama bangunan berupa biola kaca. 
 

3. Rumah Sepatu (Amerika Serikat)

Rumah Sepatu atau The Thaines Shoe House di Amerika Serikat ramai diperbincangkan karena bentuknya yang unik yakni menyerupai sepatu.

Berlokasi di Pennsylvania, pembangunan rumah ini dimulai setelah adanya iklan sepatu oleh Mahlon Shoes pada 1948. Rumah unik ini awalnya ditempati oleh sang pemilik dan disewakan kepada warga, tapi kini telah menjadi objek wisata untuk umum. 
 

4. Rumah Transparan (Jepang)

Rumah unik modern minimalis yang terletak di ibu kota Jepang, Tokyo ini memiliki luas sekitar 85 meter persegi dan sengaja dibuat transparan. Didesain oleh arsitek Jepang Sou Fujimoto, bangunan tiga lantai ini dibuat nyaris tanpa dinding sehingga seluruh aktivitas di dalam rumah bisa terlihat dari luar.

Menukil situs clicbrics, desain rumah ini disebut terinspirasi dari gaya hidup manusia pendahulu yang hidup di pepohonan, sehingga memungkinkan semua sinar matahari masuk ke rumah karena transparansinya. Terlepas dari desainnya yang tidak biasa, rumah ini justru memberikan daya tarik visual yang estetis lantaran memamerkan desain ramping yang apik. 

Baca juga: 3 Bangunan dengan Arsitektur Unik & Aneh di Dunia, Bisa Jadi Pilihan Tempat Wisata
 

5. Rumah UFO (Prancis)

Benda Terbang Tak Dikenal atau disebut UFO biasanya dijumpai saat menonton film fiksi ilmiah. Namun, bagaimana jika UFO diaplikasikan dalam desain rumah? Sebuah rumah berbentuk UFO di Strasbourg, Prancis, hadir dengan ukuran sangat besar dan mampu menampung banyak orang. 

Pembangunan rumah ini bertujuan untuk memaksimalkan energi matahari yang terpancar ke Bumi. Selain itu, rumah UFO ini diharapkan dapat memberikan kehangatan pada lingkungan sekitar, terutama saat musim dingin. 
 

6. Rumah Kerang Raksasa (Meksiko)

Dibuat oleh Javier Senosiain di Mexico City, rumah berdesain menyerupai kerang raksasa ini dibangun pada 2006. Rumah yang diberi nama Giant Seashell House ini terinspirasi dari karya Gaudi dan Frank Lloyd Wright. Meski memiliki tampilan yang tidak biasa, rumah ini didesain menyatu dengan alam sekitar yang dikenal dengan konsep arsitektur Bio Architecture.
 

7. Rumah Tersempit (Polandia)

Jika orang berlomba-lomba membuat hunian yang luas, rumah yang terletak di Warsawa, Polandia, justru berbentuk unik dengan bangunan tersempit di dunia. Bangunan rumah ini terjepit di antara dua bangunan besar sehingga sempit dengan lebar hanya 152 cm. 

Mengutip dari magicbricks, dikenal sebagai Rumah Keret yang dirancang oleh Jakub Szczesny, rumah ini terdiri dari struktur semi-transparan bertingkat yang tidak memiliki jendela. Meski begitu, rumah ini tetap nyaman untuk ditinggali dan dilengkapi fasilitas yang sama dengan rumah lainnya. 
 

8. Rumah Toilet (Korea Selatan)

Dirancang oleh arsitek Sim Jae-deok pada 2007, sebuah bangunan rumah berbentuk toilet berdiri di Korea Selatan. Bangunan itu merupakan tempat terbentuknya World Toilet Organization, sebuah organisasi nirlaba global yang ditujukan untuk menunjang kondisi toilet dan sanitasi di seluruh dunia. Meski mengusung desain yang tidak biasa, bangunan rumah ini dilengkapi dengan fasilitas mewah mulai dari kamar tidur, kamar tamu, hingga kamar mandi. 
 

9. Rumah Batu (Portugal)

Sebuah rumah batu di Portugal berdiri dirancang oleh arsitek Guimaraes pada 1972. Struktur bangunannya terdiri dari empat batu raksasa yang sedari awal telah hadir di daerah tersebut. Awalnya, rumah ini dibangun sebagai tempat persinggahan pedesaan untuk liburan. 

Namun, kini, bangunan itu dikenal dengan nama Casa do Penedo, salah satu museum terkenal di Portugal. Meski tidak dialiri listrik, rumah dua lantai itu memiliki sejumlah fasilitas mulai dari ruang tamu, dapur, dan kamar tidur.

Terdapat sebuah tangga kayu yang menghubungkan antarlantai rumah itu. Selain itu, ada juga bongkahan batu alami yang membentuk kolam renang luar ruangan, sehingga menciptakan kesan mewah rumah tersebut. 
 

10. Rumah Tempat Sampah (New York)

Sebuah tempat sampah besar disulap menjadi rumah oleh arsitek Gregory Kloehn di New York, AS. Rumah ini terbuat dari tempat sampah, lalu interiornya dirancang dan ditata ulang agar sesuai dengan tempat tinggal manusia.

Meskipun ukurannya terbatas, rumah ini dilengkapi dengan fasilitas dan perabotan rumah pada umumnya seperti minibar dan kamar mandi. Kendati demikian, rumah yang disewakan seharga US$1.200 per bulan ini tidak bisa ditinggal sebagai hunian permanen karena tidak tahan terhadap cuaca buruk. 

Baca juga: 5 Kota dengan Bangunan Arsitektur Terbaik di Dunia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

10 Stadion Bersejarah yang Bakal Dipakai untuk EURO 2024 di Jerman

BERIKUTNYA

Separuh Interactive Rilis Teaser Project Agni, Game Horor dengan Elemen Lokal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: