VP Data Management & Business Intelligence Social Bella, Amanda Melissa dalam acara konferensi pers di The Lounge XXI Plaza Senayan Jakarta, Rabu (7/8/2024). Sumber gambar: Social Bella)

6 Tren Skincare 2024, Produk Sunscreen sampai Acne Patch

07 August 2024   |   21:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Insight Factory by SOCO, lini bisnis dalam bidang riset industri kecantikan dari Sociolla (Social Bella), mengungkap tren perawatan kulit atau skincare yang digandrungi oleh masyarakat Indonesia pada 2024. Produk skincare multimanfaat, inovasi masker, dan perawatan kulit sensitif adalah kata kunci untuk tren pada tahun ini.

Laporan bertajuk Key Beauty Trends in Indonesia for Q1 & Q2 2024, mengungkapkan terdapat enam hal yang menjadi tren skincare pada 2024, yakni praremajaan kulit (pre-juvenation skincare), pembersih multi manfaat (next-gen cleanser), bahan lebih pada sheet mask (second generation sheet mask), acne patch, perawatan kulit sensitif, dan penggunaan sunscreen maksimal (SPF For All).

Laporan tersebut merangkum hasil riset yang dilakukan oleh Insight Factory by SOCO terhadap para pengguna Sociolla yang mencapai 6 juta. Respondennya mencakup kalangan generasi Z dan milenial, pelanggan aktif baik secara daring maupun luring, serta konsumen dari berbagai kategori mulai dari skincare, makeup hingga body care

Baca juga: Mengenal Kandungan Skincare Korea yang Bikin Kulit Sehat & Bercahaya

VP Data Management & Business Intelligence Social Bella, Amanda Melissa mengatakan tren kecantikan makin condong ke arah inovasi yang lebih tinggi, seperti hybrid makeup yang juga dapat merawat kulit, pre-juvenation skincare untuk praperemajaan kulit, atau produk khusus untuk kulit sensitif. 

Sementara itu, konsep skinification atau rutinitas perawatan menyeluruh mulai dari wajah, tubuh hingga rambut, mulai berkembang di Indonesia, sehingga mendorong kemajuan dalam kategori produk perawatan tubuh dan rambut.

"Dengan tumbuhnya peminat, produk perawatan tubuh dengan bahan aktif maupun produk perawatan kulit kepala mulai makin banyak diluncurkan di Indonesia," katanya dalam acara konferensi pers di The Lounge XXI Plaza Senayan Jakarta, Rabu  (7/8/2024).

Tren skincare pertama yang mengemuka pada 2024 ialah pre-juvenation skincare atau praremajaan kulit. Laporan riset itu menyebut bahwa saat ini banyak konsumen mulai mencari produk pencegahan penuaan, alih-alih skincare anti-aging. Tren ini tidak hanya digandrungi oleh generasi yang lebih tua, melainkan juga dari kalangan Gen Z.

Minat masyarakat pada produk praremajaan kulit terlihat dari peningkatan keyword atau kata kunci seperti retinal yang naik sebesar 1247 persen, diikuti dengan peptide sebesar 82 persen. Sedangkan, kata kunci anti-aging justru dilaporkan menurun 22 persen. 

Retinal adalah zat yang dapat membantu memerangi garis-garis halus dan kerutan, mengobati jerawat dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. Sementara peptide adalah bahan buatan untuk mendorong produksi kolagen agar kulit kencang dan awet muda.

Tren skincare selanjutnya ialah pembersih multi manfaat (next-gen cleanser). Hal ini tercermin dari peningkatan pencarian kata kunci untuk cleansing oil sebesar 413 persen, oil cleanser naik 222 persen, dan cleansing foam naik 129 persen.

Dilaporkan bahwa saat ini banyak orang mencari produk pembersih yang memiliki multimanfaat. Misalnya, produk facial wash yang juga dilengkapi dengan bahan-bahan perawatan lainnya seperti peptide dan vitamin C untuk melindungi kulit.

Baca juga: Jadi Pelengkap Skincare, Cek Manfaat & Rekomendasi Moisturizer dengan Retinol 
 

Seorang perempuan menggunakan sheet mask (Sumber gambar: Freepik)

Seorang perempuan menggunakan sheet mask (Sumber gambar: Freepik)

Inovasi juga diharapkan oleh konsumen pada produk masker, sebagaimana tren ketiga yakni bahan lebih pada sheet mask (second generation sheet mask). Hal ini tercermin pada peningkatan kata kunci toner pad sebesar 412 persen, dan sheet mask 115 persen. Bahkan, pencarian kata toner pad meningkat 4 kali lipat dari 2023. 

Disebutkan bahwa kini banyak konsumen yang mencari sheet mask dengan hasil yang instan pada kulit, sekaligus menawarkan solusi untuk berbagai permasalahan kulit wajah. Misalnya, toner pad yang mengandung bahan-bahan untuk membersihkan sel kulit mati, tetapi masih aman digunakan untuk kulit sensitif. 

Tren lainnya ialah acne patch, produk perawatan kulit yang populer untuk mengatasi jerawat. Acne patch terbuat dari bahan hidrokoloid yaitu bahan yang dapat menyerap cairan secara efektif. Acne patch menjadi populer sebagaimana terdapat peningkatan sebesar 336 persen untuk pencarian kata kunci produk satu ini. Peningkatannya juga terjadi sebesar 3 kali lipat dari tahun lalu. 

Dilaporkan bahwa acne patch semakin digemari lantaran dapat digunakan pada siang hari tanpa merusak riasan wajah. Selain itu, produk ini dengan berbagai macam desain dan warna juga digemari terutama oleh generasi Z sebagai bagian dari aksesori untuk penampilan wajah, di samping memberikan manfaat untuk perawatan jerawat.

Selain itu, produk perawatan kulit sensitif juga menjadi salah satu tren skincare tahun 2024. Hal ini tercermin dari peningkatan pencarian kata kunci bahan-bahan untuk kulit sensitif, seperti centella yang naik sebesar 282 persen, ceramide naik 30 persen, dan kata kunci kulit sensitif yang naik 23 persen.

Beberapa produk yang dicari seperti toner susu yang lembut untuk mengangkat sel kulit mati, mencerahkan, melembutkan, memperkuat barrier, melembabkan dan menenangkan kulit, serta moisturizer dengan kandungan pH 5,5 yang melembabkan kulit sensitif sehingga mencegah iritasi.

Tren skincare 2024 lainnya termasuk penggunaan maksimal sunscreen, yang tercermin dari peningkatan pencarian beberapa kata kunci termasuk body sunscreen sebesar 315 persen, lip SPF naik 226 persen, dan sunscreen naik 17 persen. Pencarian kata kunci produk lip SPF dan body sunscreen dilaporkan meningkat 2-3 kali lipat secara tahunan. 

Dilaporkan bahwa minat masyarakat dalam menggunakan sunscreen semakin meningkat. Tidak hanya untuk wajah, tetapi juga untuk tubuh, bibir, bahkan rambut. Hal ini didorong karena kondisi gelombang panas serta peningkatan literasi tentang kulit rusak karena cahaya UV. 

Beberapa produk sunscreen yang paling dicari di antaranya sunscreen bibir atau lip SPF dengan formula serum yang mengandung air tinggi, ringan, cepat diserap, dan tidak lengket pada kulit, serta lip balm dengan kandungan SPF 30 yang melembabkan sekaligus melindungi bibir dari sinar UV.

Baca juga: Peluang Bisnis Skincare Berbahan Herbal untuk Ibu Hamil dan Menyusui

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Game Sepak Bola UFL Rilis September 2024

BERIKUTNYA

Resep Mie Gomak Sumatra Utara Hidangan Tradisional dengan Sentuhan Modern

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: