Mie Gomak ala Johan Subianto makanan khas suku Batak Sumatera Utara (Sumber foto: YouTube/Willgoz Kitchen)

Resep Mie Gomak Sumatra Utara Hidangan Tradisional dengan Sentuhan Modern

08 August 2024   |   09:27 WIB
Image
Yohanis Paiman Londong Mahasiswa Universitas Budi Luhur

Mie Gomak merupakan salah satu kuliner yang berasal dari daerah tanah Batak Toba dan Batak Mandailing, yang terletak di wilayah Sumatra Utara. Hidangan ini memiliki akar budaya yang kuat di sekitar Danau Toba, sebuah kawasan yang terkenal dengan keindahan alamnya.

Mie Gomak bukan hanya populer di daerah sekitar Danau Toba, tetapi juga di kota-kota sekitarnya seperti, Laguboti, Tarutung, hingga Tapanuli Selatan. Keberadaan mie gomak di wilayah-wilayah ini mencerminkan kekayaan kuliner yang beragam dan tradisi kuliner yang mendalam dari masyarakat Batak.

Baca juga:  Resep Mi Bangladesh yang Gurih dan Mudah Dibuat di Rumah 

Mie Gomak juga dapat dijumpai di berbagai lokasi lain di kota besar Sumatera Utara, seperti Medan hingga sampai Siantar. Mi Gomak mungkin terlihat mirip dengan Mie Aceh, tetapi keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas. Perbedaan utama terletak pada penggunaan bumbu rempah. Mie Gomak menggunakan andaliman atau merica Batak yang merupakan bumbu khas Batak, sedangkan Mie Aceh tidak. 

Selain itu, tekstur mie dalam kedua hidangan ini berbeda. Mie Aceh biasanya menggunakan mie kuning atau mie telur yang lebih tipis, sementara Mie Gomak menggunakan mie lidi yang lebih besar dan padat. Mie lidi dalam Mie Gomak memiliki tekstur yang kenyal dan tidak mudah putus saat dimasak.

Berikut resep dan cara membuat Mie Gomak Khas Sumatra Utara hidangan tradisional dengan sentuhan modern ala Johan Subianto yang dilansir dari channel YouTube milik Willgoz Kitchen:

Bahan: 
250 Gram Mie Lidi jika tidak ada bisa menggunakan mie kuning 
250 Gram Ayam  (paha atau dada opsional)
400 Ml Air
100 Ml Santan instant
2.5 Sdt Garam
1 Sdt Kaldu ayam
2 Sdt Kaldu jamur
1 Sdt Gula pasir
 

Bumbu halus :

8 Pcs Cabe merah keriting
8 Pcs Bawang merah
5 Pcs Bawang putih
8 Pcs Cabe rawit merah
1/2 Ruas Lengkuas
1/4 Ruas Jahe 
4 Pcs Kemiri
1 Ruas Kunyit
Merica

Aromatik :
1 Batang Sereh
1 Pcs Daun salam
3 Pcs Daun Jeruk

Pelengkap : 
1 Buah Tomat
Cabe Rawit merah
Telor rebus
Daun bawang
Bawang goreng
 

Langkah-langkah:

1. Langkah pertama mulai dari rebus ayam dalam 400 ml air hingga matang, kemudian angkat ayam dan suwir-suwir daging ayamnya. Air dari rebusan ayam jangan dibuang, karena kaldu ayamnya untuk digunakan nanti. Lalu selanjutnya cuci bersih mie kuning basah setelah dicuci lalu tiriskan.

2. Untuk membuat bumbu halus, blender atau tumbuk semua bahan bumbu halus (cabe merah keriting, bawang merah, bawang putih, cabe rawit merah, lengkuas, jahe, kemiri, kunyit, dan merica) hingga halus.

3. Setelah bumbu halus jadi langkah selanjutnya adalah menumis bumbu halus, panaskan sedikit minyak di wajan, kemudian tumis bumbu halus bersama dengan sereh, daun salam, dan daun jeruk hingga harum dan matang.

4. Tambahkan bumbu halus yang telah ditumis ke dalam wajan, aduk hingga merata. Masukkan kaldu ayam dari rebusan ayam sebelumnya, santan instan, garam, kaldu ayam, kaldu jamur, dan gula pasir aduk hingga mendidih.

5. Masukkan mie kuning ke dalam wajan, lalu aduk hingga mie terbalut bumbu dan matang. Biarkan mie menyerap rasa bumbu. Setelah itu tambahkan suwiran ayam ke dalam wajan. Aduk rata dan masak selama beberapa menit hingga ayam panas dan semua bahan tercampur rata.

6. Setelah matang jangan lupa untuk cek rasa dan sesuaikan jika perlu. Matikan api setelah semuanya matang. Lalu Sajikan mie gomak dalam mangkuk, tambahkan pelengkap seperti tomat yang sudah dipotong-potong, cabe rawit merah, telur rebus yang telah dipotong, daun bawang, dan bawang goreng.

Baca juga:  Resep Coffee Bun ala Roti'O, Perpaduan Kopi dan Butter yang Legit

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

6 Tren Skincare 2024, Produk Sunscreen sampai Acne Patch

BERIKUTNYA

Cek Jadwal Tur Dunia SEVENTEEN Right Here, Start Oktober 2024 di Korea Selatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: