Photo by Jojo Yuen (sharemyfoodd) on Unsplash

Yuk Buat Basque Burnt Cheesecake yang Hits di Instagram

26 July 2021   |   12:31 WIB

Ingat dengan kue cheesecake yang berbentuk bulat dengan bagian atas yang tampak gosong? Kue bernama Basque Burnt Cheesecake ini merupakan salah satu makanan penutup asal Spanyol yang sudah ada sejak tahun 1990 di kota San Sebastian.

Kue ini sempat memenuhi sejumlah akun Instragram selama beberapa tahun terakhir. Ciri khas dari kue ini adalah karakteristiknya yang berbeda dengan cheesecake khas Amerika Serikat yang tidak memiliki pinggiran renyah dan dipanggang dengan suhu yang panas sehingga menghasilkan bagian luar kue yang tampak seperti karamel.

Dengan tekstur yang creamy di dalam dan karamelisasi di bagian luar, kue ini bisa dibuat dengan mudah cepat. Yuk coba resep dari Just One Cookbook di bawah ini!

Bahan-bahan
454 gram krim keju full-fat, bersuhu ruang
100 gram gula putih
3 butir telur berukuran besar (50 gram tanpa kulit telur untuk setiap telurnya), bersuhu ruang
15 gram tepung kue atau tepung serbaguna (gunakan tepung beras untuk opsi bebas gluten)
6 gram tepung maizena
240 ml heavy whipping cream, bersuhu ruang
15 gram jus lemon
1/2 sdt garam dapur

Cara membuat
A. Persiapan awal

1. Panaskan oven dengan suhu 230 derajat Celsius untuk oven listrik (convection) atau 245 derajat Celsius untuk oven konvensional. Jika proses preheat kurang panas, suhu oven bisa dinaikkan sampai titik terpanasnya selama 30-60 menit.

Gunakan bagian tengah untuk oven listrik atau pindahkan ke posisi ke tempat yang lebih tinggi untuk oven konvensional (karena suhu bagian atas oven cenderung lebih panas). Jangan lupa untuk sisakan sebagian ruang agar kue tetap bisa mengembang.

2. Lapisi loyang berdiameter 15 cm dengan dua kertas roti berukuran besar. Saat proses pemotongan, sisakan sebanyak 5 cm di seluruh bagian tepi dan lipat kertas sebanyak dua kali untuk mencari titik tengah.

3. Tumpuk dua kertas hingga bagian tengah keduanya saling bertemu dan letakkan di tengah loyang. Pastikan sisi yang lebih panjang saling berhadapan dan tempatkan di bagian bawah loyang yang bisa dilepas dari atas.

4. Tekan ke bawah pada bagian bawah loyang yang bisa dilepas bersama dengan kertas roti, lipat kertas ke bagian bawah loyang agar tetap muat di loyang. Tekan juga kertas yang ada di sekitar loyang kue.

5. Keluarkan bagian bawah loyang yang bisa dilepas dan kertas roti berbentuk loyang kue, kemudian kembalikan bagian bawah loyang ke tempat semula dan taruh kertas roti ke dalam loyang. Pastikan untuk tidak lupa menekan kertasnya supaya pas dengan loyangnya.



 
1
2


SEBELUMNYA

Sihir Imagine, Lagu John Lennon & Yoko Ono Ini Satukan Energi Olimpiade Tokyo

BERIKUTNYA

4 Tips Basic Make Up Ini Ketika Ada Pertemuan Mendadak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: